Apa itu Platform Blogging? Definisi dan Layanan Blog Terbaik

Apa itu Platform Blogging? Definisi dan Layanan Blog Terbaik

Definisi dan Layanan Blogging Terbaik
Sebelum kamu berpikir untuk memulai membangun sebuah blog, terlebih dahulu kamu perlu tentukan tujuan blog untuk penggunaan pribadi atau untuk mempromosikan bisnis Anda. Apa pun tujuan blogging kamu, langkah ini sangat bermanfaat, tetapi kamu perlu tahu bagaimana cara memulai ngeblog dengan benar.

Sebelum kamu memulai membuat blog, kamu perlu mempelajari semua detail tentang blog. Salah satu langkah yang diperlukan adalah memilih platform blogging.

Konten:
  1. Definisi
  2. Sejarah
  3. Popularitas
  4. Platform blog gratis terbaik
  5. Platform selft-hosted
  6. Web / blog builder
  7. Kesimpulan

Apa itu platform blogging?

Pada kesempatan kali ini, randi.id akan memberikan informasi lebih detail tentang apa itu platform blogging dan sejarah awal mereka hingga popularitasnya.


Definisi

Platform blogging adalah jenis layanan atau perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog sehingga kamu dapat mempublikasikan konten secara online.

Membuat blog memerlukan beberapa langkah, tetapi yang pertama adalah memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan mu.

Jika kamu pernah melakukan pencarian tentang layanan blogging terbaik, banyak situs merekomendasikan CMS (Content Management System) karena memungkinkan untuk dengan mudah mengelola konten blog.

Salah satu sistem manajemen konten (CMS) yang di-host-sendiri terbaik dan terpopuler adalah WordPress.org.

Sejarah

Platform blogging telah ada selama 28 tahun, blog yang pertama kali dibuat tidak disebut sebagai "blog", tetapi lebih sebagai "jurnal online" atau "halaman web pribadi", tidak terlihat seperti sekarang.

Platform blogging pertama adalah Links.net, diciptakan oleh Justin Hall pada tahun 1994. Justin adalah seorang mahasiswa Swarthmore College pada saat itu, dan ia menggunakan blognya, atau lebih tepatnya halaman web pribadi, untuk berbagi pemikiran dan pengamatan kehidupan sehari-harinya dengan Dunia.

Tidak sampai tahun 1997 istilah "weblog" digunakan untuk menggambarkan buku harian online itu. Nama itu dihidupkan oleh John Barger, yang merupakan salah satu blogger pertama dan pencipta dan editor Robot Wisdom, salah satu blog berpengaruh pertama pada waktu itu. Pada tahun 1999, istilah ini disingkat menjadi "blog" oleh programmer Peter Merholz.

Salah satu platform blogging pertama dan paling populer adalah Open Diary, diluncurkan oleh Bruce Ableson pada tahun 1998 dan berfungsi sebagai komunitas jurnal online di mana orang dapat membaca buku harian masing-masing dan memberikan komentar.

Pada tahun 1999, beberapa platform blog besar diluncurkan, yang semuanya masih beroperasi hingga hari ini, salah satunya yaitu platform Blogger yang didirikan oleh perusahaan Pyra Labs, LiveJournal, didirikan oleh Brad Fitzpatrick, dan Xanga, didirikan oleh Marc Ginsburg, Dan Huddle, dan John Hiller.

Popularitas

Pada awal 2000-an, platform blog banyak bermunculan, dan pada saat itulah TypePad dan raksasa sepanjang masa, WordPress, mulai banyak digunakan, keduanya diluncurkan pada tahun 2003.

Pertengahan 2000-an menandai saat ketika platform blog akhirnya menjadi arus utama. Blog politik sedang naik daun, di antara banyak jenis blog lainnya, termasuk blog video.

Pada tahun 2007, Tumblr diluncurkan, diikuti oleh Posterous pada tahun 2008. Pada tahun 2012, Evan Williams mendirikan Medium, yang merupakan salah satu platform blogging terbaru yang tampaknya mendapatkan momentum terus menerus.

Dengan semua platform blogging yang hebat itu, blog menjadi saluran utama untuk komunikasi online bagi jutaan orang. Lebih penting lagi, platform baru itu tidak seperti yang pertama, yang perlu dikodekan dan diperbarui secara manual, karena sekarang orang hanya dapat mengunduh dan menginstalnya untuk membuat blog, sama seperti sekarang ini.

Tak satu pun dari kita yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan terhadap blog, tetapi satu hal yang pasti - mereka tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat. Platform blogging ada di sini untuk kita, mengingat pertumbuhan eksponensial mereka selama bertahun-tahun, kita tentu belum menyaksikan puncak popularitas mereka.

Platform blog gratis terbaik

Saat ini ada ratusan platform blog yang berbeda tersedia, bagi banyak blogger baru, ketersediaan platform blog gratis seperti Blogger atau WordPress.com jadi pilihan utama.

Tetapi, menggunakan layanan blogging gratis seperti Blogger atau Wordpress memiliki nama blog dalam bentuk sub-domain seperti: namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com, hal ini sering dianggap belum berpengalaman yang mungkin tidak serius.

Jika kamu ingin mencobanya, berikut berikut ini adalah layanan blogging terbaik yang bisa dapat kamu pilih.

Blogger.com

Platform Blogging Blogger

Blogger adalah platform blogging gratis yang populer, sangat cocok untuk pemula. Layanan hosting blog gratis ini mudah digunakan dan memiliki banyak desain dan templat gratis untuk digunakan agar blog terlihat menarik.

Blogger dimiliki oleh Google dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan akun Google agar terhubung dan mengatur blog sehingga dapat menautkan semua akun bersama.

Setiap pengguna Blogger.com diberikan sub-domain gratis seperti .blogspot.com, kamu bisa membuat nama domain terbaik dengan subdomain tersebut seperti: NAMADOMAIN.blogspot.com.

Namun, jika kamu ingin blog terlihat lebih profesional atau membuat blog untuk bisnis, kamu perlu melakukan custom domain dengan mengganti atu menghapus sub-domain .blogspot.com yang diberikan Blogger dengan domain terbaik seperti .com, .net, .id dan lainnya. Custom domain kamu dapatkan dengan cara menyewa pada layanan pihak ketiga dengan harga yang variatif.

Blogger mungkin bukan pilihan terbaik, karena terbatas dalam fungsi yang diperlukan untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bisnis. Namun, platform ini terbaik untuk kamu yang mau membuat blog pribadi atau blog informasi lainnya.

WordPress.com

Platform Blogging Wordpress

WordPress.com adalah platform blogging paling terkenal, Wordpress menawarkan versi gratis dan premium. Jika kamu ingin mencoba WordPress.com, kamu bisa langsung mengunjungi situs webnya dan mendaftar secara gratis. Memasukkan nama untuk blog, memilih tema, dan segala sesuatu lainnya.

Platform hosting blog ini mudah digunakan dan ada beberapa tema yang dapat dipilih untuk membuat blog Anda lebih menarik, serta banyak plugin dan ekstensi untuk membuatnya berfungsi dengan baik.

Pengguna Wordpress.com diberikan sub-domain gratis seperti .wordpress.com. Buatlan nama domain terbaikmu dengan subdomain: NAMADOMAIN.wordpress.com.

Medium

Mungkin sedikit orang mengetahui platform blogging yang satu ini, Medium adalah platform blogging yang mulai populer di kalangan blogger. Kenapa bisa populer? Medium memiliki desain yang elegan, mudah digunakan, dan tidak diperlukan banyak pengaturan.

Medium seperti gabungan blog dan jejaring sosial sehingga membuatnya sangat menarik bagi digunakan.

Untuk memulai blog di Medium, yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar, kamu dapat memilih untuk membuat akun atau mendaftar menggunakan beberapa akun media sosial.

Platform blogging mandiri (selft-hosted)

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, kebanyakan blogger profesional menggunakan WordPress.org untuk menjalankan blog mereka. Berikut ini adalah pilihan platform blogging paling populer, diantaranya:

WordPress.org

WordPress.org adalah platform blogging mandiri paling populer. Jika Anda memilih platform ini, Anda perlu membeli nama domain dan hosting web secara terpisah, tetapi platform ini gratis untuk download dan diinstal.

Platform ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak pilihan kostumisasi, dengan ratusan tema gratis hingga premium dan lebih dari 42.000 plugin.

WordPress.org berkembang menjadi CMS paling populer dan sangat cocok untuk blogger profesional dan mereka yang ingin memonetisasi blog. Bukan hanya karena kemudahan tersebut, CMS ini juga sangat direkomendasikan untuk semua orang yang ingin memiliki kontrol penuh atas segala sesuatu yang berkaitan dengan seluruh konten blog mereka.

TypePad

TypePad adalah salah satu platform blogging premium tertua untuk blogger pemula dan profesional. Memiliki tampilan user-friendly, termasuk pengaturan yang mudah dan memungkinkan pengguna untuk membeli domain khusus.

TypePad memiliki performa sangat stabil dapat digabungkan dengan media sosial, namun tidak begitu banyak opsi dan fitur dan harus menggunakan plugin.

Ghost

Ghost adalah platform blogging yang menawarkan versi gratis dan premium. Walaupun versi gratisnya bisa didownload, tetapi itu tidak termasuk hosting webnya, juga tidak disertai dengan nama domain, jadi kamu harus membeli keduanya.

Pada versi premium, Ghost Pro, mencakup hosting web dan domain khusus, serta perawatan lengkap blog.

Web / blog builder

Ada banyak situs web / blog builder, tidak hanya untuk membuat situs web tetapi juga untuk membuat blog. Berikut ini adalah situs web / blog builder terbaik:


Weebly

Weebly adalah salah satu web builder paling populer yang menarik banyak pengguna karena sangat mudah digunakan. Kamu tidak perlu ahli dalam pemrograman apa pun untuk menggunakannya.

Weebly memiliki banyak desain dan tema yang indah serta responsif. Namun, beberapa kelemahan ini bisa menjadi pertimbangan, seperti:
  • Penyimpanan gambar terbatas
  • Tidak banyak pilihan untuk mengedit gambar
  • Tidak ada layanan email. 

Meskipun demikian, Weebly adalah salah satu web builder terbaik yang dapat kamu pilih untuk membuat blog.

Selain web builder, kamu juga mendapatkan nama domain. Perlu kamu tahu, blog dihosting oleh pihak Weebly dan mungkin agak sulit jika kamu mau beralih ke penyedia hosting lain.

Wix

Wix adalah web builder yang sangat mengusung user-friendly dan menawarkan lebih dari 500 template dan desain profesional untuk menyesuaikan tampilan blog. Kamu akan mendapatkan domain di semua paket Wix.

Meskipun termasuk hosting web, tetapi, jika kamu ingin memindahkan blog ke penyedia hosting lain, kamu tidak akan diberikan pilihan untuk melakukannya. Jadi kamu harus membangun semuanya lagi dari awal.

Squarespace

Squarespace adalah web builder modern lainnya yang sempurna bagi siapa saja yang tidak memiliki ide bagaimana membangun blog. Ini adalah solusi bagi mereka yang tidak memiliki keahlian desain.

Squarespace mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang sangat modern. Kamu akan mendapatkan banyak desain modern dan semua plugin serta fitur yang diperlukan untuk kebutuhkan blog.


Kesimpulan

Jika kamu memerlukan platform blogging untuk membuat blog, penting bagi kamu untuk mempelajari semua hal yang tentang platform blogging sebelum kamu memilih yang terbaik untuk memenuhi setiap kebutuhan blog.

Perkecil pencarianmu dengan platform blogging terbaik yang tersedia, dan pastikan kamu memeriksa ulasan layan blogging tersebut, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih tepat.

Pilihlah platform blogging yang tepat, dan pilihan itu sangat penting untuk fungsionalitas dan efektivitas blog kamu.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, semoga informasi tentang Apa itu Platform Blogging ini bisa bermanfaat khususnya untuk kita semua.
Lihat KomentarTutup Komentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel