5+ Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Susu kedelai merupakan susu olahan yang terbuat dari bahan kacang kedelai yang memiliki kandungan gizi tinggi. Susu ini juga bisa menjadi penganti ketika seseorang tidak menyukai susu sapi karena alergi atau yang lainya. Tidak hanya itu, susu kedelai juga mengandung lemak yang lebih rendah yang baik dikonsumsi untuk Anda yang menjalani program diet.

Kandungan gizi yang terdapat pada segelas susu kedelai terdiri dari 7 gr protein, 4 gr karbohidrat, 4,5 gr lemak dan bebas kolesterol. Protein yang terdapat pada susu kedelai sangat baik untuk pertumbuhan anak, meningkatkan imun pada tubuh dan memperbaiki sel jaringan tubuh yang sudah rusak.

Manfaat Susu Kedelai

Selain protein yang lengkap, susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh, diantaranya kalsium, zat besi, riboflavin, dan vitamin B1. Masih ada lagi manfaat susu kedelai yang lainnya bagi tubuh manusia, diantaranya sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Asam lemak tak jenuh tunggal ynag terkandung dalam susu kedelai mampu menghambat penyerapan lemak berlebih pada usus, selain itu jika anda mengkonsumsi susu kedelai maka anda akan merasakan efek kenyang yang lebih lama.

2. Baik bagi ibu hamil dan menyusui

Kandungan gizi yang sangat tinggi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dalam kandungan.

3. Menurunkan kolesterol

Berbeda dengan susu sapi yang memiliki lemak jenuh yang tinggi, susu kedelai memiliki lemak tak jenuh dan non kolesterol.

4. Mencegah kanker prostat

Kandunganphytoestrogen yang ada pada susu kedelai ini berfungsi sebagai penghambat produksi hormon testosteron pada pria yang berlebihan.

5. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang seiring bertambahnya umur. Jika anda sering mengkonsumsi susu kedelai maka resiko osteoporosis semakin turun karena kandungan fitostrogen membantu penyerapan kalsium lebih cepat pada tulang.

5. Membantu penderita autisme

Para penderita autisme disarankan agar mengkonsumsi susu kedelai agar mendapatkan protein, vitamin dan mineral tanpa mendapatkan efek seperti jika mengkonsumsi susu sapi.

6. Mencegah penyakit jantung koroner dan stroke

Kandungan vitamin E yang ada pada susu kedelai bisa membantu untuk pencegahan penyakit jantung koroner dan stroke, karena vitamin E ini berfungsi mencegah timbulnya penyumbatan pembuluh darah.

Demikian beberapa manfaat susu kedelai yang mungkin perlu anda ketahui, mengkosumsi susu kedelai secara rutin dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh anda.
Komentar