Cara Mengaktifkan Repository PPA di elementary OS Loki

Cara Mengaktifkan Repository PPA di elementary OS Loki

Cara Enable PPA elementary OS Loki - Keputusan elementary OS menghindari penggunaan PPA pihak ketiga merupakan langkah baik untuk menjaga sistem operasi yang aman dengan aplikasi yang terintegrasi di AppCenter. eOS serius untuk hal ini, AppCenter menyediakan lebih banyak aplikasi gratis, Anda bisa download dan menginstallnya hanya dalam satu kali klik saja.

Cara Mengaktifkan Repository PPA di elementary OS Loki

PPA adalah repository non-resmi yang bertujuan untuk menampung aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh para pengembang program/software yang tidak termasuk ke dalam repository resmi. Maka, penting untuk mengaktifkan PPA di elementary OS Loki supaya aplikasi non-resmi bisa terpasang.

Mungkin Anda pernah mengalami ketika menginstall sebuah program aplikasi di linux (Ubuntu, Elementary OS, dll), ternyata aplikasi tersebut belum ada di repository official. Atau mendapatkan pesan error seperti sudo: add-apt-repository: command not found. Nah, mengaktifkan PPA di elementary OS Loki dapat memudahkan kita dalam menginstall aplikasi dari pihak ketiga. Mari ikuti langkah-langkahnya di randi.id.


Cara Mengaktifkan PPA di elementary OS Loki


Pertama, kita harus melakukan update dan upgrade. Buka Terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Selanjutnya, jalankan perintah berikut:

sudo apt install software-properties-common

Selesai. Sekarang Anda sudah bisa menambah PPA pihak ketiga di elementary OS Loki.


Masalah dengan apt-get update?


Jika Anda mengalami masalah saat menjalankan perintah apt-get update, mungkin harus menginstal ulang AppCenter, caranya:

Buka Terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo apt purge appcenter
sudo apt install appcenter
sudo apt update

Mengaktifkan PPA di elementary OS Loki sudah selesai, Anda bisa dengan mudah memasang dan menghapus repository dari pihak ketiga (tidak resmi) pada elementary OS Loki terbaru. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Cara Mengaktifkan Repository PPA di elementary OS Loki