10 Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Android

Kumpulan aplikasi benchmark terbarik untuk Android yang bisa Anda download gratis bisa menjadi alat untuk pembanding perangkat yang akurat.

Tujuan kita meng-upgrade ponsel tentu saja karena menginginkan ponsel yang lebih baik dari ponsel sebelumnya. Setiap tahun, produsen ponsel meningkatkan performa chip, kecepatan, teknologi internet, kecepatan refresh layar, dan banyak lagi. Semua produsen ponsel terus berlomba untuk menjadi yang terbaik dan tetap berada di depan kurva teknologi.

Mereka membuat klaim memiliki ponsel terbaik, namun mereka tidak memberikan banyak bukti tentang klaim tersebut. Nah, disinilah aplikasi benchmark digunakan untuk mengetahui sejauh mana klaim tersebut. Dan berikut ini adalah 10 aplikasi benchmark terbaik untuk Android yang bisa Anda download dari Google Play Store.

10 Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Android

Melalui aplikasi benchmark, Anda dapat menjalankan tes performa untuk melihat hasil tes secara keseluruhan dan seberapa efisien perangkat tersebut.

Berikut ini adalah kumpulan aplikasi benchmark terbaik untuk Android yang bisa Anda coba untuk dapat melihat seberapa bagus ponsel atau tablet Android baru Anda.

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark adalah alat pembandingan yang sangat populer untuk Android, aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis. Melalui AnTuTu Benchmark memungkinkan Anda melihat bagaimana ponsel Anda bersaing dengan pasar ponsel lainnya. Anda dapat juga dapat menguji CPU, GPU, I/O, RAM, dan banyak lagi.

AnTuTu Benchmark juga akan memberi Anda skor keseluruhan untuk UX (User Experience) ponsel Anda dan melakukannya dalam bentuk dua sub-skor, Multitask dan Runtime. Skor UX memberi Anda gambaran tentang seberapa baik ponsel Anda.

Geekbench 3

Geekbench 3 adalah aplikasi benchmark dengan tampilan yang sederhana (user-friendly). Saat membuka aplikasi, Anda akan melihat satu tombol yang harus Anda tekan. Setelah Anda tekan, Anda mendapatkan banyak informasi tentang perangkat Android Anda.

Geekbench 3 mencakup 15 tes benchmark yang dirancang untuk memodelkan tugas-tugas intensif prosesor. Tes mencakup sejumlah domain aplikasi yang berbeda, termasuk enkripsi, pemrosesan gambar, pemrosesan sinyal, dan simulasi fisika.

Geekbench 3 telah dirancang khusus untuk menguji prosesor multi-core, tetapi juga masih menguji kinerja single-core. Ini karena banyak aplikasi dan proses hanya menggunakan satu inti. Jadi, Geekbench 3 membantu Anda tidak hanya menentukan perangkat mana yang memiliki kinerja keseluruhan terbaik, tetapi juga kinerja per inti terbaik.

3D Mark

3D Mark adalah aplikasi benchmark gratis untuk Android yang dibuat khusus untuk para gamer. Aplikasi ini akan menunjukkan kepada Anda skor benchmark yang berbeda tetapi berfokus pada RAM, sehingga Anda dapat melihat apakah ponsel atau tablet Anda dapat menangani game-game besar atau tidak.

Speedtest.Net

Speedtest.net sedikit berbeda dari aplikasi benchmark lainnya, Aplikasi ini tidak menguji tolok ukur yang berbeda pada perangkat Android Anda, melainkan menguji kecepatan internet perangkat Anda. Anda akan mendapatkan ide bagus tentang bandwidth Anda dan apakah Penyedia Layanan Internet Anda mengatakan yang sebenarnya atau tidak. Aplikasi ini tersedia sebagai aplikasi desktop dan juga aplikasi seluler.

A1 SD Bench

A1 SD Bench adalah aplikasi spesialis lain yang menguji skor benchmark kartu SD Anda. Saat Anda membeli kartu SD baru, cukup unduh A1 SD Bench dan jalankan setelah Anda memasukkan kartu SD ke perangkat Anda. A1 SD Bench akan memindai kartu SD Anda untuk memberi tahu Anda apakah kartu tersebut dapat tergores atau tidak. Ini adalah aplikasi yang sangat sederhana tetapi antarmukanya mungkin terlihat sedikit berantakan dan ketinggalan zaman. Namun, setelah Anda terbiasa, aplikasi ini akan sangat berguna untuk menentukan cadangan memori pada kartu SD Anda.

Vellamo Mobile

Vellamo Mobile adalah aplikasi benchmark lain yang sangat serbaguna untuk android yang juga gratis. Aplikasi ini sederhana dan memiliki antarmuka pengguna yang hebat. Yang terpenting, ini memberi Anda wawasan mendalam tentang tolok ukur perangkat android Anda. Anda dapat menjalankan enam alat benchmark yang berbeda untuk menentukan peringkat CPU, GPU, RAM, dll. Ada banyak sekali informasi berbeda yang disediakan oleh setiap alat sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi di balik kap perangkat Anda.

GPU Benchmark 3D

GPU Benchmark 3D adalah aplikasi benchmark terbaik lainnya untuk Android yang berfokus pada benchmark kinerja game. Aplikasi ini dirancang dari Unity Engine yang merupakan mesin grafis yang populer di dunia game seluler. Aplikasi ini akan menunjukkan kepada Anda tolok ukur grafis dan juga menjalankan adegan yang dirender sehingga Anda akan memiliki pengalaman bermain game seluler terbaik.

GFXBench

Aplikasi ini untuk mereka yang ingin menguji kemampuan Open GL dari perangkat Android mereka. Aplikasi ini menjalankan beberapa pengujian intensif GPU pada perangkat Anda menggunakan fitur API lanjutan sehingga mungkin terlihat sedikit rumit pada awalnya bagi pengguna baru. Tes itu sendiri melibatkan beberapa program intensif yang menentukan kemampuan perangkat Android Anda. Anda mungkin dibatasi oleh perangkat mana Anda menjalankannya karena dibuat terutama untuk Open Gl.

PCMark For Android Benchmark

PC Mark memungkinkan Anda membandingkan kinerja dan masa pakai baterai ponsel Android Anda dengan pengujian berdasarkan tugas sehari-hari. Setelah Anda menginstal aplikasi, Anda dapat mengunduh dan menjalankan benchmark Work 3.0 dan Storage 2.0. Tolok ukur Work 3.0 mencakup pengujian kinerja dan masa pakai baterai. Ini menjalankan tugas-tugas umum seperti browsing web, mengedit video, dan bekerja dengan dokumen dan data. Tes baterai menganalisis kinerja baterai Anda saat menekan perangkat hingga turun di bawah 20%. Di sisi lain, benchmark Storage 2.0 mengukur kinerja penyimpanan perangkat Anda. Ini termasuk kecepatan baca dan tulis untuk penyimpanan internal dan eksternal dan kinerja database.

AndroBench Storage Benchmark

AndroBench adalah aplikasi benchmark yang mengukur kinerja penyimpanan ponsel Android Anda. Benchmark mikro memungkinkan Anda membandingkan kinerja dasar penyimpanan Anda dengan perangkat lain.

Demikian 10 Aplikasi Benchmark Terbaik untuk Android yang bisa saya bagikan pada kali ini. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih aplikasi benchmark terbarik untuk menguji performa perangkat Android atau tablet Anda.

Content Creator, Video Creator and Writer.

Lihat lebih lengkap di profil blogger saya.

Posting Komentar

Aktifkan Beri tahu saya / Notify me untuk pemberitahuan balasan melalui email.