6 Alternatif Software Gratis Terbaik untuk Microsoft Office

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Office, perangkat lunak produktivitas cukup familiar dengan produk Word, Excel, PowerPoint, bahkan ini menjadi materi dasar dalam belajar komputer. Tapi, Microsoft Office adalah perangkat lunak berbayar, dan harganya cukup mahal. Jangan beranjak dulu, saya memiliki 6 alternatif software terbaik untuk mengganti Microsoft Office.

Jika Anda mencari alternatif terbaik software pengganti Microsoft Office, Anda datang ke tempat yang tepat karena saya akan memberi Anda informasi 6 alternatif gratis terbaik untuk Microsoft Office.

6 Alternatif Software Gratis Terbaik untuk Microsoft Office

6 Alternatif Software Gratis Terbaik untuk Microsoft Office


Kenapa ini menjadi pilihan terbaik pengganti MS Office? Karena 6 perangkat lunak ini memungkinkan Anda dapat untuk membuat dan mengedit bahkan kompatibel dengan file Microsoft Office. Berikut 6 alternatif gratis software terbaik untuk Microsoft Office.

1. LibreOffice


LibreOffice dikembangkan untuk memberikan persaingan ke Microsoft Office dengan menawarkan lebih banyak fitur. Jika Anda menginginkan program yang lebih fungsional, maka Anda dapat menggunakan LibreOffice.

Pengembang selalu memperbarui dan membuat lebih banyak ekstensi di LibreOffice. Pembaruan terbaru membawa perbaikan kualitas PDF termasuk menambahkan warna RYB untuk membantu Anda menyesuaikan. Ini adalah alternatif yang dapat disesuaikan yang memberi Anda semua fitur sempurna yang dibutuhkan.

LibreOffice
LibreOffice

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan LibreOffice.
Kelebihan Kekurangan
Paket Office yang lengkap Ekstensi tambahan harus diunduh secara terpisah
Mendukung semua format file Microsoft Office
Anda tidak akan melihat iklan atau fitur apa pun yang tersembunyi di balik paywalls


2. FreeOffice


SoftMaker's FreeOffice adalah salah satu alternatif terbaik. Muncul dengan kompatibilitas penuh DOC, DOX, XLS, XLSX, PPT, dan format file PPT. Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang sangat bersih. Anda akan melihat tampilan FreeOffice lebih mirip MS Office dengan antarmuka yang user-friendly. bahkan pada bilah alat sama dengan MS Office.

Alternatif Excel yang disebut PlanMaker akan memberi Anda fitur seperti pemformatan bersyarat dan tabel pivot. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak harus melalui tutorial untuk menggunakan software ini.

Anda juga bisa membuat file PDF dan file ePUB, history perubahan dokumen, dan beralih antar bahasa dan banyak lagi. Selain itu, pemeriksa ejaan dan pengetikan pintar akan mempermudah Anda.

FreeOffice Gratis
FreeOffice

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan FreeOffice.
Kelebihan Kekurangan
Semua program mendukung pemeriksaan ejaan otomatis Tidak mendukung format file MS Office yang lebih baru
Mendukung instalasi program yang dipilih Anda harus memberikan alamat email Anda untuk mengunduh dan menerima kunci produk
Akan membuka file yang ditemukan di program kantor lainnya
Bekerja dengan sistem operasi Windows, Linux, dan Android
Bebas biaya untuk penggunaan pribadi dan komersial


3. WPS Office


WPS Office bisa menjadi alternatif lainnya untuk mengganti Microsoft Office Anda. WPS Office hadir dengan aplikasi Write, Presentation, dan Spreadsheet memiliki tampilan dan fitur yang sama seperti Microsoft Office. WPS Office memiliki paket tambahan untuk konversi PDF untuk memudahkan dalam mengimpor dan mengekspor file.

Semua file yang dibuat oleh program ini akan kompatibel dengan Microsoft Office dan atau sebaliknya. Selain itu, WPS Office juga kompitabel dengan Android dan MacOS.

WPS Office memiliki desain yang hampir sama persis dengan Microsoft Office 2016 terbaru saat ini. Jika anda pengguna Microsoft Office 2016, maka Anda tidak akan mendapatkan kesulitan berarti dalam pengoperasian WPS Office. Dan satu lagi, WPS Office adalah Gratis. Anda bisa mendownload dan menginstallnya secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang.

WPS Office Gratis
WPS Office

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut ini saya lampirkan beberapa kelebihan dan kekurangan WPS Office.
Kelebihan Kekurangan
Memiliki koleksi alat yang lengkap Ruang penyimpanan cloud sedikit
Alat konversi PDF Tidak ada aplikasi basis data
Mendukung penyimpanan cloud Ada iklan di beberapa fitur



4. Office Online


Office Online adalah salah satu opsi alternatif terbaik untuk Microsoft Office. Microsoft Online dibuat untuk memberi persaingan terhadap Google G Suite. Cukup mengherankan sebenarnya karena Office Online ini benar-benar gratis.

