10 Cara Alami Mengobati Sariawan

Sariawan atau sering juga disebut stomatitis aftosa, merupakan luka pada jaringan lunak mulut yang ditandai dengan kondisi mulut mengalami luka dengan bercak warna putih kekuningan. Luka (sariawan) akan terasa perih saat luka tersebut tersentuh oleh makanan atau cairan.

Penyebab sariawan sangat beragam, seperti kekurangan zat besi, sering mengkonsumsi makanan terlalu pedas, panas, vitamn B 12n dan vitamin C, dan atau kebersihan mulut yang kurang diperhatikan. Jika Anda mengalami sariawan, jangan khawatir, saya telah merangkum 10 cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

Konten

Cara Alami Mengobati Sariawan

10 Cara Alami Mengobati Sariawan

Berikut ini adalah 10 cara alami mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan dengan mudah. Mari kita lihat berikut ini.

1. Air kelapa

Air kelapa terkenal dengan khasiatnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satu manfaat dari air kelapa adalah bisa membuat sistem pencernaan terasa tenang. Air kelapa bermanfaat sebagai zat pendingin sehingga terbilang efektif untuk mengobati sariawan, termasuk dalam mengatasi dehidrasi.

2. Madu dan pisang

Madu dan pisang bisa dibuat menjadi pasta. Cara membuat madu dan pisang menjadi pasta adalah dengan menghaluskan buah pisang dengan menggunakan sendok atau diblender. Selanjutnya mencampurnya dengan madu murni. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan campuran pisang dan madu yang sudah dihasluskan tadi pada luka sariawan atau ulkus. Cara ini sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan.

3. Kunyit

Kunyit juga bisa dibuat menjadi pasta, pertama cuci kunyit sampai bersih dan dihaluskannya. Selanjutnya campurkan dengan gliserin sebanyak satu sendok teh, selanjutnya tumbuk atau diblender kedua bahan tersebut agar tercampur merata. Kemudian oleskan pada luka sariawan.

4. Daun jambu biji

Daun jaumbu biji tidak hanya berkhasiat untuk pengobatan sakit perut saja, tapi terbukti sangat efektif untuk mengatasi sakit sariawan. Cara menggunakannnya cukup mudah yaitu dengan mengunyah beberapa helai daun jambu biji dan digunakan sebagai campuran dalam berkumur.

5. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt bisa memelihara keseimbangan bakteri yang ada di dalam mulut dan tubuh sehingga sariawan bisa sembuh lebih cepat. Mengkonsumsi yogurt secara teratur bisa juga sebagai pola pencegahan.

6. Konsumsi vitamin

Konsumsi asam folat, vitamin B dan vitamin C sangat berkhasiat dalam pencegahan dan sekaligus penyembuhan luka sariawan. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan berbagai vitamin tersebut.

7. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan kaya akan kandungan vitamin yang baik dan dibutuhkan tubuh, buah-buahan juga bisa sebagai obat untuk mengatasi keluhan sariawan. Beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sariawan adalah buah jeruk, tomat dan buah kaya vitamin C lainnya.

8. Baking soda dan garam

Anda juga bisa membuat ramuan alami menggunakan baking soda dan garam. Cara meraciknya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dengan air, kemudian bisa langsung dioleskan di luka karena sariawan. Biarkan khasiatnya meresap selama 10 menit dan membasuhnya dengan air bersih.

9. Buah pepaya dan bawang putih

Buah pepaya dan bawang putih bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan luka sariawan. Cara menggunakannya cukup dengan menempelkan salah satu bahan herbal tersebut di bagian luka sariawan.

10. Madu dan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri, sehingga sangat efektif dalam menyingkirkan luka sariawan. Untuk khasiat maksimal Anda bisa menambahkan madu dan mencampurkannya dengan merata. Setelah itu, bisa dioleskan di bagian yang terdapat luka sariawan. Sangat disarankan untuk menerapkan cara ini setiap akan tidur di malam hari.

10 Cara Alami Mengobati Sariawan di atas bisa anda coba untuk mengobati sariawan, bahan-bahan nya pun cukup mudah anda temukan. Ini adalah cara alami mengobati sariawan dengan aman tanpa obat-obatan atau bahan kimia. Semoga bermanfaat.
Komentar