Bagaimana WhatsApp Menghasilkan Uang?

Bagaimana WhatsApp Menghasilkan Uang?

Cara WhatsApp Mendapatkan Uang
Ada yang belum tahu apa itu WhatsApp? WhatsApp (sering disingkat WA) menjadi aplikasi chatting terpopuler saa ini, aplikasi multi platform ini sudah menjadi wajib terpasang di smartphone android dan ios. Ini adalah salah satu aplikasi chatting favorit saya yang membantu saya terhubung dengan teman dan keluarga, bahkan dengan WhatsApp Anda bisa menjalankan sebuah bisnis dengan mudah hanya dalam genggaman.

WhatsApp adalah aplikasi gratis dan bebas dari iklan. Keren bukan? Lalu, apakah Anda pernah bertanya, bagaimana WhatsApp meawarkan layanan gratisnya tanpa tidak menjalankan iklan? Bagaimana WhatsApp menghasilkan uang?


Pertanyaan ini juga muncul dalam benak saya. Nah, pada postingan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai apa yang mungkin menjadi pertanyaan teman-teman tentang model bisnis WhatsApp. Mari kita mulai.

Sejarah WhatsApp

WhatsApp dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009 sebagai solusi untuk layanan SMS mahal pada saat itu. Seiring waktu, mereka menambahkan fitur lain seperti berbagi foto, pesan suara, tanda terima baca, dan lainnya.

Pada tahun 2013, WhatsApp mulai berkembang dan memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif. Dan pada awal tahun 2018, WhatsApp sudah memiliki pengguna 1.5 miliar. Ini adalah sebuah perkembangan yang pesat untuk sebuah aplikasi pesan (WhatsApp). Sekarang aplikasi perpesanan ini tersedia di iPhone, Android, Windows Phone, Blackberry dan Desktop.

Putaran Pendanaan WhatsApp

  1. WhatsApp awalnya didirikan oleh Jan Koum pada 4 Februari 2009.
  2. Pada Oktober 2009, Brian Acton meyakinkan 5 mantan kolega dari Yahoo! untuk menginvestasikan $ 250.000.
  3. Pada bulan April 2011, WhatsApp menerima $ 8M Seri A dari Sequoia Capital.
  4. Pembiayaan berikutnya disediakan oleh Sequoia pada bulan Juli 2013. Jumlahnya $ 52 juta sebagai Seri B. Penilaian Whatsapp pada titik ini adalah $ 1,5 miliar.
  5. WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014 dengan nilai sebesar $ 19B.

Untuk informasi lebih lanjut tentang garis waktu WhatsApp Anda dapat membacanya disini.

Kontroversi

Ketika dimulainya WhatsApp, para pendiri ingin menyediakan platform bebas iklan yang berfokus pada pengalaman pengguna.

Mungkin saja kita berpendapat, bahwa WhatsApp menghasilkan uang dengan menjual data pengguna mereka, meskipun kebijakan privasi mereka menyebutkan bahwa WhatsApp tidak menyimpan pesan pengguna, dan dengan enkripsi end-to-end, hanya pengirim dan penerima yang harus memiliki akses ke mereka.

Namun, setelah Facebook mengakuisisi WhatsApp, Facebook mengubah kebijakan ini dan mulai mengumpulkan data dari WhatsApp dan mengirimkannya ke server mereka.

Jan Koum (pendiri WhatsApp) secara terbuka menyatakan bahwa dia tidak senang dengan keputusan Facebook tidak menghormati privasi pengguna mereka. Jan Koum meninggalkan WhatsApp pada tahun 2018.

Sepertinya Facebook sangat berusaha mendapatkan data WhatsApp dari tangan mereka.

Bagaimana Whatsapp menghasilkan uang?

Harga WhatsApp

Ketika WhatsApp pertama kali dimulai, mereka mengenakan biaya berlangganan $ 1 per tahun (terkadang menawarkan tahun pertama secara gratis). Jika Anda pernah menggunakan WhatsApp di platform Symbian, pasti Anda akan mengetahui bahwa WhatsApp membebankan biaya $1 per tahun. Namun, informasi dan kebijakan ini tidak pernah berlaku hingga sekarang ini. Dan sejak 2016, WhatsApp benar-benar gratis untuk semua orang.

Pada 2018, WhatsApp menghasilkan uang sangat sedikit karena layanan ini tetap gratis dan bebas iklan. (Pada tahun 2014, Facebook melaporkan bahwa WhatsApp menghasilkan sekitar $ 1,2 juta untuk berlangganan). Dari mana WhatsApp mendapatkan uang?

Pendapatan WhatsApp di Masa Depan

Motif Facebook di balik akuisisi WhatsApp jelas: mereka akan mengumpulkan lebih banyak data dari Anda seperti pola percakapan, informasi perilaku, lokasi, akses daftar kontak Anda, dan banyak lagi.

Pada akhirnya data ini dapat digunakan oleh Facebook untuk menyediakan iklan bertarget yang lebih baik.

WhatsApp for Business

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan aplikasi WhatsApp for Business yang memungkinkan para pelaku pedagang dan merek (bisnis online) untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan mudah.

Dengan WhatsApp Business anda dapat membuat profil dengan informasi dengan lengkap seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, serta situs web. Fitur menarik lainnya adalah hadirnya fitur balasan cepat dan pesan otomatis.

Kesimpulan

Saat ini WhatsApp belum menghasilkan uang begitu banyak, tetapi mereka akan melakukannya dalam waktu dekat ini dengan produk yang sedang mereka bangun (WhatsApp for Business).

Demikian, semoga informasi tentang Bagaimana WhatsApp Menghasilkan Uang bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat. Informasi ini saya rangkum dari berbagai artikel dan sumber yang saya baca.

Bagaimana WhatsApp Menghasilkan Uang?
  1. Wow, mau donk punya penghasilan dari WA.

    BalasHapus
  2. Terkadang saya juga aneh, gimana cara whatsapp berpenghasilan, sedangkan di whatsapp sendiri tidak menerima iklan, berbeda dengan aplikasi-aplikasi lain serupa BBM, begitu banyak iklan yang ditempatkan pada BBM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan pada akhirnya data pengguna lebih berharga dari pada uang yang dihasilkan dari iklan.

      Hapus