Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website Dengan Mudah

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website Dengan Mudah

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website Dengan Mudah
RANDI.ID | Kecepatan loading blog atau website terkadang luput dari perhatian kita sebagai pemilik blog / website, padahal kecepatan loading blog sangat penting lho.

Selain memiliki tampilan responsif dan memberikan konten yang berkualitas untuk pembaca, blog juga harus memiliki loading cepat supaya pengunjung tidak menunggu lama bahkan pergi meninggalkan blog kamu.

Blog dengan kecepatan loading lambat membuat pengunjung bosan karena menunggu terlalu lama halaman postingan blog terbuka, dan pada akhirnya semua pengunjung yang berniat membuka blog kamu malah pada kabur.

Oleh karena itu supaya pengunjung baru atau pengunjung setia blog kita tetap nyaman, kita sebagai pemilik blog harus selalu memperhatikan kecepatan loading blog atau website.

Bukan hanya disukai pengunjung, blog fast loading juga disukai mesin pencari google, yahoo dan bing karena kecepatan blog berkaitan dengan SEO.

Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Untuk mengetahui kecepatan loading blog atau website kamu bisa melakukannya dengan mudah, alat mengetahui score speed loading blog ini merupakan webtool populer untuk cek nilai kecepatan loading blog.

1. PageSpeed Insights

PageSpeed Insights merupakan tool yang disediakan oleh Google untuk mengetahui speed blog atau website. Dengan tool ini kamu bisa mengetahui kecepatan sebuah blog atau website, apakah kecepatan blog kamu cukup cepat, rata-rata atau lambat.

Yang menarik dari PageSpeed Insights kamu bisa mengetahui kecepatan blog ketika di akses melalui versi mobile (selupar) dan juga versi desktop.

PageSpeed Insights memberikan laporan cukup singkat namun lengkap, tool memberi rekomendasi kepada kita untuk mengoptimalkan blog agar lebih cepat.

Tool ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus daftar atau register, langsung saja cek kecepatan loading blog kamu disini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

2. GT Metrix

GTMetrix merupakan tool menganalisa kecepatan blog yang lebih komplit, dengan menggunakan GTmetrix kamu bisa melihat seberapa cepat loading blog dimuat secara penuh.

Laporan dari hasil GTmetrix cukup lengkap, dengan tool ini kamu juga bisa mengetahui lebih detail seperti ukuran (kb) halaman blog saat dimuat secara penuh, waktu yang dibutuhkan hingga jumlah request ketika mengakses sebuah blog tersebut.

GTMetrik juga memberikan rekomendasi secara lengkap untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog.

Cara mengetahui kecepatan blog dengan GTMetrix cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs: https://gtmetrix.com/ kemudian setelah itu masukan alamat blog lalu klik “Analyze”, nanti akan muncul informasi detail hasil analisis kecepatan blog.

Kurang lebih hanya 2 tool rekomendasi untuk mengetahui kecepatan blog yang bisa saya share pada postingan kali ini, kedua webtool tersebut bisa kamu gunakan untuk Mengetahui Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah.

Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda yang berhubungan dengan post halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold, Italic. LINK AKTIF DIANGGAP SPAM!

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter