Modul: Belajar elementary OS (Panduan Lengkap)

Postingan ini saya buat sebagai halaman utama untuk Modul: Belajar elementary OS (Panduan Lengkap) sebagai pusat dari informasi seputar tentang sistem operasi elementary OS. Tujuan dari dibuatnya Modul: Belajar elementary OS (Panduan Lengkap) untuk membantu teman-teman yang ingin mempelajari elementary OS atau ingin hijrah dari sistem operasi Windows ke Linux.

Daftar isi:
  1. Apa itu elementary OS?
  2. Mulai Belajar elementary OS

Modul Belajar elementary OS Lengkap

elementary OS menjadi salah satu alternatif dan rekomendasi bagi yang ingin mencoba menggunakan sistem operasi Linux sebagai operasi sistem utama di komputer atau laptop. elementary OS memiliki tapilan tempilan yang sangat indah dan fresh seperti layaknya OSX, kinerja yang cukup baik dan ringan serta dukungan pengembang.

Panduan Lengkap Belajar elementary OS untuk Pemula
Modul elementary OS

Pada Modul Belajar elementary OS Lengkap ini berisi seputar OS elementary, mulai dari informasi tentang elementary OS, cara menginstall elementary OS, install aplikasi di elementary OS, kostumisasi di elementary OS, dan lain sebagainya.

Apa itu elementary OS?

Diambil dari Wikipedia - elementary OS merupakan sebuah distro linux berbasiskan Ubuntu. Distro ini menggunakan desktop manager-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), peramban web Midori, dan Scratch (Teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Window Managernya, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager.

Distro ini pada awalnya bermula dari sepaket tema dan aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk Ubuntu, namun kemudian berubah fungsi menjadi sebuah distro linux tersendiri. Sebagai turunan dari Ubuntu, distro ini kompatibel dengan repositori dan paket-paket milik Ubuntu. Distro ini juga menggunakan software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun software center elemetary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibuat agar terlihat intuitif bagi pengguna-pengguna baru tanpa menggunakan banyak sumber daya dan dengan desain yang serupa dengan sistem operasi OS X dari Apple.

Modul Belajar elementary OS (Panduan Lengkap)
tampilan elementary OS Loki

Distro elementary OS bisa menjadi solusi sebagai sistem operasi pengganti Windows. Selain antarmuka yang sangat cantik, elementary OS memberikan pengalaman baru dalam mengoperasi sistem operasi komputer yang gratis.

Mulai Belajar elementary OS

Modul belajar elementary OS lengkap ini saya buat dengan materi sangat dasar hingga tahap lanjut dan ditulis dengan tulisan yang sederhana agar bisa dipahami dan diikuti secara bertahap baik untuk pemula di elementary OS maupun yang sudah mahir.
  1. Cara Install elementary OS (Panduan Lengkap)
    • Persyaratan sistem minimum
    • Download elementary OS
    • Membuat penginstalan USB di Windows
    • Mulai menginstall elementary OS
  2. Setelah Install elementary OS - (Segera)
  3. Install Aplikasi Standar untuk elementary OS - (Segera)
  4. Cara Install Tweak di elementary OS - (Segera)
  5. Cara Memasang Tema dan Ikon di elementary OS - (Segera)
  6. Mempercantik Tampilan elementary OS - (Segera)

Daftar modul belajar dan tutorial elementary OS di atas cukup lengkap dan terstruktur. Jika ada perbaikan dan pembaruan tentang elementary OS akan dilakukan update artikel. Semoga postingan belajar elementary OS ini bisa membantu dan bermanfaat.

Modul: Belajar elementary OS (Panduan Lengkap)