Apa itu Blog? Bagaimana Blog Bisa Menghasilkan Uang

Apa itu Blog? Bagaimana Blog Bisa Menghasilkan Uang

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog
"Apa itu Blog?" - Sering menjadi pertanya mendasar yang ternyata masih belum banyak diketahui oleh blogger pemula (seperti saya).

Sebelum memulai membuat blog, ada perlunya kita mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan blog. Pada postingan ini saya share pemahaman tentang apa itu yang disebut blog.

Menurut saya, kita sebagai seorang blogger (orang yang memiliki blog) atau yang ingin terjun ke dunia blogger, penting kiranya untuk mengetahui pengertian dari blog itu sendiri.

Konten:
  1. Apa itu blog
  2. Beda Blog dan Situs Web
  3. Siapa blogger itu?
  4. Kenapa orang mau ngeblog?
  5. Menghasilkan uang dari blog?
  6. Kesimpulan

Dengan memahami panduan dan konsep blogging, kita bisa menggunakan blog lebih maksimal dan tujuan yang terarah bahkan untuk sebagai sarana mendapatkan penghasilan dari internet.

Jadi, sebenarnya apa itu blog?

Blog adalah buku harian online atau jurnal yang disimpan pada situs web. Konten blog biasanya berisi teks, gambar, animasi GIF, video, dan bahkan pemindahan dari buku harian atau jurnal offline fisik lama atau dokumen hard copy lainnya.

Arti Blog Menurut KBBI

Pemilik blog dapat mengatur blog mereka untuk akses secara pribadi atau publik. Ketika sebuah blog dibuat dan dapat diakses publik, siapa pun dapat menemukan blog melalui tautan yang tersedia di situs web individu atau bisnis, profil media sosial mereka, email dan buletin elektronik hingga pada mesin pencari internet.

Banyak pemilik blog juga membuat blog pada situs web yang ditujukan untuk pembuatan, penyimpanan, dan berbagi blog, seperti Blogger, LiveJournal, Tumblr, dan WordPress.

Semua posting atau tautan ke posting biasanya ditampilkan kepada pembaca dalam urutan kronologis terbalik dengan konten terbaru muncul terlebih dahulu.

Blog dan Situs Web, apa bedanya?

Perbedaan utama antara blog dan situs web adalah bahwa blog merupakan jenis konten tertentu yang ditampilkan pada halaman web di situs web. Banyak dari kita yang masih bingung ketika menggunakan kedua istilah tersebut. Misalnya, seseorang mengatakan bahwa mereka telah mengunjungi blog perusahaan, padahal sebenarnya blog itu hanya salah satu bagian dari situs web perusahaan.

Kebingungan juga terjadi karena platform yang sepenuhnya dikhususkan untuk blogging memberikan kesan bahwa blog seseorang atau perusahaan di salah satu platform ini juga merupakan situs web utama mereka.

Jika kamu masih bingun tentang hal ini,untuk mengetasinya kamu perhatikan hal berikut: Kebanyakan kasus, situs web non-blogging lebih jarang diperbarui dengan konten baru daripada halaman blog terkait dan situs web yang ditujukan untuk blog. Blog biasanya melakukan pembaruan konten harian bahkan mingguan, atau bahkan diupdate setiap jam-nya.

Situs web non-blog, seperti biografi atau situs bisnis, biasanya hanya memperbarui berita dan konten blog mereka pada frekuensi tertentu dan kemudian menambahkan halaman baru atau memperbarui beberapa konten sesuai kebutuhan.

Blog juga mendorong pembaca dan pemilik untuk diskusi. Blog memiliki kolom komentar yang dirancang untuk membuat percakapan online tentang konten blog dan pemilik blog dengan cara yang sama yang biasanya terletak di bawah artikel.

Siapa blogger itu?

Tidak ada batasan orang seperti apa yang bisa membuat blog. Pembuat atau pemilik blog, juga dikenal sebagai "blogger", dan berasal dari semua lapisan masyarakat dan latar belakang dari seluruh dunia.

Selama seseorang memiliki akses ke internet, mereka dapat membuat blog dan mempromosikannya untuk menarik pembaca. Pada umumnya Blogger adalah aktivitas individu yang ingin berbagi informasi pribadi tentang diri mereka sendiri dan / atau minat serta hobi mereka.

Seiring berkembangnya blog, blogger menawarkan informasi menarik lainnya seperti topik yang berkaitan dengan berita politik, organisasi amal, masalah keselamatan, perawatan hewan peliharaan, kesehatan, hingga tutorial.

Kenapa orang mau ngeblog?

Ngeblog itu repot, tapi kenapa setiap harinya selalu ada orang yang ingin menjadi blogger? Mungkin salah satu alasannya (alasan saya sih), karena orang tidak menyukai menulis di buku harian. Ada juga beberapa orang menyukai blog karena mereka dapat berbagi pemikiran dan informasi dengan orang lain di belahan dunia.

Bagaimana menghasilkan uang dari blog?

Selain meningkatkan pengunjung blog dengan memperbarui konten secara rutin, seorang blogger dan atau pebisnis dapat menghasilkan uang dari blog mereka dengan membangun kepercayaan dengan anggota pasar target mereka. Dengan menawarkan konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dari target mereka sehingga menjadikan mereka sebagai ahli pada bidang tersebut. Dengan begitu, konsumen mau membeli produk dan layanan dari individu dan bisnis yang mereka percayai.

Beberapa pemilik blog mendapatkan uang setiap kali pengunjung blog mengklik iklan statis atau dinamis atau tautan tertanam lainnya yang ada pada halaman blog mereka yang kemudian masuk ke situs web mitra afiliasi dan mendapat komisi ketika seseorang membeli produk atau layanan di situs web mitra setelah menggunakan tautan mereka.

Selain itu, banyak pemilik blog menghasilkan uang dengan menjual blog mereka. Penjualan blog biasanya terjadi setelah blog dengan niche tertentu telah mendapatkan pengunjung yang sangat tinggi dan menjadi menarik bagi investor sebagai alat penghasil uang yang potensial.

Terakhir, seorang blogger dapat mendapatkan uang dari blognya melalui layanan iklan Google Adsense. Google Adsense merupakan layanan iklan berbayar populer yang saat ini banyak digunakan para blogger sebagai cara mencari uang dari blog.

Kesimpulan

Seperti yang telah di uraikan di atas, sebuah blog menyediakan sarana bagi individu atau bisnis untuk berbagi semua jenis informasi. Blog dapat bersifat pribadi atau sebagai penghasil uang. Jika saat ini kamu belum memiliki blog, mulailah membuat dan membangun blog dengan niche yang kamu kuasa, seperti hobi atau informasi yang kamu mililki. Tuliskan informasi yang kamu ingin bagi dengan dunia dalam sebuah jurnal online blog.

Jika kamu benar-benar ingin belajar tentang blog, cara yang paling mudah adalah dengan membaca langsung beberapa blog, meninggalkan komentar baik berupa pertanyaan ataupun saran. Sedangkan cara yang terbaik adalah dengan langsung membuatnya sendiri.

Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan pada posting kali ini tentang Apa itu Blog? Bagaimana Blog Bisa Menghasilkan Uang, jika kamu adalah pemula dalam sebuah blog, itu sama dengan saya. Maka dari itu mari berbagi dan belajar bersama, dan sekali lagi sekaligus untuk yang terakhir kalinya, apa pendapatmu setelah membaca artikel ini? Silakan tulis pada komentar dibawah ini dan jika ada pertanyaan yang membangun, jangan sungkan-sungkan diajukan.

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda yang berhubungan dengan post halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold, Italic. LINK AKTIF DIANGGAP SPAM!

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter