Apa Itu ARB (Anti-Rollback) Protection Pada Xiaomi?

Apa itu ARB? Di produk ponsel Xiaomi Redmi sudah terpasang Anti 3 dan Anti 4. Artinya apa? Tetap di sini, karena pada postingan ini saya mau berbagi informasi dan tentang penjelasan Anti Roll Back Protection atau yang sering di sebut dengan ARB.

Garis besarnya adalah, ARB (Anti Roll Back) merupakan sebuah fitur keamanan yang terpasang pada sistem Android sebagai alat proteksi. Fitur ini mengatur sistem agar terus terintegrasi dengan pada pembaruan.

Hadirnya fitur ARB pada ponsel Android disambut baik oleh pengguna ponsel pintar dan bisa menjadi terobosan terbaru untuk sistem keamanan, tetapi bagi kamu yang suka mengekplorasi ponsel Android dengan mengopreknya sistem, mungkin ini menjadi masalah.

Konten
  1. Apa itu ARB Protection
  2. Perbedaan Anti 3 dan Anti 4
  3. ROM Anti 3 dan Anti 4
  4. Cara Cek ARB Xiaomi
  5. Haruskah Update ke Anti 4?
  6. Apakah Anti 4 Bisa Downgrade?
  7. Apakah Anti 4 Bisa Pasang Custom ROM?
  8. Kesimpulan

Fitur ARB mengharuskan sistem android terus diperbaharui dan akan menjadi masalah jika kamu mencoba melakukan downgrade ke versi sistem android lama.

Apa itu ARB (Anti-Rollback) Protection

Anti Roll Back Protection adalah sebuah fitur keamanan Android yang dibuat oleh Google, fitur ini diterapkan untuk pertama kalinya di perangkat berbasis Oreo.

Apa itu ARB Anti-Rollback Xiaomi

Hadirnya fitur ARB pada ponsel android mengakibatkan pengguna tidak dapat melakukan downgrade ke versi rom yang belum memiliki fitur Anti Rollback. Jika kamu nekat melakukan downgrade, resikonya adalah ponsel kamu akan brick (bisa jadi mati total).

Anti 3 dan Anti 4 Apa Bedanya?

Pada perangkat Xiaomi memiliki dua jenis Anti, yaitu Anti 3 dan Anti 4. Apa bedanya Anti 3 dan Anti 4?

Anti 3 adalah kode untuk ROM MIUI yang belum memiliki fitur ARB (Anti-Rollback), sedangkan Anti 4 adalah kode untuk ROM MIUI yang sudah memiliki fitur ARB.

ROM Anti 3 dan Anti 4

Anti 3
ROM MIUI yang masih menggunakan Anti 3 adalah ROM Stable versi 9.5.17 dan ROM Beta versi 8.7.5 atau versi lebih rendah dari itu.

Anti 4
ROM MIUI yang sudah menggunakan Anti 4 adalah ROM Stable versi 9.5.19 dan ROM Beta versi 8.7.12 atau versi lebih terbaru dari itu.

Di perangkat Xiaomi Redmi, Anti 4 ARB (Anti-Rollback) Protection sudah aktif pada ROM MIUI terbaru berbasis Android O (Oreo).

Cara Cek ARB di Xiaomi

Untuk mengetahui apakah HP Xiaomi kamu sudah terpasang ARB (Anti-Rollback) atau belum, berikut cara cek ARB di Xiaomi yang bisa kamu lakukan:

Perysaratan:
  • Komputer PC atau laptop
  • Sudah terpasang driver (agar hp Xiaomi terbaca di mode fastboot), bisa menggunakan driver universal PdaNet.
  • Download Minimal Adb Fastboot disini.

Cara Cek ARB
Jika persyaratannya sudah kamu siapkan, mari kita lakukan cek ARB di Xiaomi Redmi. Pada tutorial ini saya coba untuk cek ARB di Xiaomi Redmi Note 5 Pro/AI, berikut langkah-langkahnya:
  1. Install driver universal PdaNet hingga selesai.
  2. Ekstrak file minimal_adb_fastboot_1.4.3_portable.zip.
  3. Matikan ponsel dan masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan sampai muncul gambar robot.
  4. Sambungkan ponsel ke komputer laptop menggunakan kabel data USB.
  5. Buka folder minimal_adb_fastboot yang sudah di ekstrak tadi, klik kanan file cmd-here.exe pilih Run as administrator.
  6. Untuk mengetahui apakah ponsel sudah terdeteksi oleh komputer atau belum, silahkan ketik:
    fastboot devices
    kemudian tekan ENTER.
  7. Jika ponsel sudah terbaca maka akan muncul kode ponsel di bawahnya.
    Mengetahui Anti 3 Anti 4 ARB Xiaomi
  8. Selanjutnya, ketik:
    fastboot getvar anti
    kemudian tekan ENTER.
  9. Kamu akan melihat hasilnya.

Apakah ponsel Xiaomi kamu masih Anti 3 atau Anti 4 (sudah ARB).

Apakah Harus Update ke Anti 4?

Xiaomi saya masih Anti 3, apakah harus update ke Anti 4? atau, tetap di Anti 3 saja? Anti 4 atau ARB bukan sesuatu yang menakutkan, jadi tidak perlu takut untuk update ke Anti 4 atau kamu yang sudah berada di Anti 4 ARB.

Jika kamu sudah berada di Anti 4 ARB, selagi kamu tidak melakukan downgrade ke ROM Anti 3 maka semua akan aman-aman saja.

Apa kamu yakin mau tetap stay di ROM lama? Gak pengen apa, menikmati fitur-fitur terbaru dari update ROM MIUI? Apa lagi sekarang sudah ada MIUI 10 yang memiliki fitur lebih terbarukan.

Apakah Anti 4 Bisa Downgrade?

BISA, asal kamu downgrade-nya ke ROM yang yang sudah Anti 4 juga. Ingat! Jangan coba downgrade ke ROM Anti 3. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa untuk ROM MIUI Anti 4 dimulai dari ROM Stable versi 9.5.19 dan ROM Beta versi 8.7.12 atau versi lebih terbaru saat ini. Sedangkan Anti 3 pada ROM Stable versi 9.5.17 dan ROM Beta versi 8.7.5 atau versi lebih rendah dari itu.

Apakah Anti 4 Bisa Pasang Custom ROM?

BISA DAN AMAN, karena based custom rom adalah AOSP dan LOS, tidak terikat dengan ARB. Bahkan jika kamu mau memasang cusrom based MIUI seperti MIUIPro yang terikat ARB tetap aman, karena cusrom MIUI based-nya adalah MIUI versi terbaru yang juga sudah Anti 4 ARB. Dan tentunya, untuk bisa memasang custom rom Xiaomi kamu harus sudah UBL (Unlock Bootloader).

Kesimpulan

Anti-Rollback bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Jika kamu pengguna bisa, fitur ARB merupakan sebuah keamanan yang termutakhir yang dapat melindungi ponsel. Dan jika kamu yang suka utak-atik atau oprek, hal ini perlu kamu perhatikan dan lebih hati-hati dalam melakukan aksi oprek agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Semoga tulisan yang singkat ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan teman-teman tentang Apa itu ARB, fungsi dan manfaat ARB.

Demikian, kurang lebih hanya itu saja yang bisa saya jelaskan tentang Apa itu ARB (Anti-Rollback) Protection Pada Xiaomi. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau keakuratan data. Semoga bisa bermanfaat.

Apa Itu ARB (Anti-Rollback) Protection Pada Xiaomi?