Mau Jadi Blogger Sukses? Ini 7 Syarat Wajib Dimiliki Blogger Pemula

Mau Jadi Blogger Sukses? Ini 7 Syarat Wajib Dimiliki Blogger Pemula

Syarat Menjadi Blogger Profesional
Mau jadi blogger sukses? Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu miliki agar menjadi seorang blogger profesional dan sukses.

Ngeblog atau blogging bukan hanya sekedar hobi menulis dan berbagi. Jika tekun, kreatif dan inovatif, ngeblog bisa menjadi sebuah profesi hingga karir.

Seorang blogger profesional bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan blogging atau ngeblog, ya, sebuah aktivitas menulis dan berbagi.

Apakah benar mendapatkan uang dari ngeblog? Semudah itu kah?

Syarat Menjadi Blogger Profesional dan Sukses

Mendapatkan uang dari blog bukanlah sebuah hal tabu, di era kemudahan akses internet saat ini, informasi berkembang sangat cepat dan pesat. Informasi apa pun bisa kamu dapatkan melalui internet, begitu juga mendapatkan penghasilan dari blog hingga mencari uang dari internet.

Konten:
  1. Niat
  2. Motivasi
  3. Tujuan / Goal
  4. Suka Membaca dan Menulis
  5. Mandiri
  6. Pantang Menyerah
  7. Sarana
  8. Kesimpulan

Untuk para pemula yang tertarik terjun di dunia internet khususnya membangun sebuah blog dan menjadi blogger profesional dan sukses, berikut ini syarat utama yang harus dimiliki blogger pemula agar menjadi blogger profesional dan sukses.


1. Niat

Hal pertama yang wajib kamu miliki sebelum memutuskan untuk memulai nge-blog adalah memiliki niat yang kuat. Niatkan dan yakinkan bahwa kamu ingin membuat dan membangun blog sukses.

Blogging merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran.

Dalam perjalan membangun blog, kamu akan menemukan beberapa hal mengejutkan, banyak diantaranya perlu diselesaikan dengan niat.

2. Motivasi

Setelah kamu memiliki niat yang kuat untuk membuat blog, kemudian apa motivasi kamu membangun blog? Tentukan sekarang!

Pastinya, setiap blogger (pemilik blog) memiliki motivasi yang melatar belakangi mereka melakukan blogging setiap hari.

Pada umunya, motivasi seseorang membuat dan membangun situs / blog dilatarbelakangi karena ingin berbagi informasi, menuliskan ide, gagasan, opini, hobby dan bahkan tentang pengalaman (hidup) yang bermanfaat agar supaya bisa dibaca oleh khalayak banyak pengguna internet.

Seiring perkembangan dunia blogging, minat seseorang membangun blog semakin beragam. Nah, berikut ini adalah motivasi populer seseorang ingin menjadi blogger, seperti:
  1. Mencari uang di blog/internet
  2. Berbagi informasi dan tutorial
  3. Jadi blogger sukses/terkenal
  4. Belajar (menulis)

Perhatian! Urutan di atas terbalik. Tapi mau bagaimana lagi, begitulah faktanya, banyak blogger pemula yang ingin terjun ke dunia blogging karena motivasi nulis doang dapat uang tersebut.

Saran penulis untuk para pemula yang ingin terjun ke dunia blogger / blogging, motivasi dan pemikiran awal yang harus kamu tempatkan adalah nge-blog untuk belajar, belajar apa saja, menulis, internet, kamu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih banyak dengan belajar.

Dunia blogger adalah dunia yang kompleks, menggunakan blog sebagai sarana belajar adalah hal yang tepat. Blogger bukan hanya tentang membaca dan menulis, banyak hal-hal baru dan pengetahuan luas yang akan kamu dapatkan.

3. Tujuan / Goal

Pada bagian motivasi, saya sudah menuliskan beberapa alasan orang ingin jadi blogger, jika kamu sudah menetukan motivasi dengan tepat, maka tujuan atau goal pun akan tepat.

Belajar

Hasil dari ini tidak akan menghianati dan tidak bisa dinilai dengan materiil. Blogging dan belajar adalah dua hal yang berkaitan erat, tujuan ini akan memberikanmu sesuatu yang amat besar.

Berbagi informasi / tutorial (hobby)

Pada dasarnya blogging adalah kegiatan membaca dan menulis, untuk membuat sebuah konten blog tentu kita harus menulis, namun dari mana tulisan kita berasal selain dari membaca.

Blog adalah media yang bisa kamu gunakan untuk berbagi informasi, kamu bisa membuat konten tulisan tentang tutorial atau menuliskan tentang kegiatan keseharian ke dalam blog.

Tentukan pilihan topik blog yang akan kamu pilih, dan fokus pada topik tersebut.

Tujuan dari ini adalah kamu akan menemukan komunitas atau orang-orang yang satu pemikiran, satu hobby, atau satu style yang dipertemukan dalam sebuah postingan artikel blog.

Menjadi blogger sukses / terkenal

Blogger sukses atau terkenal tidak melulu dinilai dari berapa banyak blogger tersebut mendapatkan penghasilan uang dari blog-nya, tapi bagaimana orang-orang bisa mengenal mu.

Sebuah postingan populer dari blog bisa membawa kamu menjadi seorang terkenal.

Membuat konten blog yang berkualitas dan menarik untuk dibaca mengantarkan kamu menjadi seorang penulis (blogger) terkenal bahkan sukses. Konten populer akan banyak menarik pembaca dan membawa banyak trafik pengunjung ke blog.

Jika kamu membangun sebuah blog dengan tema tertentu, seperti materi atau pelajaran yang mengulas lebih dalam dan jelas, potensinya adalah menjadi bahan rujukan oleh setiap orang bahkan website resmi tertentu. Disinilah, orang-orang akan mengenalmu dan kamu menjadi seorang blogger profesional dan sukses.

Mencari uang di blog

Jika kamu benar-benar pemula dalam blog, masukkan tujuan ini pada daftar terakhir. Mencari uang di blog bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi hanya terlihat seperti mudah.

Orang-orang yang menunjukkan hasil uang dari ngeblog adalah mereka yang sudah belajar dan merasakan kegagalan.

Namun, mencari uang di blog akan sangat mungkin mudah jika kamu sudah melakukan langkah-langkah seperti yang saya urutkan dari nomor 1 sampai 3, yaitu membangun blog hingga berkembang dan sukses.

Kamu bisa mulai mencari uang di blog setelah blog yang kamu bangun berkembang dan memiliki trafik pengunjung yang tetap dan banyak.

4. Suka Membaca dan Menulis

Membangun blog hingga sukses kita perlu mengisi dengan konten postingan yang menarik dan berkualitas baik.

Untuk membuat sebuah konten blog, kita memerlukan sebuah ide hingga materi agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas baik.

Kamu harus mulai menyukai aktivitas membaca, karena dengan membaca akan memberikan wawasan untuk materi blog yang dibangun.

Kemudian mulai menulis, menuliskan ide, gagasan dan materi yang ada dipikiranmu. Buatlah konten menarik, tuliskan kata-kata yang kamu pikirkan dan rangkailah sedemikian rupa agar mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.

5. Mandiri

Menjadi blogger harus mandiri dan otodidak. Jika kamu belajar ngeblog kepada seoserang atau berguru, serap materinya hingga kamu paham betul, dan tanyakan apa yang belum kamu pahami.

Blogging adalah hal yang kompleks, banyak hal dan banyak persoalan yang akan kamu hadapi, seperti: Bagaimana mengatur blog, edit template, SOE yang selalu berubah, optimasi blog dan lainnya.

Masalah-masalah tersebut tentu saja tidak harus selalu ditanyakan dan dibantu orang lain untuk memperbaikinya. Kamu harus bisa atasi sendiri!

Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mencari informasi atau tutorial dari google, membaca artikel dari blog-blog lain, dan kamu harus berani mencoba. Gagal coba lagi, gagal coba lagi.

6. Pantang Menyerah

Penyakit yang sering menyerang blogger adalah malas. Ini adalah penyakit yang sering dihadapi oleh para blogger, malas membuat blog tidak terurus, malas membuat konten / postingan sehingga blog sepi dan para pengunjung setia kabur.

Namun ini adalah wajar, mungkin kamu perlu melakukan refreshing dan kembali secepatnya ke meja untuk memulai ngeblog.

Selain itu, komentar-komentar dari pengunjung blog terkadang ada yang membuat down mental ngeblog. Kamu bisa jadikan ini sebagai saran dan kritik untuk membangun blog yang lebih baik.


7. Sarana

Sarana yang wajib dimiliki seorang blogger adalah perangkat komputer, laptop atau smartphone Android dan tentu saja koneksi internet.

Untuk membangun dan menjalankan blog tidak hanya harus menggunakan komputer, kamu bisa melakukannya melalui Android. Tidak ada alasan saat ini.

8. Kesimpulan

Untuk menjadi seorang blogger sukses dan profesional, blogger pemula atau kamu yang memutuskan memulai ngeblog, perlu diketahui bahwa blogging merupakan kegiatan yang sangat kompleks. Hal-hal utama yang harus disiapkan oleh blogger pemula adalah niat, waktu bahkan hingga harus bisa mandiri dalam mengatasi segala permasalahan dalam kegiatan blogging.

Diawali dengan niat yang kuat, motivasi dan tujuan yang baik, kegiatan blogging merupakan sesuatu yang menyenangkan. Jadikan ngeblog sebagai hobi, dan kamu akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari ngeblog.

Informasi ini merupakan kiat sukses menjadi blogger profesional yang merangkum tahapan-tahapan membangun blog untuk pemula.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan tentang Syarat yang Harus Dimiliki Blogger untuk Pemula yang bisa kamu terapkan dalam membangun blog profesional hingga sukses. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi ilmu untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial.
Loading...
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel