Apa Itu Matched Content Adsense? Begini Cara Mendapatkannya

Apa Itu Matched Content Adsense? Begini Cara Mendapatkannya - Masih seputar Adsense, saya ingin menggali lebih dalam dan membagikan informasi-informasi yang saya anggap penting yang perlu dibagikan mengenai Google Adsense, baik dari segi optimasi, pengertian dan penggunaan unit iklan juga cara pemasangan unit iklan Adsense di dalam blog.

Pada postingan ini saya coba berikan sedikit informasi yang bisa saya sampaikan walaupun dengan bahasa yang tidak karuan yaitu dengan judul Apa itu Matched Content? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Tampilan Matched Content Adsense pada blog

Apa itu iklan Matched Content Adsense? 

Matched Content adalah salah satu jenis unit iklan gratis tebraru yang tersedia di Adsense yang bisa digunakan sebagai alat rekomendasi yang menawarkan cara mudah untuk merekomendasikan konten yang ada di dalam blog atau website kepada pengunjung. Dengan dipasangkannya unit iklan Matched Content di dalam blog dapat meningkatkan tampilan laman situs sehingga waktu yang dihabiskan pengunjung berada di dalam blog akan semakin lama dan tentu saja ini akan berpengaruh pada penghasilan iklan yang ada di blog tersebut.

Sesuai dengan nama unit iklan tersebut yaiut Matched Content yang artinya Konten Yang Sesuai. Jenis iklan ini memiliki tampilan yang berbeda dengan jenis unit iklan lainnya yang terdapat di Adsense. Matched Content merupakan jenis iklan responsive yang mampu beradaptasi dengan konten yang terdapat di dalam blog atau website tersebut.

Jika dipasangkan di dalam blog atau website, unit ini akan terlihat seperti tampilan atau widget Popular Posts atau Recent Posts dari blog karena memiliki tampilan yang menyerupai postingan populer atau postingan terbaru, padahal itu merupakan jenis iklan Matched Content.

Iklan jenis Matched Content banyak digunakan oleh para blogger di dalam situs mereka karena iklan jenis ini bisa menarik perhatian pengunjung hingga betah berlama-lama berada di dalam blog.

Baca juga: Cara Upgrade Akun Adsense Hosted ke Non Hosted

Tujuan iklan Matched Content

Iklan Matched Content diberikan kepada pengguna Adsense untuk menarik minat pengunjung agar memberikan banyak waktunya berlama-lama berada di dalam blog tersebut dengan menjelajahi artikel demi artikel yang ditayangkan oleh Matched Content.

Banyak orang beranggapan (termasuk saya) pada awal-awal mengenal unit Matched Content, adalah merupakan jenis iklan yang dapat menghasilkan untuk setiap klik dari Matched Content. Sudah dijelaskan pada paragraf pertama tentang tujuan unit Matched Content adalah untuk mempermudah pengguna blog dalam mempromosikan konten mereka agar mudah ditemukan oleh pembaca atau pengunjung.

Akan tetapi bukan tidak mungkin jika sobat bisa mendapatkan penghasilan dari Matched Content tersebut karena semakin banyak tayangan blog maka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan dari iklan. Dari informasi lain, untuk kategori suatu situs atau website tertentu, setiap klik dari Matched Content memiliki iklan dan bisa memberikan penghasilan.


Cara mendapatkan unit iklan Matched Content dari Adsense

Untuk mendapatkan jenis unit iklan Matched Content dari Adsense caranya cukup mudah dengan tanpa persyaratan yang tidak terlalu rumit. Matched Content diberikan oleh Adsense kepada akun yang memiliki blog atau situs dengan reputasi baik, baik dari banyak dan sisi konten atau artikel juga dari jumlah pengunjung setiap harinya. Adsense memberikan hadiah berupa unit iklan Matched Content rata-rata kepada blog yang memiliki postingan kurang lebih 50 sampai dengan 100 artikel dan dengan pengunjung rata-rata setiap harinya 500 sampai dengan 1000 visitor.

Baca juga: Tips Cara Meningkatkan Trafik Blog

Beberapa hal penting yang harus diketahui tentang unit Matched Content:

  • Unit Matched Content menghadirkan konten yang relevan kepada pengguna situs, yang membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan di situs
  • Anda akan menempatkan unit Matched Content di laman mana pun pada situs yang layak
  • Rekomendasi konten berasal dari internal
  • Unit tersebut berfungsi pada ponsel, tablet, dan desktop
  • Untuk situs yang mayoritas artikelnya tidak memiliki gambar, Matched Content akan ditampilkan dalam format hanya teks
  • Iklan hanya tersedia untuk situs yang dapat dimonetisasi dengan baik
  • Kebijakan program AdSense tetap berlaku pada halaman yang berisi unit Matched Content
  • Unit tersebut tidak layak digunakan dalam eksperimen

Memeriksa kelayakan situs untuk Matched Content

Pastikan blog sobat harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan minimum dalam hal volume trafik lalu lintas atau pengunjung dan jumlah laman unik untuk memenuhi syarat Matched Content. Untuk mengetahui apakah suatu blog layak untuk Matched Content sobat bisa melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke akun AdSense
  2. Pada panel navigasi kiri, klik Setelan
  3. Klik Situs saya
  4. Di bawah Situs saya, klik Konten yang sesuai
  5. Di bagian Situs, periksa apakah situs Anda tertera
  6. Apabila situs tertera, Anda dapat menempatkan unit Konten yang sesuai di setiap lamannya
  7. Jika situs tidak tertera, maka situs saat ini tidak layak untuk Konten yang sesuai
  8. Apabila setidaknya salah satu situs layak, sobat akan melihat opsi untuk membuat unit Konten yang sesuai pada tab Iklan saya di akun Anda.

Baca juga: 7 Tips Jitu Agar Blog Mudah Diterima Google Adsense

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan unit iklan Matched Content dari Google Adsense adalah dengan mengptimalkan blog atau website yang sobat kelola agar diberi hadiah unit iklan Matched Content oleh Adsense. Beberapa hal yang bisa sobat lakukan adalah:
  • Terus meng-update blog dengan membuat postingan artikel baru dan juga berkualitas
  • Mebagikan postingan blog ke media sosial secara wajar, maksudnya jangan berlebihan dalam menshare postingan blog dengan jumlah dan waktu yang cepat karena bisa dicurigai melakukan spam
  • Menarik pengunjung, kedua point di atas merupakan salah satu cara untuk mencari pengunjung agar blog banyak visitor.

Kurang lebih begitulah sedikit uraian yang bisa saya sampaikan tentang pengertian dan cara mendapatkan iklan jenis Matched Content Adsense. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa Itu Matched Content Adsense? Begini Cara Mendapatkannya