10+ Manfaat Membaca Buku untuk Kehidupan Sehari-hari

Banyak orang yang bilang bahwa buku adalah jendela dunia. Hal itu memang benar adanya, ada banyak sekali manfaat dari membaca buku. Pada postingan ini akan dibahas apa saja manfaat membaca buku untuk kehidupan sehari-hari. Buku mempunyai banyak sekali informasi dan pengetahuan yang bisa Anda ketahui. Makanya membaca buku seharusnya dijadikan kebiasaan sejak dini.

Manfaat Membaca Buku untuk Kehidupan Sehari-hari


Meski sekarang sudah bisa mendapatkan banyak informasi lewat internet tetap saja tidak ada yang bisa mengalahkan buku. Apa saja sebenarnya manfaat membaca buku? Langsung saja berikut ini daftarnya.

10+ Manfaat Membaca Buku untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Mengurangi Stress

Jika Anda lelah karena menjalani keseharian bisa saja menjadi sangat stres. Salah satu cara untuk bisa menghilangkannya adalah dengan membaca. Lakukan membaca selama beberapa menit sampai hormon kortisol penyebab stres bisa ditekan. Membaca juga bisa membuat tubuh rileks dan bain damai. Tekanan darah pun bisa dikurangi.

2. Menstimulasi Mental

Latihan otak sangat penting dilakukan supaya tetap sehat dan kuat. Otak adalah bagian yang penting untuk menggerakan seluruh tubuh. Membaca buku akan membuat otak selalu bekerja.

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Oleh karena otak bisa bekerja dengan lebih baik maka kualitas memori juga bisa meningkat. Ketika membaca otak akan berusaha mengingat kembali apa isi buku yang tadi dibaca sehingga otak harus bekerja terus menerus.

4. Menambah Kosakata

Dengan sering membaca maka akan ada banyak hal-hal baru yang diketahui. Itulah kenapa kosakata Anda bisa bertambah. Nantinya Anda bisa menyampaikan pendapat dengan lebih lugas karena sudah terbiasa menggunakan banyak kata-kata.

5. Menambah Pengetahuan

Ini adalah manfaat membaca buku yang paling utama. Berbagai informasi baru akan Anda dapatkan. Segala hal yang tadinya tidak diketahui bisa Anda dapatkan. Dengan lebih banyak pengetahuan yang dimiliki maka Anda bisa lebih baik dalam menghadapi tantangan hidup. Dengan pengetahuan juga Anda bisa memberikan banyak manfaat untuk orang lain. Membagi apa yang diketahui juga perbuatan yang sangat mulia.

6. Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Seseorang yang senang melakukan segala kegiatan intelektual serta kreatif penurunan fungsi kognitifnya akan lebih sedikit dibandingkan yang tidak melakukannya.

7. Meningkatkan Hubungan Sosial

Dengan banyak membaca maka segala aspek kehidupan sosial bisa Anda ketahui. Anda jadi bisa mengenal berbagai macam budaya, karakteristik, dan kehidupan dari berbagai daerah. Jika suatu saat nanti Anda berkunjung ke tempat dan sebelumnya sudah mengetahui segalanya lewat membaca maka bisa tahu bagaimana harus bersikap.

8. Memperluas Pemikiran

Tingkat kreativitas dari orang yang senang membaca akan meningkat karena pemikiran mereka lebih terbuka. Anda bisa membagi pengalaman dari segala hal yang telah dibaca kepada orang lain.

9. Melatih Konsentrasi dan Fokus

Manfaat membaca buku adalah melatih dua hal ini. Ketika membaca maka otak harus bekerja seperti ini. Supaya apa yang dibaca bisa masuk ke dalam pikiran dan berubah menjadi pengetahuan penting.

10. Melatih Keterampilan Berpikir

Dengan membaca pikiran bisa lebih kritis sehingga bisa menganalisa segala masalah yang akan Anda alami.

11. Meningkatkan Empati

Orang yang senang membaca buku bisa memahami perasaan orang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak membaca buku. Kualitas hubungan dengan orang lain jadi akan lebih baik.

12. Membantu Terhubung dengan Dunia Luar

Menurut penelitian, jika seseorang gemar membaca buku maka akan mengindentifikasi karakter yang ada di dalam buku yang sudah dibaca. Nantinya dia akan mengalami hubungan di dunia nyata dengan buku tersebut sehingga rasa inklusi meningkat.

Kurang lebih itulah 10+ manfaat membaca buku untuk kehidupan sehari-hari. Membaca buku sangat penting bagi kehidupan, jadi tunggu apalagi, kita harus memulai rajin membaca buku dari sekarang juga.
Komentar