Memilih Platform Blog yang Tepat untuk Blogger Pemula

Memilih Platform Blog yang Tepat untuk Blogger Pemula

Platform Blog Terbaik untuk Blogger Pemula
Ayo kita lanjutin bahas blog lagi, nah pada posting kali ini saya akan membahas tentang Memilih Platform Blog yang Tepat untuk Blogger Pemula. Memilih platform blog (alat atau mesin untuk blog) yang tepat itu sangat penting, karena ini akan sangt berpengaruh dan menjadi faktor pendukung terhadap tujuan dari pembuatan blog kita nanti.

Jika teman-teman sudah benar-benar berniat untuk membuat sebuah blog dan sudah menentukan niche atau topik yang tepat untuk blog, sekarang saatnya kamu untuk memilih platform blog apa yang akan digunakan.

Memilih Platform Blog yang Tepat

Banyak platform-paltform blog menawarkan fasilitas yang baik, mulai yang gratis sampai yang berbayar. Lalu, apa platform blog terbaik saat ini?

Apabila teman-teman masih bingung memilih platform blog yang tepat, maka pada posting kali ini saya mencoba sedikit memberikan tips cara memilih platform blog yang tepat dengan menjelaskan sedikit kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform blog secara umun.

Memilih platform blog yang tepat memang sangat penting, tetapi keberhasilan suatu blog tidak dilihat dari platform apa yang digunakannya, namun juga dilihat dari seberapa berkualitas sebuah konten blog itu.

Sebelum kita lanjut pada tips memilih platform blog yang tepat, ada baiknya kita pikirkan dan tentukan dulu apa tujuan kamu membuat blog. Kamu juga harus bisa memprediksikan bagaimanakah masa depan blog yang kamu buat.

Beberapa pertanyaan berikut mungkin harus kamu tanyakan pada diri kamu sendiri dan kamu harus bisa menjawabnya, seperti:
  1. Apa tujuan utama kamu membuat blog?
  2. Apakah kamu akan melakukan aktivitas blogging dalam jangka panjang?
  3. Apakah ngeblog hanya sekedar hobi atau untuk tujuan yang profesional?
  4. Apakah kamu merencanakan akan menyediakan space iklan di blog sebagai penghasilan?

Membuat blog perlu sebuah konsep dan strategi yang cukup agar bisa menjadi populer dan menjadi blogger sukses. Pada dasarnya seseorang membuat blog hanya karena hobi menulis dan ingin berbagi informasi di dunia internet, namun seiring berkembangnya blog saat ini blog tidak hanya sekedar untuk berbagi informasi, tetapi digunakan sebagai sarana untuk mencari penghasilan dari internet melalui blog.

Platform Blog Terbaik

Jika kamu ingin memonetize (menghasilkan uang) dari blog, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua platform blog memerikan izin penggunanya untuk memonetize blog mereka menggunakan program afiliasi atau pun pemasangan iklan. Salah satu contoh platform yang tidak memperbolehkan penggunanya untuk memasng iklan adalah wordpress.com, tetapi platform tersebut dapat mengizinkan pemasangan iklan dengan persyaratan blog besar dan bertrafik tinggi.

Platform hosted populer saat ini adalah blogger.com dan wordpress.com, keduanya menawarkan layanan gratis mulai dari hosting, platform hingga nama domainnya. Namun, platform blogger.com lebih banyak digunakan karena selain gratis kita juga bisa memonetize blog dengan platform tersebut.

blogger.com dan wordpress.com merupakan platform yang cukup mudah digunakan dan pengguna tanpa perlu ribet-ribet menyettingnya. Kamu hanya perlu daftar dan membuat domain kemudian blog langsung jadi. Kedua platform ini sangat cocok untuk kamu yang memang belum pernah berpengalaman dalam membuat sebuah blog atau website.

Sedangkan untuk wordpress.org (berbeda dengan wordpress.com), platform ini memeutuhkan kemampuan teknis dalam penggunaannya. Kamu perlu menginstall palform tersebut dalam sebuah webhosting sampai menyettingnya hingga sedetail mungkin.

Ada dua jenis platform blog, Hosted platform (platform yang sudah terhosting) dan Stand alone platform (Platform yang berdiri sendiri).

#1 Hosted platform

Hosted platform adalah platform yang telah terhosting, platform ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh para blogger pemula karena mudah digunakan dan tidak harus susah-susah menyetting dan tentu saja gratis. Hosted platform populer saat ini ada dua, yaitu blogger.com dan wordpress.com.

Kenapa hosted platform populer? Seperti blogger.com dan wordpress.com, kita tak perlu memikirkan biaya hosting dan biaya untuk nama domain. Semua itu bisa kamu dapatkan secara gratis dan tanpa masa berlaku.