Anda akan memiliki akses ke semua program Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote dan bahkan Outlook. Meskipun tidak termasuk Access dan Publisher, tapi kedua program ini jarang digunakan.

Beberapa fitur yang tidak ada di Online Suite seperti:
  1. Tidak dapat menyalin pemformatan di seluruh dokumen
  2. Tidak dapat menambahkan batas mewah ke dokumen Word
  3. Ribbon Referensi hilang

Untuk hal gratis, ini sudah cukup untuk keperluan kantor. Tetapi, jika Anda ingin menggunakannya untuk mengedit tabel pivot, mengelola basis data, Anda harus mencoba menggunakan alternatif lain.

Office Online Gratis
Office Online

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Office Online.
Kelebihan Kekurangan
Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun untuk ini Anda harus mengunggah file di OneDrive untuk menggunakannya
Mendukung semua jenis file sebagai MS Office Pemeriksaan ejaan tidak berfungsi di excel atau PowerPoint
Anda dapat membagikan file dengan siapa pun Anda dapat menggunakan hingga 2GB penyimpanan
Memberi Anda opsi untuk bekerja bersama pada file yang sama Anda tidak dapat menyimpan file ke format aslinya
Template gratis
Menyimpan Pekerjaan Secara Otomatis
Antarmuka yang familier, pemeriksaan ejaan otomatis


5. Apache OpenOffice


Suite ini adalah salah satu alternatif tertua untuk Microsoft Office. Apache OpenOffice memberikan layanan mereka kurang lebih selama 15 tahun, dan banyak orang menggunakan ini. Anda akan memiliki Writer untuk pemrosesan Word, Calc untuk spreadsheet, Base for Databases, Draw for Graphics, dan Math untuk persamaan dan Impress untuk presentasi.

Apache OpenOffice adalah software open source, jadi akan ada pembaruan konstan yang ditambahkan ke program. Apache OpenOffice memiliki beberapa fungsi utama seperti perhitungan tergantung sel, cek ejaan, dan dukungan Microsoft Word. Meskipun mereka menambahkan fitur baru secara teratur, tetapi tetap memiliki antarmuka yang ramah untuk bekerja.

Menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan panduan instruksional untuk membantu Anda mengenal antarmuka dengan cepat.

Apache OpenOffice Gratis
Apache OpenOffice

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Apache OpenOffice.
Kelebihan Kekurangan
Ini benar-benar gratis Tidak banyak perbaikan yang signifikan
Paket ahli untuk berbagai platform Antarmuka Out-of-Date
Sidebar tersedia untuk semua alat standar Beberapa opsi tidak dijelaskan dengan jelas
Perbaikan bug dengan setiap pembaruan Kesalahan pemasang
Kompatibilitas yang ditingkatkan
Menu klasik dan antarmuka bilah alat


6. Google’s G Suite


Google’s G Suite adalah alternatif Microsoft Office yang berbasis cloud. Ini adalah pilihan ideal jika Anda ingin bekerja secara tim dalam sebuah proyek. Google Drive akan menyimpan dan membagikan file yang Anda buat dan dapat diakses oleh semua anggota tim lainnya.

G Suite mendukung berbagai file seperti PDF, file DOC, dan bahkan file iWork. G Suite juga terhubung dengan platform lain seperti Gmail, Kalender, dan Google Plus.

Sayangnya pada antarmuka tidak cukup user-friendly seperti Microsoft Office, Anda bisa kebingungan dalam mengoperasikan G Suite. Tetapi jika Anda sebelumnya memiliki pengalaman menggunakan Chrome atau Chrome OS, saya rasa itu akan membantu Anda dalam mengoperasikan suite ini.

Program ini direkomendasikan untuk seseorang yang akan mengedit dokumen dari jarak jauh atau memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Google G Suite Gratis
Google's G Suite

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Google’s G Suite.
Kelebihan Kekurangan
Harga murah dari Office Suite Program ini agak mirip dengan pesaingnya
Sangat mudah untuk mengatur dan mengatur Sistem penyimpanan offline hanya berfungsi di Chrome
Kolaborasi online cukup bagus
Mendukung seluler juga


Demikian artikel 6 Alternatif Software Gratis Terbaik untuk Microsoft Office ini saya sampaikan, semoga bisa menjadi rekomendasi Anda dalam memilih software Office gratis untuk pekerjaan Anda. Kebanyakan dari software di atas adalah gratis, tetapi satu atau dua yang berbayar sangat murah jika dibandingkan dengan Microsoft Office.

Rekomendasi dari saya adalah pada LibreOffice dan FreeOffice. Kedua perangkat lunak gratis ini cocok untuk menggantikan Microsoft Office. Meskipun pada akhirnya, pilihan sepenuhnya pada Anda.

6 Alternatif Software Gratis Terbaik untuk Microsoft Office