Cara Pasang Tema dan Font MTZ di MIUI 12 Xiaomi Tanpa ROOT

Install Tema Font file MTZ di MIUI 12
Mau ganti tema MIUI 12 tembus WA dan aplikasi hingga ke akarnya? Atau, pasang font unicode keren MTZ di semua ponsel Xiaomi?

Tema MIUI dan font unicode MIUI 12 yang tembus hingga aplikasi WhatsApp banyak tersedia di internet, dan sayangnya tidak ada  di Theme Store MUI. 

Pada postingan ini saya bagikan cara memasang tema dan font unicode MTZ (pihak ketiga) di MIUI 12 pada semua ponsel Xiaomi Redmi tanpa root.


Fitur import di aplikasi Theme Manager (Tema) sebenarnya sudah dihilangkan pada update aplikasi pada MIUI 11. Jadi, pengguna tidak bisa lagi pasang atau install tema dan font pihak ketiga file MTZ melalui aplikasi Tema MIUI 12.

Dengan dihilangkannya fitur import pada aplikasi Theme Manager, bukan berarti kita tidak bisa pasang tema / font pihak ketiga pada MIUI 12, tentu saja bisa.

Pasang Tema dan Font MTZ di MIUI 12

Kenapa harus Tema dan Font Pihak Ketiga
Tema dan font pihak ketiga MIUI 12 Xiaomi, sering disebut tema atau font MTZ. MTZ merupakan format file tema dan font pada system MIUI.

Meskipun MIUI 12 menghadirkan banyak tema dan font keren yang tersedia di Theme Manager, namun banyak pengguna yang ingin menggunakan pihak ketiga. 

Alasannya, font yang disediakan di internet (google, blog, dll) memiliki jenis font yang unik, keren dan mendukung unicode.

Font unicode merupakan font yang memiliki banyak icon dan simbol, seperti: logo Mediatek, Qualcomm, operator selular, brand ternama, dan banyak lagi simbol-simbol lainnya. 

Untuk memasang tema dan font MTZ di MIUI 12, kamu harus sudah mempunyai tema atau font unicode MTZ keren untuk ponsel Xiaomi dan aplikasi MIUI Theme Editor yang bisa kamu download gratis di PlayStore

Sebelum ke tahap berikutnya, pastikan aplikasi MIUI Theme Editor sudah terpasang di ponsel kamu.

Pasang Tema MTZ di MIUI 12

Untuk memasang tema pihak ketiga atau file MTZ di MIUI 12, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka aplikasi MIUI Theme Editor
  2. Pilih BROWSE
  3. Cari dan pilih tema MTZ yang telah kamu download atau simpan
  4. Pilih MULAI
  5. Pilih SELANJUTNYA
  6. Pilih SELESAI
  7. Pilih MEMASANG
  8. Selanjutnya, buka aplikasi Theme Store (Tema), masuk ke tema saya
  9. Cari tema yang sudah di install tadi, biasanya ada dua tema yang sama. Pilih tema yang terdapat tulisan (Apply me)
  10. Terakhir pilih Terapkan.

Jika pada tema tersebut juga berisikan font, biasanya diminta untuk memuat ulang ponsel. Lakukan restart untuk menerapkan font.

Pasang Font MTZ di MIUI 12

Untuk memasang font pihak ketiga atau file MTZ di MIUI 12, cara hampir sama seperti menerapkan tema 3rd, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka aplikasi MIUI Theme Editor
  2. Pilih BROWSE
  3. Cari dan pilih font MTZ yang telah kamu download atau simpan
  4. Pilih MULAI
  5. Pilih SELANJUTNYA
  6. Pilih SELESAI
  7. Pilih MEMASANG
  8. Selanjutnya, buka aplikasi Theme Store (Tema), masuk ke tema saya
  9. Cari font yang sudah di install tadi, biasanya ada dua tema yang sama. Pilih tema yang terdapat tulisan (Apply me)
  10. Terakhir pilih Terapkan
  11. Muat ulang atau restart ponsel untuk menerapkan font hingga ke system.

Cara memasang tema dan font MTZ atau pihak ketiga di atas bisa kamu lakukan dengan mudah dan aman tanpa root. 

Catatan:
Cara mengganti tema dan font menggunakan font pihak ketiga yang berjenis file .mtz menggunakan MIUI Theme Editor masih memiliki kekurangan, tema pihak ketiga yang dipasangn akan kembali ke default dalam beberapa menit, 30 menit sampai 1 jam, bahkan ada yang lebih.

Sampai saat ini belum ada cara memasang tema dan font mtz di MIUI secara permanen tanpa root. Salah satu cara agar tema tidak kembali ke default di MIUI Xiaomi adalah dengan root atau menggunakan custom rom MIUI.

Kurang lebih itulah langkah-langkah ganti tema dan font MIUI 12 dengan file MTZ tanpa root. Jika ada update trik terbaru untuk memasang file mtz di ponsel Xiaomi, akan diinformasikan pada postingan ini. 
Komentar