Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya

Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya
5 Penyebab Kanker Paru pada Bukan Perokok - Rokok merupakan penyebab kanker paru yang tidak perlu diragukan lagi, tetapi tidak semua kasus kanker paru diidap oleh perokok atau mantan perokok. Hasil survey mengungkapkan hampir 10% dari kasus kanker paru dialami oleh orang yang tidak merokok.

5 Penyebab Kanker Paru Pada Orang Bukan Perokok

Orang yang bukan perokok bisa mengidap kanker paru karena berbagai sebab. Seperti dilansir dari detikhealth, berikut ini hal-hal yang dapat membuat bukan perokok mengidap kanker paru:

1. Menjadi Perokok Pasif

Menghisap atau menghirup asap rokok yang dihembuskan seorang perokok adalah salah satu faktor berisiko untuk berkembangnya kanker paru. Jika seseorang tinggal di lingkungan perokok memiliki peningkatan risiko 24% lebih besar mengidap kanker paru dibandingkan dengan orang yang tinggal di lingkungan tanpa ada asap rokok.

Untuk negara Amerika sendiri sekitar 3000 kematian akibat kanker paru tiap tahun disebabkan karena menajdi perokok pasif.

2. Gas Radon

Apakah gas radon itu?. Gas radon adalah gas alami yang terbentuk saat kandungan uranium mulai membusuk. Ada sekitar 12 persen dari total kasus kanker paru di Amerika serikat diduga akibat ekspos terhadap gas radon. Sumber dari gas radon umumnya berasal dari kandungan uranium di dalam tanah dapat merambat melalui tanah dan memasuki rumah melalui celah-celah di dasar pipa, irigasi, saluran air, maupun lubang lainnya.

Sifat gas radon ini tidak berwarna dan tidak berbau sehingga untuk mendeteksinya diperlukan alat khusus.

3. Polusi Udara

Bisa berasal dari kendaraan, pembangkit listrik atau industri. Semua hal tersebut dikatakan peneliti dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap kanker paru-paru.

4. Asbestos

Sering juga di sebut asbes, Asbestot merupakan serat mineral silika yang biasanya digunakan pada bahan bangunan. Untuk bagunan, biasanya asbes digunakan sebagai bahan insulasi suara maupun panas. Bahan mikroskopis asbes namun dapat terhirup dan menyebabkan kanker paru dan kanker lain yang bernama mesothelioma.

Untuk pekerja bagunan yang terekspos asbes lima kali lebih berisiko mengidap kanker paru dibandingkan orang yang tidak merokok pada umumnya. Saat ini asbes jarang digunakan untuk bangunan dan di Amerika penggunaannya sudah dilarang.

5. Keturunan

Maka dari itu, tidak semua perokok mengidap kanker paru-paru. Ada kemungkinan lain bahwa faktor-faktor seperti kerentanan genetik individu dianggap memainkan peran dalam penyebab kanker paru-paru.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kanker paru lebih mungkin terjadi pada orang merokok dan tidak merokok jika ada kerabat mereka yang telah mengidap kanker paru sebelumnya.

Diprediksi sekitar 2000 kematian akibat kanker paru-paru per tahun mungkin disebabkan menghirup udara tercemar. Tidak sedikit ahli yang percaya bahwa kontak yang terlalu lama dengan udara yang sangat tercemar memiliki risiko kanker paru-paru mirip dengan merokok pasif.

Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru! Inilah 5 Penyebabnya