Cara Memasang Tema dan Font Pihak Ketiga di Xiaomi MIUI 9.5 Terbaru TANPA ROOT

Cara Memasang Tema dan Font Pihak Ketiga di Xiaomi MIUI 9.5 Terbaru TANPA ROOT

Apply Theme 3rd Party on MIUI 9
Cara Pasang Tema Pihak Ketiga di MIUI 9.5 - Xiaomi baru saja menggulirkan update terbaru untuk sistem operasi Android mereka, yaitu MIUI. Update terbaru MIUI saat ini sudah memasuki pada versi 9.5. Banyak fitur menarik yang dibawa pada update pembaruan versi MIUI 9.5 Global Stabil, salah satunya fitur quick reply yang merupakan fitur terbarukan.

Update terbaru dari MIUI 9 9.5 digulirkan hampir secara merata dan bersama pada semua jenis perangkat smartphone Xiaomi.

Update MIUI 9.5 membawa banyak fitur dan perbaikan. Selain itu, update versi 9.5 juga membawa performa sistem yang sangat maksimal. Selain fitur menarik seperti quick reply, yang terbaru dari MIUI 9.5 adalah juga hadirnya fitur Game Boost yang merupakan sebuah fitur untuk mengoptimalkan ponsel dalam mode game.

Tetapi, tidak sedikit user yang menyesal telah update ke versi MIUI 9.5 terbaru tersebut. Kenapa? Alasan yang sangat banyak dikeluhkan oleh pengguna MIUI 9.5 adalah pada versi tersebut sudah tidak support tema pihak ketiga. Aplikasi Mi Theme Editor yang menjadi satu-satunya alat bagi pengguna MIUI Global Stabil, tidak bisa menerapkan tema pada MIUI 9.5 terbaru.

Jadi, setelah digulirkannya update MIUI 9.5 terbaru membawa sebuah permasalahan baru yaitu tidak bisa menerapkan tema 3rd party. Error 402 saat menerapkan tema pihak ketiga. Dan, force close saat impor tema.

Oke langsung saja. Berikut ini saya coba bagikan solusi dan cara memasang tema dan font pihak ketiga di MIUI 9.5 terbaru tanpa root dan ubl.


Cara Memasang Tema dan Font Pihak Ketiga di Xiaomi MIUI 9.5 Terbaru

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah cara menerapkan tema pihak ketiga di MIUI 9.5, teman-teman harus sudah menyiapkan peralatan berikut:
  1. Tema dan atau font dengan jenis file .MTZ
  2. Aplikasi MiRape

Untuk memudahkan teman-teman, berikut saya siapkan tema dan file yang saya gunakan pada tutorial ini, seperti: tema iOS Alakadarnya 11.2.1 Center Clock atau jam di tengah untuk ukuran layar 5inchi dan file MiRape.apk.

Link download:


Cara memasang tema pihak ketiga di MIUI 9.5

  1. Buka File Manager, kemudian ganti ekstensi file tema dari .MTZ menjadi .ZIP dengan cara me-rename.
  2. Ekstrak file tema dengan ekstensi .ZIP tersebut.
  3. Install aplikasi MiRape.
  4. Buka aplikasi MiRape > pilih Titik Tiga di bagian atas kanan > New Project.
  5. Isi data dari tema seperti: Title, Designer, Author, Version, uiVersion, dan Description. Bisa diisi dengan data sembarang.
  6. Jika sudah diisi, selanjutnya SAVE, dan kembali.
  7. Tap tema yang dibuat, pilih Edit Project > pilih Titik Tiga di bagian atas kanan > Import File. Cari tema yang sudah di ekstrak tadi, pilih semua file yang ada di folder tema tersebut kecuali file description.xml, kembali.
  8. Masih di Edit Project, pilih Titik Tiga di bagian atas kanan > Import Folder. Cari tema yang sudah di ekstrak tadi, pilih folder Wallpaper saja, kemudian OK.
  9. Tap lagi tema yang dibuat, pilih Pack to MTZ. Tunggu proses pack ke mtz selesai, jika ukuran file tema besar maka prosesnya juga rada lama.
  10. Pilih APPLY untuk menerapkan tema.
  11. Selesai

Selamat, sekarang tema dari pihak ketiga bisa dipasang di MIUI 9.5 tanpa harus root atau pasang twrp.


CATATAN

Cara ini masih belum sempurna, terkadang tema kembali ke semula atau default. Tapi, untuk saat ini adalah salah satu cara.

Nah, tema pihak ketiga sudah bisa kita pasang di MIUI 9.5 terbaru, selanjutnya cara memasang font 3rd party nya.

Cara memasang font unicode pihak ketiga di MIUI 9.5

  1. Pertama, pastikan teman-teman sudah memiliki font yang akan dipasangkan, file fontnya harus berbentuk .mtz. Kalo belum punya, font unicode keren untuk MIUI bisa dicari pada blog ini.
  2. Buka aplikasi MiRape > pilih Titik Tiga di bagian atas kanan > Open mtz file.
  3. Tap font tersebut, pilih Pack to MTZ. Tunggu proses pack ke mtz selesai, jika ukuran file font besar maka prosesnya juga rada lama.
  4. Pilih APPLY untuk menerapkan font.
  5. Reboot atau restart agar font terpasang.
  6. Selesai

Sekarang, tema dan font dari pihak ketiga sudah bisa dipasang di MIUI 9.5 terbaru.

Apabila tutorial di atas kurang jelas, teman-teman bisa ikuti langkah-langkah pasang tema pihak ke tiga di MIUI 9.5 dengan video berikut:


Demikian trik dan cara menerapkan tema pihak ketiga di MIUI 9.5 terbaru. Cara ini adalah cara satu-satunya yang bisa digunakan untuk memasang theme third-party. Apabila ada cara terbaru akan di update pada blog ini.

Selamat mencoba dan semoga sukses.
Lihat KomentarTutup Komentar

73 Komentar

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel