Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 Tanpa DVD/File ISO (Offline)

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft yang hadir dengan pembaruan fitur dan desain yang modern, sayangnya Windows 10 tidak mengaktifkan .NET Framework 3.5 secara bawaan dan harus di install manual menggunakan DVD/file ISO atau secara online. Namun demikian, bagi yang tidak memiliki media DVD atau akses internet, jangan khawatir, karena bisa install .NET Framework 3.5 di Windows 10 secara offline.

.NET Framework 3.5 diperlukan untuk keperluan menjalankan perintah dari bahasa pemrograman bahkan untuk menjalankan sebuah game. Biasanya menjadi persyaratan utama dan harus terinstall pada komputer Windows.

Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 Offline

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa kita bisa menginstall .NET Framework 3.5 di Windows 10 secara offline tanpa harus pakai DVD atau file ISO.

Install .NET Framework 3.5 Windows 10 Tanpa DVD

Namun demikian, kita perlu menyiapkan keperluan untuk proses pemasangan tersebut dan salah satunya adalah men-download tool SXS yang berisi file installer .NET Framework 3.5 untuk Windows 10 terbaru. Kamu bisa mendownloadnya melalui laptop atau HP dan mentransfernya ke komputer yang akan digunakan.

Berikut tutorial cara download file sxs dan install .NET Framework 3.5 di Windows 10 secara offline.
  1. Download folder sxs untuk Windows 10 sesuai dengan versi yang digunakan di bawah ini:

  2. Extrak file sxs yang telah di download.
  3. Copy dan paste folder sxs tersebut ke Local Disk C.
  4. Selanjutnya buka Command Prompt (CMD) dengan cara klik Start kemudian ketik "CMD" (tanpa tanda petik). Klik kanan dan pilih Run as administrator.
  5. Pada jendela Command Prompt (CMD), ketikan perintah berikut: dism /online /enable-feature /featurename:netfx3 /source:c:\sxs /limitaccess
  6. Tekan ENTER untuk melakukan proses install dan tunggu hingga selesai.
  7. Jika proses install sukses, maka akan muncul seperti ini.
  8. Selamat, .NET Framework berhasil diinstall di Windows 10.

Sekarang kamu bisa menginstall aplikasi berbasis program bahkan game dan menjalankannya dengan lancar di komputer.

Kurang lebih itulah langkah-langkah cara install .NET Framework 3.5 di Windows 10 tanpa DVD/file IOS (offline) yang bisa kamu lakukan sendiri. Apabila masih ada yang belum dipahami dari langkah-langkah di atas, silahkan tuliskan di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 Tanpa DVD/File ISO (Offline)