3 Cara Paling Ampuh Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi

Semua orang tentu perlu mempertimbangkan menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik, dan banyak hal perlu dilakukan. Setiap bagian tubuh manusia membutuhkan perawatan tersendiri supaya terjaga kesehatannya dan berfungsi dengan baik, misalnya saja menjaga kesehatan mata tentu berbeda dengan cara kita menjaga kesehatan gigi, telinga, dan lain sebagainya. Sehingga banyak PR yang harus diselesaikan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3 Cara Paling Ampuh Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi


3 Cara Paling Ampuh Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi

Gigi merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya, sebab rentan terjadi gigi berlubang. Rasa sakitnya luar biasa dan menjadikan proses pencernaan makanan bermasalah, dan berikut kiat mudah merawatnya:

1. Rajin menyikat gigi

Kebersihan gigi menjadi sangat utama untuk diperhatikan sebagai upaya menjaga kebersihannya sehingga bebas plak, karang gigi, dan gigi berlubang. Usahakan menggosok gigi dengan gerakan yang benar sekaligus teratur, minimal pagi dan malam sebelum tidur. Jika memungkinkan lakukan setiap habis makan sehingga sisa makanan benar-benar lenyap dari gigi dan mulut.

2. Usahakan berkumur dengan mouthwash

Membersihkan gigi secara sempurna ternyata tidak cukup hanya menggunakan sikat dan pasta gigi, perlu dituntaskan dengan mouthwash atau cairan kumur. Pilih cairan khusus berkumur yang mengandung antiseptik sehingga mampu mencegah penumpukan plak penyebab karang gigi. Berkumur dengan cairan khusus juga membantu menjaga bau nafas selalu segar sehingga perlu dijadikan kebiasaan.

Apabila mendapati ada bagian gigi maupun gusi yang terluka maka pilih cairan berkumur yang mengandung antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

3. Batasi jenis makanan tertentu

Membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi kita dianjurkan untuk mengunyah permen karet sehingga membersihkan gigi dengan maksimal. Namun, ada beberapa jenis makanan yang justru perlu dihindari atau dibatasi porsinya supaya tidak merusak gigi.

Bagi yang sangat memperhatikan kesehatan gigi dan gusi pertimbangkan untuk mengurangi ataupun menghindari makanan terlalu manis dan asam. Kemudian hindari kebiasaan minum kopi berlebihan serta merokok sebab membuat gigi mengalami noda yang hanya bisa dibersihkan lewat dokter gigi.

Demikian informasi kesehatan tentang 3 cara paling ampuh menjaga kesehatan dan kebersihan gigi yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat.
Komentar