Memahami Menu Dasar yang ada di Blogger

Memahami Menu Dasar yang ada di Blogger
Memahami Menu Dasar yang ada di Blogger - menyambung dari artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Blog di Blogger.com, selanjutnya yang perlu diketahui adalah memahami menu-menu dasar yang ada di halaman dashboard blogger.

Menu yang terdapat dalam dashboard blogger terbilang lengkap dan memiliki fungsi berbeda. Saya pikir bagian ini penting untuk dipahami bagi para pemula yang baru membuat blog di blogger untuk mempermudah Anda dalam mengelola blog dan mengoperasikannya sebagai sarana blogging.

Berikut ini sedikit ulasan dari saya tentang dan fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard blogger.


Memahami Menu Dasar yang ada di Blogger

Pertama login dan masuk ke dashboard blog, sajian pertama seperti ini.



Penjelasan


1. RANDI.ID

Navigasi blog, di menu ini kita bisa membuat blog baru atau memilih salah satu dari blog yang sudah dibuat untuk dikelola.


2. Pos

Berkaitan dengan postingan, Anda bisa membuat, mengedit, menghapus dan menerbitkan artikel.


3. Statistik

Untuk melihat statistik blog, mulai dari jumlah penayangan setiap hari, minggu, bulan dan tahun, banyak penayangan dari postingan, sumber lalu lintas pengunjung yang berkunjung ke blog, rincian pemirsa/pengunjung dari negara mana, pengguna apa, dan menggunakan browser apa, cukup lengkap.


4. Komentar

Anda bisa melihat ringkasan komentar terbaru, mengelola atau menghapus komentar.


5. Kampanye

Menu ini untuk mempromosikan blog Anda, Google akan mempromisikan blog Anda menggunakan Google AdWords, tetapi program ini berbayar.


6. Laman

Berguna untuk membuat halaman statis (tetap), biasanya digunakan untuk membuat daftar isi (sitemap), kontak, tentang saya, kebijakan privasy dan lainnya yang biasanya ditempatkan pada header blog.



7. Tata Letak

Disini Anda bisa mengubah tata letak widget dalam blog, seperti menggeser atau memindahkannya dari kiri ke kanan atau widget dari atas header dipindahkan ke bawah footer.


8. Tema / Template

Di menu ini Anda bisa mengganti desain tema atau template yang sedang digunakan. Blogger menyediakan beberapa template sederhana, tapi Anda bisa mendownload template untuk blogger dari website penyedia template gratis lalu menguploadnya kedalam blog Anda.


9. Setelan

Tempat pengaturan blog, di menu kita bisa mengganti alamat atau nama blog, deskripsi, bahasa, format tanggal atau lainnya.


10. Daftar Bacaan

Anda bisa menambahkan URL alamat blog favorit Anda sebagai langganan agar bisa mendapat update terbaru dari blog tersebut.


11. Bantuan

Masih belum memahami tentang Blogger? Klik saja menu Bantuan, Anda bisa melakukan pencarian tentang informasi yang belum jelas tentang blogger.

Lumayan panjang juga ya postingan tentang Memahami Menu Dasar yang ada di Blogger ini, padahal penjelasan tiap menu-menu tersebut masih belum begitu lengkap dan jelas. Semoga postingan dan kata-kata dari isi postingan ini bisa dipahami oleh semua pembaca.
Komentar