
Pengertian dan Fungsi Opsi di NVIDIA Control Panel
Ambient Occlusion
Berfungsi untuk menambah tingkat detail ambience lighting, shadow akan lebih banyak, lebih bagus dan lebih dalam. Di dalam pengaturan game, Ambient Occlusion biasanya diberi nama SSAO. Efek Ambient Occlusion termasuk efek yang cukup berat dalam game, jika memiliki GPU High-End Anda bisa mengaktifkan dengan memilih opsi: Perforance atau Quality. Sedangkan untuk GPU Low-Mid agar mendapat performa yang bagus, pilih opsi Off saja.Anistropic Filtering
Berfungsi untuk membuat semua tekstur image 2D yang meliputi semua objek 3D menjadi lebih detail. Semakin tinggi AF maka semakin detail dan tajam teksturnya, sedangkan jika AF-nya rendah beberapa tektur menjadi buram.Antialiasing - FXAA
FXAA atau Fast Approximate Anti-Aliasing, adalah metode Anti-Aliasing terbaru kreasi NVIDIA. Opsi ini hanya dapat digunakan jika game tersebut menyediakan menu untuk mengaktifkannya. Setahun setelah diperkenalkan nya metode ini sudah ada lima belas judul game yang dapat mengaplikasikan metode Anti-Aliasing FXAA ini, dan untuk saat ini sudah ada ratusan game yang dapat menggunakan feature FXAA. Fungsi FXAA untuk menambah kualitas kedetailan dari sebuah game.Antialiasing - Gamma Correction
Opsi ini hanya ada pada VGA generasi terbaru seperti seri VGA 7800 atau yang lebih baru. Fungsinya untuk menghasilkan kualitas warna dan yang baik dan membantu menghilangkan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak).Antialiasing - Mode
Berfungsi untuk menghaluskan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak) menjadi terlihat lebih halus (smooth). Terdapat dua opsi yang bisa dipilih, Enhance the Application Setting dan Override any application setting. Dari perbandingan, kedua opsi tersebut tidak terlalu signifikan perbedaannya.Antialiasing - Setting
Berfungsi untuk mendapatkan keseimbangan antara hasil gambar yang bagus dan frame-rate yang maksimal. Anda bisa mencoba beberapa opsi sebagai perbandingan, seperti: 2x, 4x, 8x, ...Antialiasing - Transparency
Berfungsi untuk menghaluskan tepi bergerigi dengan cara membuat tekstur menjadi transparan. Tekstur akan terlihat lebih menjadi transparan sehingga tepi bergerigi kurang terlihat membuat gambar lebih halus.Maximum Pre-rendered Frames
Berfungsi untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang frame yang sedang diproses.Multi-display/Mixed-GPU Acceleration
Berfungsi untuk mengakselerasi GPU dengan monitor. Jika menggunakan 1 monitor, pilih Single Display Performance, dan jika menggunakan monitor 2 atau lebih, pilih Multiple Display Performance Mode. Opsi lainnya bisa Anda pilih Compatibilty Performance Mod untuk hasil yang direkomendasikan.Power Management Mode
Fungsinya untuk memaksimalkan GPU anda dengan bantuan batre, untuk pengguna PC pilih Prefer Maximum Performance, dan untuk pengguna Laptop bisa pilih opsi Adaptiv" atau Optimal Power.Texture Filtering - Anistropic Sample Optimisation
Berfungsi untuk memaksimalkan Ambient Occlusion. opsi ini bisa diatur jika setting Texture Filtering - Quality di setting ke High Quality.Texture Filtering - Negative LOD Bias
Berfungsi untuk memempertajam gambar. Opsi LOD atau Level of Detail bisa disetting Clamp untuk mendapatkan gambar yang tajam, dan opsi Allo" jika memiliki frame-rate yang rendah.Texture Filtering - Quality
Berfungsi untuk menentukan tingkat Anistropic dan Trilinear filtering. Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda coba untuk GPU yang Anda miliki.Texture Filtering - Trilinear Optimization
Berfungsi untuk meningkatkan Anistropic dan Trilinear filtering. Jika opsi Texture filtering - QualityAnda tidak memilih opsi High Quality, maka settingan ini bisa diatur ke ON atau OFF.