5 Software File Recovery Gratis Terbaik 2019

5 Software File Recovery Gratis Terbaik 2019

RANDI.ID | Ketika kita tekan "Shift + Delete" atau mengosongkan Recycle Bin (tong sampah) untuk menghapus file sampah secara permanen, sebenarnya itu tidak "menghapus file" secara permanen.

Artinya, kita bisa mendapatkan kembali file-file yang telah dihapus tersebut.

Untuk melakukan itu, kita membutuhkan aplikasi untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen atau dari Recycle Bin.

Daftar Isi:
  1. Disk Drill
  2. MiniTool Power Data Recovery Free
  3. EaseUS Data Recovery Wizard Free
  4. Recuva
  5. UnDeleteMyFiles Pro

Berikut ini adalah Software File Recovery Gratis Terbaik 2019 yang sangat berguna untuk mengembalikan file yang tidak sengaja dihapus dari hardisk bahkan dari Recycle Bin dan bisa mendapatkan kembali semua datanya.

The Best Free File Recovery Software 2019

Software File Recovery Gratis Terbaik 2019

Ada beberapa software freewares untuk Windows yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan file yang sudah dihapus di Recycle Bin, saya sudah mencoba beberapa software tersebut.

1. Disk Drill

Disk Drill memiliki antarmuka yang sederhana dan fresh. Disk Drill merupakan software file recovery yang sangat sederhana. Kamu tidak perlu mengutak-atik opsi, program ini dapat digunakan untuk memindai drive lokal dan kartu memori.

Disk Drill Free

Lakukan pemindaian drive yang kamu pilih dan kamu diberikan daftar file yang dapat dipulihkan, dikelompokkan berdasarkan jenis, dan kamu memiliki opsi untuk melihat dulu file gambar terlebih dahulu. Ini adalah alat yang sederhana namun efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Disk Drill tersedia untuk MacOS dan Windows. Upgrade ke versi Pro dapat meningkatkan jumlah komputer yang dapat digunakan perangkat lunak, dan membuka lebih banyak opsi seperti pemindaian tingkat lanjut dan dukungan sistem file yang lebih luas. Namun, untuk penggunaan personal, versi gratis sudah cukup membantu.


2. MiniTool Power Data Recovery Free

MiniTool Power Data Recovery Free adalah satu-satunya program yang memberikan informasi penting selama proses install:

Jangan instal aplikasi ke drive tempat Anda ingin memulihkan data, karena Anda dapat menimpa file.

Ini adalah versi ini gratis dari MiniTool Power Data Recovery, tetapi ada edisi berbayar yang tersedia juga.

MiniTool Power Data Recovery Software File Recovery Gratis Terbaik 2019

Untuk versi gratis, kamu hanya dapat memulihkan data sebesar 1GB, tidak memiliki pilihan untuk menyimpan hasil pemindaian dan beberapa opsi lainnya hilang. Tetapi ini sama sekali tidak mengurangi fungsi dari utilitas pemulihan gratis yang hebat.

MiniTool Power Data Recovery Free mampu mendapatkan file kembali dari partisi yang bahkan dari partisi yang disembunyikan, dan ada dukungan untuk drive yang dapat dilepas termasuk media optik.


3. EaseUS Data Recovery Wizard Free

EaseUS Data Recovery Wizard Free adalah sebuah software recovery yang mudah digunakan untuk mengembalikan file data yang hilang. Untuk menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery kamu perlu menyalakan program dan kemudian memilih drive mana yang ingin dipindai untuk data yang dapat dipulihkan. Selanjutnya kamu hanya perlu menekan tombol Scan.

EaseUS Data Recovery Wizard Free

Tidak perlu melakukan pengaturan lanjutan, tetapi jika kamu mengetahui persis di mana file hilang, kamu dapat menentukan folder yang akan dipindai untuk mempercepat.

Hasil pemindaian ditampilkan dalam tampilan gaya Explorer yang mudah dinavigasi, sayangnya tidak ada tanda file yang kita cari telah ditemukan, kamu harus mencari dan memilih file dan mengembalikannya.

Pada versi gratis, program ini memiliki batasan dalam pemulihkan hingga 2GB data. Kapasitas bisa ditingkatkan jika menggunakan versi berbayar.

Walaupun memiliki batasan pemulihan, seharusnya ini cukup untuk membantu untuk mendapatkan kembali file penting yang telah terhapus.


4. Recuva

Recuva memiliki antarmuka yang sederhana dan memberikan banyak pilihan seperti deep scan dan quick scan. Fitur ini akan menunjukkan pratinjau file gambar dan informasi dari kondisi file.

Recuva Free

Untuk melakukan pemindaian mendalam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melacak semua data yang dapat dipulihkan, atau dapat membatasi pencarian jika kamu mencari sesuatu yang lebih spesifik.

Recuva memiliki versi gratis dan berbayar, kamu bisa menggunakan versi gratis dan ini cukup membantu untuk mengembalikan file data yang hilang.


5. UnDeleteMyFiles Pro

Jangan terkecoh dengan kata "Pro", meskipun ada kata "pro" dalam nama software ini, tetapi program ini gratis.

Tampilan UnDeleteMyFiles Pro mungkin tidak terlalu menarik, tetapi ini adalah sebuah software hebat, sebuah utilitas untuk mengembalikan data dan file yang telah hilang.

UnDeleteMyFiles Pro Free

Saat membuka aplikasi ini, tidak ada banyak opsi selain kemampuannya untuk mencari dan mengembalikan file yang telah dihapus dengan filter jenis file tertentu yang dapat memperpcepat proses pemindaian.


Semoga postingan kali ini tentang 5 Software File Recovery Gratis Terbaik 2019 bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk mengembalikan file yang telah dihapus.

Meskipun begitu, mencegah adalah hal terbaik. Tetap waspada, dan jangan sampai kamu menghapus file penting dari penyimpanan.

Belum ada komentar. Ayo beri komentar pertama untuk artikel ini.

Belum ada komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel