YouTube 'Copyright Match', Bagaimana Cara Kerja Fitur Ini?

YouTube 'Copyright Match', Bagaimana Cara Kerja Fitur Ini?

Copyright Match Tool merupakan fitur baru yang dirilis YouTube sebagai alat pencocok hak cipta video yang ada di YouTube.

Pada postingan ini saya akan bahas cara kerja fitur ini dan bagaimana cara mendapatkan fitur Copyright Match YouTube. Tetap disini, dan mari kita lihat lebih jauh.

Pencurian konten merupakan sebuah kasus yang banyak dikeluhkan para kreator YouTube, hadirnya fitur Copyright Match merupakan respon baik dari YouTube.

Konten:
  1. Apa itu YouTube Copyright Match
  2. Cara kerja YouTube Copyright Match
  3. Mengaktifkan YouTube Copyright Match
  4. Menggunakan YouTube Copyright Match
  5. Kesimpulan

YouTube 'Copyright Match' Tool

Dengan adanya fitur Copyright Match Tool atau Pencocokan Hak Cipta, sekarang setiap video yang diunggah di YouTube akan dipindai oleh sistem dan apakah video tersebut sudah pernah diunggah atau belum.

Cara Kerja YouTube Copyright Match Tool

Fitur ini berguna untuk para kreator yang ingin memantau konten mereka, apakah konten atau video yang mereka upload di YouTube telah dicuri (direupload) orang atau tidak.

Apa itu YouTube Copyright Match

Copyright Match atau Fitur Pencocokan Hak Cipta adalah fitur terbaru YouTube yang berfungsi mencari dan menemukan kecocokan penuh antara video asli dengan video yang diupload ulang di channel YouTube lain.

Video asli adalah video yang diupload pertama kali di YouTube, dan video diupload ulang adalah video reupload.

Setelah kecocokan video teridentifikasi, kamu bisa meninjaunya di YouTube Studio dan memilih tindakan yang ingin diambil.

Cara kerja YouTube Copyright Match

Copyright Match atau fitur Pencocokan Hak Cipta bekerja sesaat setelah kamu mengupload video asli (pertama) ke YouTube, dan fitur ini akan mulai memindai semua video yang memiliki kecocokan yang diupload setelah video kamu tersebut.

Jadi, pastikan kamu menjadi orang pertama yang mengupload konten video ke YouTube sebagai video publik supaya kamu yang berhak melihat hasil kecocokan tersebut.

Kreator akan mendapatkan notifikasi jika ada konten video yang serupa dan bisa melakukan tindakan atau tidak melakukan apapun, mengontak orang yang bersangkutan, atau meminta YouTube untuk menghapus video tersebut.

Tingkat kecocokan 60% - 100% bisa bisa dilakukan tindakan, dan untuk kecocokan dibawah 50% (masih) dianggap aman. Tetapi jika kecocokan dibawah 50% terjadi pada channel besar, ini bisa menjadi masalah atau tetap terkena copyright bahkan jika kecocokannya hanya 20%.

Mengaktifkan YouTube Copyright Match

Dari beberapa sumber yang tersebar di internet menyatakan, untuk bisa mendapatkan dan mengaktifkan fitur YouTube Copyright Match atau Pencocokan Hak Cipta sebuah shannel harus memiliki 100.000 subscribe.

Informasi itu mungkin kurang tepat, karena saya mendapatkan email pemberitahuan dari YouTube bahwa fitur Copyright Match Tool sudah aktif di channel YouTube saya. Padahal channel saya memiliki kurang dari 5.000 subscribe.

YouTube Copyright Match Tool 5000 Subscriber

Jadi, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan fitur YouTube Copyright Match Tool?

Sepertinya YouTube tau betul apa yang dibutuhkan kreator, fitur ini akan diaktifkan pada kreator yang memiliki masalah dengan banyaknya konten yang direupload oleh channel lain.

Menggunakan Copyright Match

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur Copyright Match untuk mengatasi pencurian konten di YouTube?

Jika kamu sudah memiliki fitur ini, dan memiliki masalah adanya kecocokan hak cipta yang dilakukan channel lain, kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa melihat bagian Hak Cipta di menu navigasi sebelah kiri pada YouTube Studio.

2. Pada bagian tab Cocok dengan untuk melihat video yang sangat mirip yang diupload ulang di YouTube oleh channel lain.

Tingkat Kecocokan Hak Cipta YouTube

3. Ada beberapa tindakan yang bisa diambil jika kamu memiliki kecocokan, seperti:

Arsipkan - Memindahkan kecocokan yang ditemukan ke Arsip tanpa mengambil tindakan pada video tersebut. Tetapi kamu bisa melakukan tindakan lain di kemudian hari jika menginginkannya.

Kirim pesan ke channel - Menghubungi channel teresbut untuk memberi tahu bahwa terdapat kemiripan pada videonya dengan video kamu.

Minta penghapusan - Mengajukan permintaan hukum kepada YouTube untuk menghapus video tersebut. Jika mimilih opsi ini, kamu memiliki 2 opsi tindakan lain, seperti:

Dijadwalkan:
Kirim pemberitahuan 7 hari - Mengirimkan pemberitahuan ke channel terkait untuk menghapus video yang dimaksud. Jika mereka tidak menghapus video setelah 7 hari, video tersebut akan dihapus dan mereka akan menerima teguran hak cipta.

Standar:
Minta penghapusan sekarang - Permintaan penghapusan langsung dikirim ke YouTube. Dan setelah video dihapus oleh pihak YouTube, channel tersebut juga akan menerima teguran hak cipta.

4. Setelah permintaan penghapusan dikirim, pastikan kamu selalu memeriksa email, karena jika YouTube memerlukan informasi lebih lanjut mungkin akan menghubungi melalui email.

Fitur ini cukup membantu para kreator YouTube dalam menemukan video yang diunggah ulang (direuload) oleh pengguna lain yang kian meresahkan dan merugikan bahkan hingga meng-claim bahwa video tersebut sebagai miliknya.

Kesimpulan

YouTube 'Copyright Match' Tool adalah fitur yang sangat ditunggu-tunggu para kreator, fitur ini disambut baik dan menjadi sebuah alat untuk mendeteksi, mencari dan memecahkan masalah-masalah kreator yang sering dihadapi seperti melawan reuploader.

Dari kasus saya, untuk mengaktifkan fitur Copyright Match di Channel YouTube tidak harus memiliki 100.000 subscribers. Namun fitur ini akan diberikan kepada Partner YouTube yang memiliki permasalahan dengan konten yang diupload ulang.

Semoga artikel ini menjadi jawaban untuk teman-teman yang mencari informasi tentang YouTube 'Copyright Match' dan Bagaimana Cara Kerjanya. Tetap menjadi kreator konten original agar channel YouTube kamu memiliki reputasi baik dan bisa dimonetize dengan mudah.
Sudah ada 2 komentar, berikan komentar kamu di sini.
  1. Mantap sekali ilmu nya kebetulan konten masak di channel "Dapur Desi" Saya ada yang ambil dan saya sudah mengklaim video yang sudah dicuri tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lakukan tindakan mba, bisa diberikan peringatan terlebih dahulu ke orang/channel yg reupload.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel