Contoh Naskah Dongeng untuk Anak TK/PAUD

Contoh Naskah Dongeng untuk Anak TK/PAUD

Hallo Ibu-ibu Guru... Kali ini saya mau sapa para Ibu Guru TK/PAUD/RA atau KOBER (Kelompok Belajar), mungkin ada juga Bapak-bapak Guru TK-nya. hehe... Kok nyambung ke guru TK? Karena pada postingan kali ini saya akan bagikan artikel materi yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah TK / PAUD atau Kelompok Belajar yaitu tentang Contoh Naskah Dongeng Anak TK/PAUD.

Contoh Naskah Dongeng Anak TK/PAUD


Materi yang dibagikan adalah tentang Contoh Naskah Cerita Anak untuk TK/PAUD dengan tema Binatang dan Judul "Kelinci yang Sombong dan Sapi yang Baik Hati", Cerita atau naskah dongeng untuk anak TK ini juga bisa digunakan untuk bercerita tanpa alat atau sebagai lampiran makalah dalam lomba Kreativitas Guru TK.

Naskah Dongeng Anak TK/PAUD/RA/KOBER

Kelinci yang Sombong dan Sapi yang Baik Hati


Di sebuah hutan, hiduplah seekor Kelinci yang sombong.

"Assalamu’alaikum, perkenalkan namaku Cici, ... Hallo, aku Momo, ... dan aku Gaga."

"Akulah Cici hewan yang paling gagah, aku memiliki tubuh yang cantik. Aku pun bisa berlari dengan kencang, melebihi kecepatan pesawat manusia." Kata Cici dengan bangganya ia berkata sambil menengadahkan kepalanya.

"Heeeh... Heee...h! Horeeee...! Horeeee...!"
"Hidup Cici. Hidup si Kelinci gagah!!"

Keesokan harinya. Cici sedang asik memakan rumput, tiba-tiba terdengarlah suara krak-krak. Cici terperanjat kaget. "Hah, suara apa itu?" Rupanya Momo yang sedang makan daun-daun yang ada di atas pohon.

"Hai, Momo gendut! Apa yang bisa kamu andalkan dari dirimu? Kerjamu hanya makan saja, tidak berguna." Kata Cici dengan sombongnya. Momo pun tidak menjawab, dia terus saja makan dengan asik dan tidak memperdulikan apa kata Cici. Akhirnya Cici pun pergi meninggalkan Momo!

Suatu hari ketika Cici sedang asik menyendiri. Tiba-tiba terdengarlah raungan Serigala. "Aaaummm..! Aaaummm...!" Terkejutlah si Cici sambil menganga.

"Aaa... paa... yang kaaamu ii...nginkan?" Kala Cici sabil terbata-bata.

"Inilah rupanya Cici yang agah itu?" Kata Serigala. "Haha... Haha..." Cici ketakutan, lalu ia lari dengan sangat kencang. Ia menyeberangi jembatan kayu yang sudah rapuh.

"Hendak lari kemana kamu Kelinci Bodoh." Kata Serigala!

Tiba-tiba terdengar suara. "Biuuurrrrr..." Cici pun terjatuh ke dalam sungai, ia berteriak minta tolong.

"Tolooooong... tooo... loooo... ng...!!!"

"Ha... Ha... Ha...! Dasar Kelinci penakut." Kata Serigala.

Sementara di tepi sungai ada seekor Sapi sedang minum air. "Srumpuuuttt... Srumpuuuttt..." Tiba-tiba terdengar teriakan yang minta tolong.

"Tooloongg... Tooloongg..." Ternyata seekor Kelinci yang tercebur ke sungai. Sapi pun tidak pikir panjang lagi maka ditolonglah sang Kelinci.

"Sretttt..." diseret ke pinggir.

"Terimakasih atas pertolonganmu, Sapi." Kata Kelinci.

"Sama-sama, Kelinci." Kata Sapi.

"Maafkan aku atas kejadian kemarin." Kelinci berkata.

"Makanya lain kali kamu tidak boleh membanggakan dirimu sendiri dan harus berhati-hati." Kata Sapi.

"Iya, Sapi." Kata Kelinci.

"Terimakasih atas bantuanmu."

"Sama-sama." Sapi berkata.

Kelinci pun bersahabat dengan Sapi.

Suatu hari, seekor Kelinci dan seekor Sapi sedang berjalan-jalan sambil bernyanyi-nyanyi. "Kami adalah teman sejati selalu riang serta gembira. Lala... Lala... Lala... Lala..." Tiba-tiba terdengar suara raungan Serigala.

"Auummmm... Haha... Rupanya Kelinci bodoh ini masih hidup, kali ini tidak akan aku biarkan kamu lari." Kata Serigala.

Sambil langsung menyerang seekor Kelinci. "Auummmm..."

Sapi pun tidak tinggal diam, maka dihadangnya sang Serigala oleh Sapi. Hap, lalu sambil berkata. "Hai... pergilah kamu, jangan ganggu kami lagi."

Maka Serigala pun pergi meninggalkan mereka. Akhirnya berkat kerjasama Kelinci dan Sapi, Serigala tidak dapat memakan mereka.

Akhirnya cerita mereka pun hidup dengan tenang.

-- Selesai --

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan tentang Contoh Naskah Dongeng untuk Anak TK/PAUD, semooga bisa bermanfaat.

Contoh Naskah Dongeng untuk Anak TK/PAUD