Kenali Ciri dan Gejala Awal Sakit Jantung

Tanda Awal Terkena Sakit Jantung - Tubuh yang mudah lelah padahal tidak melakukan aktifitas berat dan rasa sesak nafas yang berlebihan adalah dua gejala yang mencirikan gejala awal penyakit jantung. Segeralah periksakan tubuh anda ke dokter.

Gejala mudah lelah yang muncul adalah pertanda umum penyakit jantung. Aktifitas sederhana yang anda lakukan namun membuat diri anda merasa sangat kelelahan adalah bentuk kompensasi jantung karena jantung bekerja lebih keras. Jika gejala tersebut anda abaikan, makan dapat berakibat fatal untuk kesehatan anda, atau bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak.

Ciri dan Gejala Awal Sakit Jantung

Ciri dan Gejala Awal Sakit Jantung


Karena kapasitas pompa jantung yang berkurang, darah dari paru-paru menumpuk di bilik kiri jantung. Hal ini mengakibatkan sesak nafas pada penderitanya. Pada awalnya, sesak nafas terjadi karena aktifitas fisik, karena pada saat itu tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga jantung harus bekerja lebih keras. Pada tahap berikutnya, sesak nafas akan terasa bahkan pada saat beristirahat.

Saat berbaring mendatar, rasa sesak atau tidak nyaman pun dapat melanda. Untuk mengetahui tingkat keparahan, dokter atau tenaga medis akan menanyakan banyaknya tumpukan bantal yang digunakan saat tidur agar merasa nyaman dan tidak merasa sesak nafas. Semakin banyak bantal yang digunakan, maka semakin tinggi tingkat keparahan sesak nafas yang dialami pasien tersebut.

Karena jantung tidak dapat optimal memompakan darah dari paru-paru keseluruh tubuh, darah menumpuk dalam pembuluh darah paru sehingga merembes ke aveoli. Hal ini mengakibatkan endema paru (akumulasi cairan dalam paru-paru). Jika hal ini terjadi, penderita akan sering merasakan batuk-batuk hingga mengeluarkan dahak dengan darah.

Pembesaran pembuluh darah dileher merupakan akibat dari penumpukan darah, atau akumulasi cairan antara paru-paru dengan dinding dada yang disebut juga efusi pleura. Jika kondisi ini terjadi, akan mengakibatkan rasa nyeri dada dan sesak nafas. Terhambatkan aliran darah di perut, hal ini menyebabkan hepatomegaly atau pembesaran hati atau mungkin splenomegaly atau pembesaran limpa.

Hal tersebut akan menyebabkan keterbatasan fungsi organ organ tubuh tersebut. Hal yang sering terjadi, yakni saat aliran empedu terhambat sehingga menimbulkan penyakit kuning. Pada kasus pada tahap parah, retensi cairan yang terjadi pada dalam perut membuat perut membusung, hal ini disebut sebagai ascites.

Demikian informasi seputar kesehatan tentang mengenali ciri dan gejala awal sakit jantung, jaga jantung Anda agar tetap sehat dan kenali tanda awal sakit jantung.

Kenali Ciri dan Gejala Awal Sakit Jantung