Cara Membuat Tab Menu Bar di Blogger


Cara Membuat Tab Menu Bar di Blogger - tutorial tentang blogger selanjutnya adalah bagaimana cara mudah dan cepat membuat tab menu bar pada blog blogger. Tahukan apa itu tab menu bar? Itu loh, menu yang biasanya ada di atas atau di bawah header judul blog.

Fungsinya buat apa? 
Yang pasti, tab menu bar mempunyai banyak kegunaan dan fungsinya. Salah satu fungsinya sebagai alat navigasi bagi pengunjung blog. Tab menu bar juga bisa berfungsi untuk menampilkan laman statis atau untuk membuat sebuah menu yang bisa mengarah ke label atau kategori tertentu dari blog Anda. Atau, Anda ingin menautkan tab menu bar tersebut dengan link yang mengarah ke situs lain.
Untuk posisi tab menu bar, Anda bisa mengaturnya mau di atas (header), di samping (sidebar) atau di bawah (footer) blog. 

Bagaimana membuat tab menu bar? Berikut caranya:
Pastikan Anda sudah berada di dashboard blog, lalu pilih menu Tata Letak kemudian klik Tambahkan Gadget

Pilih gadget Laman 

Centang untuk mengaktifkan tab menu bar apa saja yang akan ditampilkan. Jika Anda ingin membuat tab menu bar dari tautan link eksternal, klik + Tambahkan tautan eksternal

Berikan judul laman tab menu bar nya, kemudian masukan alamat web (URL) yang akan dituju. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai menu dari label atau kategori, silahkan isikan sesuai alamat dari label di blog Anda. Klik Simpan Tautan untuk menyimpannya. 

Untuk mengatur urutan posisi dari laman tab menu bar, klik dan seret tab tersebut. 

Apabila sudah selesai, klik Simpan

Untuk melihat hasilnya, silahkan buka blog Anda. Untuk melakukan perubahan di bagian warna font dan warna tab, Anda bisa mengaturnya di bagian menu Tema / Template lalu pilih Sesuaikan.

Jika dirasa sudah pas pengaturannya, klik Terapkan ke Blog.
Cukup mudah bukan? Kurang lebih seperti itu cara membuat tab menu bar pada blog blogger. Cara di atas terbilang cukup cepat dan mudah daripada membuat tab menu bar menggunakan HTML.

Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Tab Menu Bar di Blogger