Cara Membuat Sub Domain di Blogspot Blogger Tanpa CPanel

Cara Membuat Sub Domain di Blogspot Blogger Tanpa CPanel

Membuat Sub Domain di Blogger - Apakah bisa membuat sub domain tanpa Control Panel Hosting? Pertanyaan ini mungkin muncul daru Anda yang memiliki domain tanpa memiliki hosting di penyedia layanan. Dan jawabannya, tentu saja bisa. Anda bisa membuat subdomain tanpa menggunakan CPanel hosting dan menggunakannya di blogspot dan custom domain blogger.

Jika Anda yang sudah memiliki blog blogspot di Blogger dan sudah menggunakan custom domain TLD (Top Level Domain), Anda bisa membuat sub domain dari custom domain blogspot tersebut untuk digunakan pada blog lain.

Cara Membuat Sub Domain untuk Blogger di Niagahoster Tanpa CPanel

Apa bila Anda ingin membuat blog dengan nich khusus yang ingin dikembangkan dari domain utama blog Anda, sub domain sangat tepat untuk digunakan sebagai alamat blog Anda.

Dengan sub domain Anda bisa membuat banyak blog dengan tema-tema tertentu dan khusus yang terpisah dari blog utama Anda dengan menggunakan sub domain dari satu domain saja. Tentu saja ini dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membeli domain untuk blog baru.

Contohnya, saya memiliki sebuah blog utama dengan alamat domain https://www.randi.id dan ingin membuat blog niche khusus tentang kesehatan, maka saya bisa membuat sub domain https://kesehatan.randi.id, atau membuat sebuah blog toko online seperti contohnya https://lapak.randi.id.

Lalu, bagaimana cara membuat sub domain pada blogger blogspot di di Niagahoster tanpa menggunakan CPanel Hosting?

Tutorial ini tidak khusus untuk pengguna layanan Niagahoster, langkah-langkah cara membuat sub domain dari custom domain Blogger di bawah ini bisa Anda lakukan pada layanan domain dan hosting lainnya seperti hostinger.co.id, 000webhost.com, rumahweb.com, jagoanhosting.com, atau layanan lainnya.

Membuat Sub Domain di blogspot


Karena saya menggunakan layanan domain dari niagahoster.co.id, pada tutorial ini saya berikan contoh cara membuat sub domain dari domain blogspot blogger.com yang sudah di custom domain TLD di niagahoster.co.id.
  1. Silahkan masuk ke dashboard atau member area domain Anda ( https://niagahoster.co.id )
  2. Masuk ke Hosting & Domain lalu pada menu Domain pilih domain yang akan dibuat sub domain lalu klik Kelola.
  3. Masuk ke tab menu DNS Management, kemudian klik Add New Record.
  4. Pilih CName pada Record Type lalu pada kolom Sub Domain masukkan sub domain yang diinginkan ( misalnya: lapak ), kemudian isi kolom Hostname dengan ghs.google.com.
  5. Membuat Sub Domain untuk Blogger Tanpa CPanel
  6. Selanjutnya simpan pengaturan dengan klik Save changes

Contoh pengaturan di atas saya membuat 1 sub domain dari domain utama randi.id yaitu dengan nama sub domain lapak dan hasil akhirnya menjadi alamat sub domain lapak.randi.id.

Untuk membuat sub domain dan pengaturan sub domain untuk costom domain Blogger di niagahoster hanya itu saja yang perlu kita lakukan. Selanjutnya kita tunggu proses sub domain itu selesai di proses oleh pihak niagahoster.co.id.

Memasang sub domain di blogspot blogger


Langkah selanjutnya adalah menghubungkan sub domain yang telah kita buat tadi ke blogspot yang akan dijadikan sub domain. Untuk memasang sub domain tersebut perlu mengaturnya di blogger.com.

Masuk ke dashboard Blogger Anda lalu pilih Setelan > Dasar, pada Alamat Blog klik tulisan + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda.

Membuat Sub Domain untuk Blogger Tanpa CPanel

Masukan sub domain yang sudah Anda buat pada kolom yang disediakan seperti contoh di atas, kemudian klik Simpan.

Selesai, pembuatan sub-domain di blogger pada Niagahoster tanpa CPanel berhasil dibuat, kini blog Anda sudah menggunakan sub domain. Untuk mendapatkan status keamanan pada blog sub domain tersebut akhifkan HTTPS-nya.

Demikian semoga langkah-langkah dari tutorial tentang cara membuat sub domain dari custom domain blogspot di atas bisa dengan mudah dipahami dan diikuti serta berhasil memasang subdomain di blogspot.

Cara Membuat Sub Domain di Blogspot Blogger Tanpa CPanel
  1. wah keren nih Suhu, tengkyu ya!

    BalasHapus
  2. Saya nyoba gak bisa di simpan terus, apakah ada yang salah ya..

    BalasHapus
  3. thanks infonya bg.

    https://tito-techno.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Thanks bro work sudah ku coba, ternyata hanya dengan satu langkah itu aja ya lgsg jdi. Btw kira-kira berapa ya total sub domain yg bisa ditambahkan? dan sub domain dapat mempengaruhi kecepatan domain utama?
    Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bro. Untuk maksimal sub-domain mungkin ada di ketentuan penyedia layanan. Sub-domain juga tidak mempengeruhi speed domain utama.

      Hapus