Cara Mengganti Blogspot.com dengan Domain Sendiri (Custom Domain)


Cara Mengganti Blogspot.com dengan Domain Sendiri (Custom Domain) – memilik blog atau web dengan domain sendiri tentu menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi pengelolanya, penggunaan domain sendiri membuat alamat blog mudah diingat dan terlihat lebih profesional.

Anda yang memiliki blog dari Blogger.com pasti pernah merasa sedikit terganggu dengan sub-domain yang diberikan oleh Blogger yaitu sub-domain blogspot.com yang menempel pada nama blog. Sekrang tidak perlu risau lagi dengan sub-domain tersebut, Anda bisa meng-custom domain dan mengganti sub-domain blogspot.com menjadi domain sendiri seperti .com, .id, .net, .info, .org, atau domain lainnya. 


Lalu, bagaimana cara mengganti sub-domain blogspot.com menjadi domain sendiri?
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dan mendaftarkan nama domain di penyedia layanan domain. 

Niagahoster.co.id bisa saya rekomendasikan untuk mendaftar nama domain, selain pengalaman sendiri telah menggunakan layanan ini hampir 3 tahun dan sangat terpercaya. 

Untuk mendaftarkan domain yang Anda inginkan, baca tutorial Cara Daftar Nama Domain di Niagahoster

Untuk mengganti sub-domain blogspot.com dengan domain sendiri yang sudah Anda beli atau sewa, Niagahoster memiliki fitur Member Area yang memudahkan kita dalam mengelola dan mengkonfigurasi domain yang sudah aktif untuk di custom domain ke web atau blog.   

Memasang domain di Blogger
Pertama, masuk ke Dasbor blog Anda.

Kedua, masuk ke Setelan > Dasar, kemudian klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

Ketiga, masukkan nama domain Anda (beserta www. di depannya), kemudian klik Simpan

Keempat, setelah Anda klik Simpan, muncul pesan ada kesalahan dengan tanda teks berwarna merah. Jangan khawatir karena ini bagian dari proses pemasangan custom domain. Catat 2 CNAME tersebut untuk dipasang pada pengaturan DNS domain. 

Kelima, silahkan login ke Member Area Niagahoster.co.id untuk melakukan pengaturan DNS domain. Masuk ke menu Hosting Domain kemudian klik Kelola.

Keenam, masuk ke tab menu DNS Managemen kemudian klik Custom Blogspot.

Ketujuh, isi kolom Domain dan Value dengan data CNAME 2, kemudian klik Save Change

Kedelapan, kembali ke Blogger dan klik Simpan
Jika semua langkah di atas sudah benar, harusnya domain sukses terpasang. 

Kesembilan, agar domain dapat diakses tanpa menggunakan www., klik Edit pada alamat blog lalu centang pada bagian Alihkan randi.id ke www.randi.id.

Sepuluh, klik Simpan lagi. 

Selesai...

Kuranglebih seperti itulah cara memasang custom domain pada Blog blogspot. Jika masih ada yang kurang paham, silahkan tanya-tanya di komentar. Atau, bisa melakukan live chat dengan customer service untuk menanyakan langkah pemasangan domain tersebut. 

Semoga bermanfaat.

Cara Mengganti Blogspot.com dengan Domain Sendiri (Custom Domain)