Cara Custom Permalink pada Blogger

Spesifikasi dan Harga Notebook Redmi Book 14
Cara Custom Permalink pada Blogger  permalink merupakan kependekan dari permanen link, adalah link permanen yang dimiliki oleh setiap halaman pada blog atau situs yang menjadi suatu alamat atau rujukan untuk mempermudah pengguna internet dalam menemukan sumber dari artikel atau postingan, atau istilah lainnya disebut URL (Uniform Resource Locator).

Disebut permanen link karena link tersebut bersifat tetap atau tidak dapat diganti (permanen), sekalinya Anda ganti maka link tersebut dianggap sebagai link baru dan mesin pencari akan memperlakukannya sebagai sebuah artikel baru meskipun isi dari artikel tersebut sama. 

Blogger pada layanan blogspot nya memiliki sistem yang dapat meng-generate sebuah permalink secara otomatis dengan membaca dan menyesuaikan dari judul postingan, setiap spasi yang digunakan pada judul postingan akan diganti menjadi dashes ().



Kenapa harus mengganti permalink? 

Berikut beberapa alasan mengapa kita perlu mengubah permalink. 


Rapi dan mudah dibaca

Blogger meng-generate secara otomatis permalink untuk sebuah postingan yang disesuaikan dengan judul postingan tersebut. Jadi, bagaimana jika postingan memiliki judul yang cukup panjang? Tentu saja postingan tersebut juga memiliki permalink atau alamat URL yang sangat sangat panjang. Oleh sebab itu merubah permalink perlu dilakukan agar URL suatu postingan terlihat rapi dan mudah dibaca.

URL lebih pendek

Selain alasan terlihat rapi dan mudah dibaca, dengan custom permalink URL bisa lebih pendek. <


Sebagai kata kunci

Pada permalink kita bisa memasukan sebuah kata kunci yang berbeda dari judul atau isi dari postingan di dalamnya. Anda dapat meletakan sebuah keyword (kata kunci) yang berhubungan dengan isi konten untuk optimasi seo blog Anda.

Bagaimana cara mengubah permalink?

Pertama, masuk ke dashboard blog Anda kemudian masuk ke menu Pos.

Buatlah sebuah artikel baru atau buka postingan yang belum di publikasikan (draf). Kemudian di menu Setelan entri (sebelah kanan) pilih Tautan permanen


Pilih Tautan Permanen Khusus, dan gantilah stuktur URL permalink sesuai yang Anda inginkan. 



Catatan:
  • Buatlah permalink dengan menggunakan 3 sampai 5 kata.
  • Mengandung kata kunci yang relevan dengan konten
  • Gunakan tanda sebagai pemisah (spasi)
  • Anda hanya bisa satu kali mengubah permalink

Apabila sudah kostumisasi permalink, klik Selesai

Kurang lebih begitulah cara untuk mengubah permalink atau url postingan pada blogspot blogger. 
Komentar