5 Masalah Umum Para Blogger

5 Masalah Umum Para Blogger

5 Masalah Umum Para Blogger Pemula
Hampir tiga tahun saya mengelola blog ini, iya, tagihan perpanjangan domain sudah ada di email saya. Haha...

Lalu, apa yang bisa saya berikan untuk teman-teman setia pengunjung blog ini? Saya berharap, apa yang saya bagikan di blog ini bisa menjadi informasi dan wawasan yang bermanfaat.

Dan pada postingan ini, saya akan berbagi pengalaman tentang nge-blog, mengurus blog hingga masalah umum para blogger.

Konten:
  1. Update Isi Konten Blog
  2. Kemampuan Teknis
  3. Pengunjung
  4. Mencari Pendapatan Dari Blog
  5. Alokasi Waktu Mengelola Blog

Permasalahan Klasik Para Blogger

Saya telah merangkum beberapa masalah umum yang sering dialami para blogger dalam mengelola blog-nya, masalah menjadi penyakit blogger pemula termasuk saya sendiri.


Berikut ini 5 masalah umum para blogger yang sangat mendasar dan memerlukan perhatian serius, diantaranya:

1. Update Isi Konten Blog

Mengupdate blog dengan postingan tulisan terbaru ternyata bukan hal mudah. Bagi pemula seperti saya, menjadikan blog agar tetap uptodate merupakan kendala terbesar dan menempati urutan masalah nomor satu.

Tidak sedikit blog yang pernah saya kunjungi hampir tidak pernah diupdate oleh pemiliknya, bahkan update terakhir dari konten blognya pun sudah beberapa tahun yang lalu dan banyak yang kedaluwarsa.

Melakukan update blog tidak harus membuat konten viral hari ini, tetapi menunjukkan ada aktivitas pada blog tersebut.

Jika kamu memiliki kendala dalam kemampuan menulis artikel konten untuk blog, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membeli atau menyewa penulis kontent dan mencoba membuat tulisan sendiri secara bertahap.

Belajar dan latih lah terus menulis kamu sehingga terbiasa dan mampu membuat tulisan artikel dengan mandiri. Kebiasaan menulis ini akan memudahkan kamu dalam membuat artikel untuk konten blog.

2. Kemampuan Teknis

Kemampuan teknis menjadi masalah umum yang sering para blogger rasakan, khususnya para blogger pemula.

Keterbatasan kemampuan teknis di dunia blogging ini meliputi seperti pergantian tema, pemilihan plugin hingga hal sepele seperti menata layout blognya.

Tentu kamu pernah menemukan blog yang memiliki tampilan kurang rapi sehingga navigasi pada blog tersebut menjadi sulit.

Kurangnya kemampuan teknis blogging membuat beberapa blog terkesan asal-asalan, halaman blog tidak rapi dan berantakan. Sebagai pengunjung, tentu kamu akan berpikir untuk melanjutkan kunjungan tersebut daripada pusing ketika membaca konten blognya.

Ada baiknya sobat blogger mempelajari lebih lanjut masalah teknis dunia blogging melaui blog tutorial blogger terbaik, bertanya pada blogger lain atau melihat tutorial dalam bentuk video youtube.

3. Pengunjung

Masalah ke-3 yang menjadi kendala kebanyakan blogger adalah pengunjung. Jika blog sobat sudah memiliki tampilan blog rapi dan bagus juga konten yang selalu update, tetapi tidak memiliki pengunjung, ini menjadi masalah umum para blogger.

Setiap pemilik blog sudah pasti menginginkan blognya memiliki banyak pengunjung, apalagi pengunjung setia yang mau kembali berkunjung ke blog.

Sepertinya sobat blogger harus belajar teknik untuk mempromosikan blognya seperti dengan teknik promosi atau bergabung dengan forum blogger, share di media sosial dan lain-lain.

Dengan teknik promosi dan berbagi konten di media sosial, blog sobat akan mulai dikenal dan mulai memiliki trafik pengunjung yang meningkat.


4. Mencari Pendapatan Dari Blog

Setelah sebuah blog jadi, memiliki tampilan baik dan pengunjung, tentu saja sobat blogger ingin sekali membuat blognya bisa menghasilkan uang.

Tidak semua blogger ingin menggunakan blognya untuk mendapatkan uang, namun tidak sedikit juga para blogger menggunakan blog untuk mendapatkan uang.

Jika blog sobat memiliki nilai jual, kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Bergabung dan mendapatkan penghasilan dengan program Adsense seperti Google Adsense merupakan sebuah tujuan banyak para blogger.

5. Alokasi Waktu untuk Mengelola Blog

Jika sobat ingin serius mengelola blog dan menghasilkan uang dari blog, kamu harus bisa mengalokasikan waktu untuk mengelola blog tersebut.

Sobat blogger harus meluangkan waktu secara teratur dan terus bereksperimen dengan blognya agar pengunjung blog tetap stabil bahkan naik, semakin banyak pengunjung datang ke blog maka semakin banyak pula kesempatan sobat mendapatkan pendapatan dari blog.

Saya sendiri mengalokasikan waktu sekitar 3 - 4 jam per hari bahkan lebih untuk sekedar melihat blog, membalas komentar dari pengunjung dan lainnya. Lalu, bagaimana dengan sobat blogger semua?

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan tentang 5 Masalah Umum Para Blogger, semoga tulisan ini bermanfaat. Silakan share kisah blogging sobat blogger semua di menu komentar dibawah ini. Selamat blogging!
Loading...
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel