Virus Horon Bikin Horor, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Virus Horon Bikin Horor, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kali ini saya mau bahas tentang virus komputer terbaru dan berbahaya, yaitu virus .horon. Selain itu, pada postingan ini juga saya akan berbagi tentang penyebab dan cara mengatasi virus Horon yang menyerang komputer (Windows). Supaya informasinya lebih lengkap.

Hati-hati dalam aktivitas di dunia internet, apa lagi jika Anda suka download sana sini, awas kena virus horon.

Mungkin itu pesan yang bisa saya sampaikan di awal postingan ini, karena virus ini sangat akan merugikan Anda jika komputer telah terjangkitnya.

Daftar Isi:
  1. Apa itu Virus .Horon?
  2. Penyebab
  3. Gejala
  4. Penanganan
  5. Pemulihan File
  6. Pencegahan
  7. Kesimpulan

Berikut ini adalah sepenggal pengalaman bagaimana virus horon bisa masuk ke komputer dan cara penanganannya.

Apa itu Virus .Horon?

Horon adalah varian baru dari virus Ransomware, .horon file enkripsi dari infeksi ransomware yang akan menyebabkan banyak kerugian. Virus ini menyerang segala jenis file Anda yang terdapat pada komputer dan mengubah ekstensi file menjadi .horon.

Memperbaiki file virus .horon ramsonware

Saat komputer terinfeksi, proses pengkodean (enskripsi) dimulai, data dan file yang terdapat di dalam komputer (semua partisi) akan terinfeksi, Anda akan diminta mengirimkan uang sebagai tebusan untuk mendekripsi (mengembalikan) data tersebut.

Nominal tebusan untuk membayar antara puluhan bahkan ribuan dolar, tergantung betapa berharganya data anda. Namun, apakah Anda yakin akan membayar tebusan tersebut? atau, Anda malah terkena muslihat setelah membayarnya tetapi tidak bisa mengembalikan data.

Penyebab Terinfeksi Virus .Horon

Seperti pesan yang saya sampaikan di atas, hati-hati saat Anda melakukan unduh file dimanapun. Itulah yang menyebabkan virus horon menginfeksi komputer.

Pada kasus yang saya alami, awal mula virus ini menyebar sesaat setelah menginstall sebuah crack dari sebuah aplikasi. Sudah menjadi sebuah aturan, ketika mau menginstall jamu tersebut diharuskan menonaktifkan antivirus. Disinilah awal mula kegalauan dimulai.

Entah salah download file atau bagaimana, namun tidak ada situs download software rekomendasi untuk Anda kunjungi, karena pada umumnya semua situs tersebut menggunakan iklan pop up yang sangat mengganggu dan dapat mengalihkan pengunjung.

Gejala dan Indikasi Virus .Horon

Gejala virus horon ramsonware pada komputer tidak begitu kentara, sistem operasi komputer masih bisa digunakan dengan baik. Namun, saat Anda melihat data file dokumen office, word, excel, gambar jpg, png, dan file lainnya berubah menjadi ekstensi .horon. File-file tersebut tidak bisa terbuka.

indikasi terkena virus ramsonware horon
file .jpg jadi .horon

File .horon tidak bisa dibuka, apalagi caranya hanya dengan merename dan menghapus nama .horon-nya. .horon adalah enkripsi / pengkodean file dari virus tersebut.

Anda juga akan menemukan sebuah file .text yang berisi informasi bahwa komputer Anda telah terinfeksi virus ransomware dan petunjuk cara merecovery file dengan membayarkan sejumlah uang.

Penanganan Virus .Horon

Saat mengetahui komputer Anda telah terinfeksi virus horon ramsonware, penanganan dan langkah-langkah yang bisa Anda laukan adalah:
  1. Jangan masukan/menyimpan file penting ke dalam komputer yang telah terinfeksi
  2. Jangan menghubungkan flashdisk ke komputer
  3. Jangan lakukan install ulang sistem, karena itu tidak akan memperbaiki apa pun, bisa jadi malah memperburuk

Sayangnya, pada kasus saya komputer telah di install ulang.

Menghapus Virus .Horon

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk menghapus virus .horon di Windows XP/Vista/7 dan Windows 8.1/10, diantaranya:

Mohon maaf langkah-langkah bentuk gambar tidak tersedia karena keterbatasan.

1. Menggunakan Anti-Malware

Cara ini menggunakan software Anti-Malware yang bisa diunduh secara gratis.

Windows XP/Vista/7

  1. Restart komputer
  2. Saat mulai booting, tekan F8 untuk masuk ke Advanced Boot Options
  3. Pilih Safe Mode with Networking
  4. Setelah masuk ke Windows, download Anti-Malware dan bersihkan virus yang bersarang di system.

Windows 8.1/10

  1. Klik Start menu
  2. Pilih Powor
  3. Sambil tekan tombol Shipt pada keyboard, klik Restart
  4. Saat masuk ke Advanced Options, pilih Startup Setting
  5. Pada Startup Setting, pilih Enable safe mode with networking dengan menekan tombol angka 5 di keyboard
  6. Restart
  7. Setelah masuk ke Windows, download Anti-Malware dan bersihkan virus pada sistem.

2. Menggunakan System Restor

Cara kedua adalah dengan menggunakan system restore Windows.

Windows XP/Vista/7

  1. Restart komputer
  2. Saat mulai booting, tekan F8 untuk masuk ke Advanced Boot Options
  3. Pilih Safe Mode with Command Prompt
  4. Di jendela yang muncul, ketik cd restore dan tekan Enter
  5. Ketik rstrui.exe dan tekan Enter.
  6. Muncul jendela System Restore, pilih restore point sebelumnya (lihat tanggal sebelum komputer terinfeksi), kemudin klik Next.
  7. Jika ada komfirmasi, klik Yes.

Windows 8.1/10

  1. Klik Start menu
  2. Pilih Powor
  3. Sambil tekan tombol Shipt pada keyboard, klik Restart
  4. Saat masuk ke Advanced Options, pilih Command Prompt
  5. Di jendela yang muncul, ketik rstrui.exe dan tekan Enter
  6. Ketik rstrui.exe dan tekan Enter.
  7. Muncul jendela System Restore, pilih restore point sebelumnya (lihat tanggal sebelum komputer terinfeksi), kemudin klik Next.
  8. Jika ada komfirmasi, klik Yes.

Recovery File Virus .Horon

Banyak cara dan software yang saya gunakan untuk mencoba mengembalikan file yang telah terinfeksi virus .horon, namun belum ada satu pun yang berhasil.

Salah satu tool file recovery .horon yang yang bisa saya harapkan adalah STOP Ransomware Decryptor. Program ini terus dikembangkan dengan untuk bisa memulihkan file .horon.

Saat saya gunakan (bulan Juni), tool ini belum bisa mendeskripsi file .horon yang menyerang file komputer. Namun, pada bulan Juli ini telah diupdate dan menambahkan varian terbaru seperti .puma .djvu dan .horon.

Sayangnya, data pada komputer saya telah diformat habis karena keperluan untuk digunakan.

Jika Anda ingin download STOP Ransomware Decryptor update terbaru, bisa di unduh disini.

Pencegahan

Untuk melindungi data dan file penting Anda dari serangan virus horon ramsonware dan varian jenis lainnya, berikut adalah langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:
  1. Membuat cadangan di cloud, menggunakan kapasitas penyimpanan Google Drive, One Drive dan penyimpanan gratis lainnya. Anda bisa merestore data dan file yang telah di sinkron kapan pun.
  2. Hindari penggunaan software bajakan, untuk dapat digunakan secara berkelanjutan, software bajakan membutuhkan aktivasi yang mensyaratkan untuk mematikan antivirus. Hal ini sangat berbahaya dan rawan virus masuk ke dalam sistem komputer.
  3. Update Antivirus secara berkala.

Kesimpulan

Virus Horon Ransomware merupakan virus yang sangat berbahaya, target virus ini jelas, menyandikan seluruh file penting dari hardisk dengan ekstensi .horon.

Virus ini menginfeksi melalui program jahat atau lampiran email tidak dikenal yang dijalankan secara otomatis maupun manual oleh pengguna dan menyebar dengan cepat namu tidak merusak sistem komputer.

Pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat cadangan di cloud dan melakukan update antivirus secara berkala.

Postingan ini merupakan cerita dan pengalaman yang ingin saya bagikan, jika Anda mengalami hal tersebut di atas dan belum menemukan solusinya, tetap sabar dan terus mencari karena pengemmbangan sofware dan antivirus ini masih terus dilakukan.

Demikian Virus Horon Bikin Horor, Penyebab dan Cara Mengatasinya, semoga bisa menjadi informasi dan pengalaman berharga untuk kita semua.

Virus Horon Bikin Horor, Penyebab dan Cara Mengatasinya