Kapan Google Adsense Membayar? Ini Jadwalnya!

Kapan Google Adsense Membayar? Ini Jadwalnya!

Jadwal Pembayaran Google Adsense
Mungkin teman-teman yang baru bergabung menjadi publisher di Adsense juga memiliki pertanyaan yang sama seperti ini, kapan Adsense membayar?

Pertanyaan ini sering muncul dan banyak dijumpai di grup-grup blogger. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang jadwal pembayaran Adsense blog, admob dan youtube.

Ya, Google Adsense menaungi 3 (tiga) platform, Admob, Blogger dan Youtube. Ketiga layanan ini memiliki metode pembayaran yang sama yaitu melalui Adsense.


Jika teman-teman menjadi bagian dari salah satu platform tersebut, atau mungkin ketiga-tiganya dan belum mengetahui bagaimana proses pembayaran, syarat penarikan, dan kapan Adsense mengirim pembayaran ke rekening bank.


Kapan Google Adsense Membayar?

Jadwal gajian Adsense tidak seperti gajian perusahaan pada umumnya, bukan di tanggal muda atau di tanggal tua. Namun sebelum itu ada yang perlu sobat ketahui, yaitu Syarat Pembayaran Adsense.

Syarat Pembayaran Adsense

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog melalui Adsense, tentunya teman-teman sudah memenuhi syarat sebagai berikut:

Lulus review

Blog sobat sudah lulus review dan dapat menayangkan iklan di blog. Saat iklan Adsense tampil di blog saat itu pula sobat sudah bisa memulai mencari uang dari blog.

Sudah verifikasi KTP dan PIN

Saat penghasilan Adsense Anda mencapai Rp130.000 (seratus tiga puluh ribu rupiah), Adsense meminta Anda untuk memverifikasi data dan PIN. Data yang diminta harus sesuai dengan data di Kartu Tanda Penduduk (KTP), penting karena Google akan mengirimkan PIN dalam bentuk surat melalui kantor Pos menggunakan alamat yang Anda input sebelumnya.

Memilih metode pembayaran

Setelah verifikasi PIN selesai, selanjutnya memilih metode pembayaran. Metode pembayaran Adsense bisa melalui Transfer Bank, Check, dan Western Union (WU). Sayangnya, pembayaran via WU sudah tidak didukung lagi sejak tahun 2018.

Transfer Bank (ATM) bisa Anda gunakan sebagai metode pembayaran Adsense. Pendapatan dari Adsense dikirimkan secara otomatis sesuai jadwal, pastikan bahwa nomor rekening yang Anda gunakan masih aktif.

Jadwal Pembayaran Adsense Blogger

Pendapatan dari AdSense untuk Konten bisa Anda lihat secara real-time di dashboard, mulai dari pendapatan hari ini, kemarin, satu minggu ini dan bulan ini. Kamu juga bisa melihat besaran CPC/BPK (biaya per klik) dan banyak klik.


Pendapatan blog (bulan ini) akan dimasukan ke dalam saldo Adsense setiap per tanggal 1 bulan selanjutnya.

Pendapatan dari blog bulan Juni (dari tanggal 1 – 30 Juni) akan dimasukan ke saldo Adsense pada tanggal 1 Juli.

Jadwal Pembayaran Adsense Admob

Admob memiliki dashboard khusus yang bisa diakses melalui situs Admob, tetapi tampilan dan statisiknya hamper sama dengan Adsense blog. Seperti Adsense blog, pendapatan dari Admob juga dimasukan ke dalam saldo setiap tanggal 1 bulan selanjutnya.

Pendapatan dari Admob bulan Juni (dari tanggal 1 – 30 Juni) akan dimasukan ke saldo Adsense pada tanggal 1 Juli.

Jadwal Pembayaran Adsense YouTube

Berbeda dengan Adsense blog dan admob, analisa dan pendapatan harian YouTube hanya bisa dilihat melalui YouTube Studio.

Untuk pembayarannya, YouTube juga berbeda dengan kedua platform blogger dan admob. Pendapatan dari YouTube akan dimasukan ke dalam saldo Adsense setiap tanggal 12 bulan selanjutnya.

Pendapatan dari YouTube bulan Juni (dari tanggal 1 – 30 Juni) akan dimasukan ke saldo Adsense pada tanggal 12 Juli.

Ambang Batas Penarikan / Pembayaran

Syarat untuk mengirimkan pendapatan Adsense ke rekening bank lokal, saldo penghasilan di Adsense Anda harus memenuhi batas ambang Adsense.

Batas ambang adalah standar nilai penarikan penghasilan Adsense. Ambang batas penarikan uang dari Adsense sebesar Rp1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu rupiah) untuk mata uang Rupiah, dan $100 untuk mata uang Dollar.

Jika di bulan (misal) Juni penghasilan Anda sudah memenuhi ambang batas, Adsense akan mengirimkanya pembayaran pada tanggal 22 Juli dengan metode pembayaran yang Anda pilih sebelumnya.

Kurang lebih itulah informasi tentang Kapan Google Adsense Membayar yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga postingan ini bisa menjadi informasi bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan sobat seputar pendapatan, pembayaran dan pengiriman, serta jadwal pembayaran Google Adsense.

Kapan Google Adsense Membayar? Ini Jadwalnya!