Pengertian dan Fungsi Opsi di NVIDIA Control Panel

Pengertian dan Fungsi Opsi di NVIDIA Control Panel - Bagi pengguna kartu grafis NVIDIA yang ingin mengoptimalkan NVIDIA Anda untuk menghasilkan performa game yang maksimal di pengaturan NVDIA Control Panel, berikut beberapa istilah dan pengertian juga fungsi dari opsi yang terdapat pada NVIDIA Control Panel.


Pengertian dan Fungsi Opsi di NVIDIA Control Panel


Ambient Occlusion

Berfungsi untuk menambah tingkat detail ambience lighting, shadow akan lebih banyak, lebih bagus dan lebih dalam. Di dalam pengaturan game, Ambient Occlusion biasanya diberi nama SSAO. Efek Ambient Occlusion termasuk efek yang cukup berat dalam game, jika memiliki GPU High-End Anda bisa mengaktifkan dengan memilih opsi: Perforance atau Quality. Sedangkan untuk GPU Low-Mid agar mendapat performa yang bagus, pilih opsi Off saja.

Anistropic Filtering

Berfungsi untuk membuat semua tekstur image 2D yang meliputi semua objek 3D menjadi lebih detail. Semakin tinggi AF maka semakin detail dan tajam teksturnya, sedangkan jika AF-nya rendah beberapa tektur menjadi buram.

Antialiasing - FXAA

FXAA atau Fast Approximate Anti-Aliasing, adalah metode Anti-Aliasing terbaru kreasi NVIDIA. Opsi ini hanya dapat digunakan jika game tersebut menyediakan menu untuk mengaktifkannya. Setahun setelah diperkenalkan nya metode ini sudah ada lima belas judul game yang dapat mengaplikasikan metode Anti-Aliasing FXAA ini, dan untuk saat ini sudah ada ratusan game yang dapat menggunakan feature FXAA. Fungsi FXAA untuk menambah kualitas kedetailan  dari sebuah game.

Antialiasing - Gamma Correction

Opsi ini hanya ada pada VGA generasi terbaru seperti seri VGA 7800 atau yang lebih baru. Fungsinya untuk menghasilkan kualitas warna dan yang baik dan membantu menghilangkan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak).

Antialiasing - Mode

Berfungsi untuk menghaluskan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak) menjadi terlihat lebih halus (smooth). Terdapat dua opsi yang bisa dipilih, Enhance the Application Setting dan Override any application setting. Dari perbandingan, kedua opsi tersebut tidak terlalu signifikan perbedaannya.

Antialiasing - Setting

Berfungsi untuk mendapatkan keseimbangan antara hasil gambar yang bagus dan frame-rate yang maksimal. Anda bisa mencoba beberapa opsi sebagai perbandingan, seperti: 2x, 4x, 8x, ...

Antialiasing - Transparency 

Berfungsi untuk menghaluskan tepi bergerigi dengan cara membuat tekstur menjadi transparan. Tekstur akan terlihat lebih menjadi transparan sehingga tepi bergerigi kurang terlihat membuat gambar lebih halus.

Maximum Pre-rendered Frames

Berfungsi untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang frame yang sedang diproses.

Multi-display/Mixed-GPU Acceleration

Berfungsi untuk mengakselerasi GPU dengan monitor. Jika menggunakan 1 monitor, pilih Single Display Performance, dan jika menggunakan monitor 2 atau lebih, pilih Multiple Display Performance Mode. Opsi lainnya bisa Anda pilih Compatibilty Performance Mod untuk hasil yang direkomendasikan.

Power Management Mode

Fungsinya untuk memaksimalkan GPU anda dengan bantuan batre, untuk pengguna PC pilih Prefer Maximum Performance, dan untuk pengguna Laptop bisa pilih opsi Adaptiv" atau Optimal Power.

Texture Filtering - Anistropic Sample Optimisation

Berfungsi untuk memaksimalkan Ambient Occlusion. opsi ini bisa diatur jika setting Texture Filtering - Quality di setting ke High Quality.

Texture Filtering - Negative LOD Bias

Berfungsi untuk memempertajam gambar. Opsi LOD atau Level of Detail bisa disetting Clamp untuk mendapatkan gambar yang tajam, dan opsi Allo" jika memiliki frame-rate yang rendah.

Texture Filtering - Quality

Berfungsi untuk menentukan tingkat Anistropic dan Trilinear filtering. Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda coba untuk GPU yang Anda miliki.

Texture Filtering - Trilinear Optimization

Berfungsi untuk meningkatkan Anistropic dan Trilinear filtering. Jika opsi Texture filtering - Quality

Anda tidak memilih opsi High Quality, maka settingan ini bisa diatur ke ON atau OFF.

Threaded Optimization

Berfungsi untuk memaksimalkan kinerja multithread untuk semua game 3D. Jika menggunakan processor Multi-Core atau Multi-Thread, sebaiknya pilih opsi On atau Auto.

Triple Buffering

Berfungsi untuk memproses sebuah adegan frame selanjutnya sebelum ditampilkan ke layar, biasanya frame-frame yang telah diproses disimpan di memory VRAM dalam bentuk framebuffer. Fitur ini memanfaatkan resource komputasi GPU yang masih kosong untuk mengerjakan adegan frame selanjunya sehingga dapat meningkatkan gambar dan gambar terlihat bergerak lebih halus.

Vertical Sync

Vertical Syncronization berfungsi untuk menyamakan atau 'menyingkron garis vertikal' framerate game dengan refresh rate monitor. Umumnya, framerate sebuah monitor adalah 60fps dengan settingan 60Hz. Jika V-Sync dimatikan, biasanya ada frame-frame game yang ter-skip dan terlihat tidak smooth.

Pengertian dan Fungsi Opsi di NVIDIA Control Panel