Cara Flash Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek

Cara Flash Redmi Note 3 Pro Qualcomm - bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek (MTK) yang bermasalah pada softwae, aplikasi ataupun OS nya dan ingin melakukan pengaturan ulang atau install ulang ponselnya. Berikut saya berikan tutorial cara install ulang Xiaomi Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek.


Pada tutorial ini kita akan menggunakan metode flashing via fastboot, dimana akan menghapus semua data aplikasi dan memformat penyimpanan internal. Apabila ponsel Anda saat ini dalam keadaan hidup, silahkan backup terlebih dahulu kontak, SMS, data/foto/video di internal di copy ke eksternal (memory card atau komputer).

Cara Flash Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek


Persyaratan dan bahan

  • Menggunakan komputer laptop / PC berbasis Windows 64-bit
  • Jika menggunakan laptop / notebook, pastikan batre di atas 70 persen
  • MiFlash - Download / Mirror

Fastboot ROM terbaru untuk Redmi Note 3


Persiapan

Install XiaoMiFlash, apabila muncul jendela seperti gambar di bawah, klik Install this driver software anyway


Ekstrak file ROM Fastboot menggunakan file arsip WinRAR atau ZIP dengan cara: klik kanan file ROM Fastboot kemudian pilih Extract Here

Di dalam file ROM Fastboot terdapat ada file ROM berekstensi jenis files. Ekstrak kembali dengan cara: klik kanan lalu pilih Rename.


Pada akhir nama file tersebut tambahkan dengan: .rar (titik rar), kemudian kembali klik kanan dan pilih Extract Here.

Tunggu hingga selesai proses ekstrak.

Cara Flash Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek


Buka aplikasi XiaoMiFlash, klik select kemudian cari dan pilih folder file ROM Fastbooat yang sudah Anda ekstrak tadi. Contoh pada tutorial ini saya menempatkannya pada drive C:


Pilih jenis metode flashing yang Anda ingin gunakan.

Keterangan:
clean all: flash dan menghapus semua data aplikasi, foto/gambar atau data lainnya yang ada di penyimpanan internal.
save user data: flash tanpa menghapus data pengguna.
clean all and lock: flash dan menghapus semua data aplikasi, foto/gambar atau data lainnya yang ada di penyimpanan internal juga lock bootloader. Pilihan ini apabila Anda ingin mengembalikan ponsel yang sudah status unlock bootloader ke lock bootloader.

Matikan ponsel, kemudian masuk ke mode fastboot dengan cara: tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume Down secara bersamaan sampai muncul logo dengan nama Fastboot.

Sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data. Apabila komputer mendeteksi driver ponsel, tunggu sampai selesai terinstall.

Klik refresh pada aplikasi MiFlash, apabila driver Redmi Note 3 sudah terinstall pada komputer maka status pada id, device, progress dan elapse akan terisi.

Jika sudah, klik flash untuk memulai flashing.

Tunggu proses flashing selesai, jika sukses hasilnya akan: status: flash done dan result: success.

Ponsel akan merestart sendiri, proses booting tampilan logo MI cukup lama sekitar 10-20 menit. Setelah itu ponsel siap dikonfigurasi.

Kurang lebih seperti itu langkah-langkah cara flashing atau install ulang Redmi Note 3 versi Pro Qualcomm atau Mediatek dengan RAM 2GB atau versi Special Edition 3GB.

Tutorial ini juga bisa Anda gunakan untuk flash android produk Xiaomi lainnya, bedanya Anda perlu mendownload file ROM Fastboot yang sesusai dengan ponsel tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat.

Cara Flash Redmi Note 3 Pro Qualcomm atau Mediatek