Cara Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense dengan Lazy Load

Cara Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense dengan Lazy Load


RANDI.ID | Memilik loading blog dan iklan Adsense cepat adalah sebuah hal yang menyenangkan, mempercepat loading blog bukan sekedar untuk memanjakan pengunjung agar nyaman tetapi speed blog menjadi parameter penilaian seo blog.

Beberapa faktor umum lambatnya loading blog dan iklan Adsense karena banyaknya widget di dalam blog, struktur kode yang kurang rapi, ukuran gambar dalam postingan yang besar (lebih dari 50Kb), hingga iklan Adsense itu sendiri yang menjadi beban load blog.

Dampak negatif dari lambatnya loading blog membuat para pengunjung kabur dari blog dan ini akan merugikan kita, akibatnya blog akan kehilangan visitor.

Tentu saja alasan visitor kabur dari blog kamu karena loading blog sangat lambat dalam memuat postingan / halaman, ini membuang-buang waktu pengunjung.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik blog harus memperhatikan kecepatan loading blog agar tetap cepat dan stabil, sehingga pengunjung lama dan pengunjung baru blog merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog kita.

Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense

Cepat tidak-nya loading blog dipengaruhi beberapa faktor, beberapa faktor berikut ini perlu kamu ketahui dan hindari agar loading blog tetap cepat dan stabil:

#1 Template

Template menjadi faktor utama cepatnya loading blog. Menggunakan template responsive dan premium (berbayar) dapat mempengaruhi secara signifikan cepatnya loading blog.

Kenapa harus template premium?
Template premium adalah template yang dibuat dengan fitur lebih, pada versi premium kamu bisa mendapatkan fitur dan dukungan premium serta kelebihan yang tidak akan kamu temukan pada template versi free (gratis) seperti pada kode atau script untuk mempercepat loading blog yang hanya diberikan pada versi premium.

Meski begitu bukan berarti tidak ada template gratis rasa premium.

#2 Widget

Selain template, kamu juga harus memperhatikan widget yang dipasang di dalam blog. Hindari banyak memasang widget, apalagi widget yang tidak diperlukan seperti widget counter, jam, kalender, dll.

Pasanglah seminimal mungkin widget di dalam blog, pasang widget yang diperlukan saja seperti widget label, kategori, dan atau widget popular pos.

#3 Script

Untuk kamu yang suka otak-atik tampilan template, hindari penambahan script di dalam template. Semakin banyak script-script yang kamu masukan ke dalam template maka semakin berat proses loading sebuah blog.

#4 Ukuran Gambar Postingan

Ukuran dan banyak gambar sebuah postingan juga perlu kamu perhatikan, gunakanlah gambar dengan ukuran yang yang relatif kecil kurang dari 50Kb dan banyak gambar dalam satu postingan.

#5 Iklan

Ini dia salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap cepat dan lambatnya loading blog kamu. Apabila blog kamu terpasang iklan Google Adsense, bisa dipastikan kecepatan blog kamu akan jauh dari nilai score speed dibawah rata-rata (rendah).

Bahkn jika kamu sudah melakukan poin 1 - 4, jika iklan Adsense tidak dioptimalkan maka blog kamu akan memiliki nilai kecepatan yang buruk.

Nah, untuk kamu yang belum tahu cara cek kecepatan loading blog, silahkan dibaca artikel tentang Cara Mengetahui Kecapatan Loading Blog. Cek dulu berapa kecepatan blog kamu, apakah kecepatan blog kamu sudah cukup maksimal atau masih perlu dipercepat load blognya.

Jika blog kamu perlu diakselerasi lagi sampai maksimal, kamu berada di tempat yang tepat. Pada postingan kali ini saya akan bahas cara memasang lazy load di blog yang mampu mempercepat loading blog dan iklan Adsense hingga 200%.

Apa itu Lazy Load

Script Lazy Load adalah sebuah script yang berfungsi mengoptimalkan kode script yang terdapat dalam template blog sehingga menghasilkan load blog yang ringan dan cepat.

Lazy Load juga bisa digunakan sebagai optimasi untuk menampilkan iklan Adsense di dalam blog agar lebih ringan, loading iklan Adsense lebih cepat tanpa membebani blog tersebut.

Cara Kerja Script Lazy Load

Prinsip cara kerjanya adalah mengoptimalkan kode-kode dan script java yang terdapat dalam blog dan iklan Google Adsense, sehingga loading blog bisa lebih cepat dan load iklan Adsense juga lebih optimal.

Hasil dari penggunaan script Lazy Load Adsense di blog cukup memuaskan, dimana nilai kecepatan blog saya naik hingga 200%.

Cara ini juga bisa menjadi pemecah masalah skor kecepatan blog selular yang rendah, dengan memasang script lazy load maka loading blog akan lebih cepat dan skor kecepatan blog di mode selular akan bertambah.

Memasang Lazy Load Adsense di Blog

Jadi bagaimana cara memasang Lazy Load Adsense di blog? Berikut adalah langkah-langkah pemasangan script lazy load adsense pada blogger.com:
  1. Silahkan masuk ke dashboard blogger kamu.
  2. Masuk ke Tema kemudian klik Edit HTML.
  3. Cari kode  <script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
  4. Hapus semua kode tersebut, jumlahnya tergantung dari banyak unit iklan yang terpasang di dalam blog.
  5. Cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
  6. Selanjutnya kamu letakkan kode berikut tepat di atasnya
  7. <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    // Lazy Load AdSense
    var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
    //]]>
    </script>
  8. Terakhir kamu simpan templatenya.

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa melakukan tes ulang kecepatan blog. Lihat hasilnya, apa nilai kecepatan blog kamu sudah bertambah?

Dan inilah hasilnya sebelum dan sesudah menggunakan script lazy load di blog yang saya terapkan di blog randi.id.

Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense dengan Lazy Load
pagespeed insights

Perbedaanya cukup jelas pada skor nilai kecepatan blog di selular, sebelum memasang lazy load skornya adalah 42 dan setelahnya naik menjadi 81.

Cukup mudah bukan Cara Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense dengan Lazy Load. Cara memasang Lazy Load Adsense di blog cukup efektif untuk meningkatkan skor kecepatan loading blog baik selular atau desktop.

Kurang lebih itulah beberapa cara mempercepat loading blog yang bisa saya share pada postingan kali ini, semoga trik ini bisa membantu untuk mempercepat loading dan iklan Adsense di blog.

Cara Mempercepat Loading Blog dan Iklan Adsense dengan Lazy Load