Dengan menggunakan platform tersebut kita akan diberi nama domain (alamat blog) sekaligus hosting secara gratis. Nama domain yang kamu buat pada platform tersebut akan digabungkan dengan nama platform itu sendiri. Sebagai contoh nama domain: "kumpulan-lagu.blogspot.com" atau "randiblog.wordpress.com". Dimana, "kumpulan-lagu" dan "randiblog" merupakan nama alamat untuk subdomain yang bisa kita pilih sesuka hati asalkan belum dipakai oleh orang lain dan itu gratis.

Kelebihan
  • Gratis.
  • Mudah digunakan, kita hanya perlu mendaftar dan memilih membuat nama domain, diskripsi dari blog dan bisa langsung dapat melakukan aktivitas blogging.
  • Update secara otomatis.
  • Terindeks mesin pencari dengan cepat. Dengan hosted platform kita akan mendapat subdomain yang domain utamanya sudah memiliki pagerank yang tinggi. Hal itu mempermudah artikel di blog kita cepat terindeks oleh mesin pencari..

Kekurangan
  • Pengaturan terbatas, platform jenis ini tidak memberikan penggunanya kontrol penuh pada blog.
  • Tema blog terbatas, tetapi saat ini banyak template / tema blog keren dan responsif yang banyak tersebar di internet secara gratis dan berbayar.

Apabila kamu hanya ingin blogging tanpa ingin ribet mengutak-atik blog, platform ini mungkin sangat cocok untuk kamu atau para pemula. Walaupun gratis, namun tidak sedikit blogger yang sukses dalam dunia blogging dengan menggunakan platform gratis ini.

#2 Selft hosting

Platform ini di hosting pada webhosting sendiri dengan alamat blog (domain) sendiri. Untuk membuat blog atau web site selft hosting adalah menggunakan platform wordpress.org.

Kelebihan
  • Kontrol penuh terhadap blog, kita bisa melakukan apapun terhadap blog kita termasuk membuat blog kita tampak profesional dengan kemampuan dan fasilitas seperti plug-in.
  • Dilengkapi plugin-plugin yang sangat keren dengan banyak sekali pengembangnya. Dengan plugin-plugin tersebut blog mampu beradaptasi sesuai kondisi yang kita inginkan, seperti ingin mengadaptasi blog menjadi sebuah toko online atau menambah sosial network didalamnya.
  • Platform gratis, kita bisa menggunakan platform wordpress.com secara gratis namun kita harus membayar untuk membeli webhosting dan alamat domain untuk blog tersebut.

Kekurangan
  • Pengaturan yang membingungkan, seperti yang sudah saya katakan jika kamu tidak mempunyai kemampuan dasar desain web akan sangat kebingungan jika menggunkan platform ini.
  • Biaya hosting dan domain, platformnya memang gratis, tapi domain dan hosting websitenya kita harus beli dan menyewa di pihak lain.
  • Update manual, kita tidak bisa mengupdate platform ini secara otomatis. Jadi, jika ada update versi platform atau plugin terbaru maka harus melakukan update secara manual.

Jika kamu ingin memiliki kontrol penuh terhadap blog, tidak terikat dengan aturan platform dan ingin mengembangkannya menjadi blog profesional, platform ini sangat cocok untuk menjadi pilihan. Tapi lagi-lagi saya beritahukan bahwa jika kamu belum punya kemampuan teknis tentang desain web, jangan menggunakan platform ini, bisa-bisa blog yang kamu punya malah terlihat tidak terlihat berantakan.

Kesimpulan

Jika kamu ingin membuat dan mengembangkan sebuah blog secara profesional seperti untuk bisnis, sebuah instansi atau perusahaan, blog portfolio, atau blog yang bisa menghasilkan uang dari klan maupun program afiliasi, saya sarankan kamu menggunakan platform blog yang selft hosted. Langsung kunjungi alamat wordpress.org untuk mencoba platformnya, ke niagahoster.com untuk menyewa hosting dan domainnya (mumpung lagi ada promo).

Dan jika kamu ngeblog hanya sekedar untuk menulis pengalaman-pengalaman pribadi, berbagi informasi, atau sekedar menyalurkan hobi dan kamu tidak begitu memiliki waktu, atau minim budget, saya sarankan untuk memilih blog yang Hosted platform seperti wordpress.com atau blogger.com. Hanya 5 menit dan kamu bisa langsung memulai aktivitas blogging.

Gimana? Apa masih bingung karena tulisannya kebanyakan. Maklum aja kalo lagi ngetik suka kemana-mana, tetapi semoga artikel Memilih Platform Blog yang Tepat untuk Blogger Pemula bisa membantu teman-teman semua yang sedang belajar dan ingin memulai membuat sebuah blog namun bingung memilih platform blog.

Apabila ada yang kurang dari tulisan ini, silahkan teman-teman tuliskan melalui komentar di bawah ini, karena saya sendiri merupakan orang yang sedang belajar juga dalam dunia blogging.

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda yang berhubungan dengan post halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold, Italic. LINK AKTIF DIANGGAP SPAM!

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter