Dapat Surat Pajak dari XXVI Holding Inc, Ternyata

Jangan kaget apabila dapat surat pajak dari XXVI Holding Inc yang dikirim dari Amerika Serikat, ini adalah dokumen penting yang harus Anda ketahui.

Halo, saya kembali menulis untuk menghiasi kesepian blog ini. Sudah lama sekali tidak memposting artikel pada blog ini, terakhir posting artikel pada bulan Januari tahun ini.

Baiklah, untuk kali ini saya cuma mau berbagi pengalaman saja. Jadi, hari ini saya dapat sebuah surat dari kantor POS, yaitu surat dari XXVI HOLDING INC.

Sempat kaget dan bertanya-tanya, surat apa ini yang dari XXVI HOLDING INC? Karena sebulan terakhir saya tidak pernah mengisi aplikasi atau mendaftar di suatu website.

Surat ini dikirim oleh XXVI Holding Inc melalui jasa Intl Priority Airmail U.S. Postage Paid Jamaica, NY Permit No. 9114 yang diteruskan ke kantor POS Indonesia disertai dengan nama penerima dan alamat lengkap.

Dapat Surat Pajak dari XXVI Holding Inc
ilustrasi surat xxvi holding inc

Sebenarnya kita bisa tahu isi surat ini tanpa harus membukanya, yaitu surat yang berhubungan dengan pajak. Di halaman depan amplop tertulis jelas "IMPORTANT TAX RETURN DOCUMENT ENCLOSED". Namun setelah saya buka dan baca, saya sendiri tidak tahu maksud dan tujuan surat ini dikirim ke alamat saya.

Setelah browsing kesana kemari, akhirnya saya dapat sedikit informasi tentang ini.

Laporan Pajak Google AdSense

Masih inget tidak, di awal tahun 2021, AdSense YouTube memperbarui peraturan yang akan mengenakan pajak Amerika Serikat (AS) untuk penayang di luar AS.

Saat itu, para penayang diminta untuk mengisi informasi pajak ke AdSense. Jika tidak, Google dapat memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan kreator.

Jika masih ingat, saat itu kita mengisi formulir pajak dan tarif pemotongan pajak (WHT), meliputi: Formulir W-8BEN: Film dan TV Tarif pemotongan pajak (WHT): 10%, Formulir W-8BEN: Hak cipta lainnya Tarif pemotongan pajak (WHT): 10%, Formulir W-8BEN: Layanan Tarif pemotongan pajak (WHT): 0%, Formulir W-8BEN: Default.

Selanjutnya, informasi pajak tersebut kemudian dikelola oleh XXVI Holding Inc untuk menentukan dengan tepat besaran potongan pajak yang akan diterima.

Google secara berkala melakukan verifikasi informasi pajak penayang ke Internal Revenue Service (IRS) Amerika Serikat. Apabila informasi pajak tidak akurat atau belum diperbarui, Google akan menangguhkan pembayaran sampai Anda mengirimkan ulang informasi pajak. Ini juga disebut proses Verifikasi Tax Identification Number (TIN).

Kesimpulan

Surat dari XXVI Holding Inc yang saya terima merupakan laporan pajak tahunan untuk penayang Google AdSense di luar Amerika Serikat.

Apabila informasi pajak dan berhasil diverifikasi IRS, maka laporan pajak akan dikeluarkan oleh Internal Revenue (irs.gov) setiap tahunnya dan dikirim langsung ke alamat rumah melalui kantor POS.

Oiya, saya mengirimkan informasi pajak pertama kali pada Google AdSense pada April 2021, dan sekrang sudah satu tahun, jadi laporan pajak dari AdSense yang saya terima adalah dokumen pajak tahun 2021.  

Untuk mengatur preferensi pengiriman dokumen pajak AS, kita bisa mengatur pada menu Pembayaran > Info pembayaran > Kelola preferensi pengiriman. Silahkan pilih Pengiriman secara elektoronik (direkomendasikan), kemudian pilih Saya menyetujui perjanjian pengiriman tanpa kertas. Terakhir simpan dengan klik Perbarui preferensi pengiriman Anda. Selanjutnya Anda hanya akan mendapat laporan pajak melalui pengiriman secara digital.

Laporan yang dikirim merupakan dokumen kertas yang berisi informasi pajak tahunan. Meski begitu, kita bisa mengakses dokumen pajak tersebut memalui menu Pembayaran > Info pembayaran. Di bagian bawah info pajak terdapat tabel tanggal terbit dokumen dan informasi dokumen, silahkan klik nama dokumen untuk melihat detail tentang laporan pajak Anda.

Apakah Anda juga dapat surat pajak Google AdSense dari XXVI Holding Inc? Yuk, diskusi di kolom komentar. Demikian, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Apabila teman-teman punya informasi tambahan atau koreksi tentang surat pajak dari XXVI Holding Inc yang dikirim ke alamat rumah, silahkan tanggapi postingan ini.

Content Creator, Video Creator and Writer.

Lihat lebih lengkap di profil blogger saya.

5 komentar

  1. Hehe aku belum mas Randi dikarenakan blog aku belum ada penghasilannya dan baru jalan beberapa bulan saja ☺ infonya sangat bermanfaat dan Allhamdulillah informasi pajak Google ini sudah Asep isi di pengaturan tersebut
    1. Mantap mas, taat pajak biar hasilnya barokah.
  2. MasyaAllah aku dapet secara tiba tiba banget ka.... Terus gimana ni aku memang awal adsen tapi chanel di jual karena ada pembayaran mendadak jadi aku jual... Ini lagi buat kembali semoga berhasil dan ga ada halangannya
    1. Biarin aja, itu hanya laporan pajak. Agar tidak dikirim ke alat rumah lagi, atur laporan pajaknya hanya lewat digital. Semoga sukses, ya.
  3. Terima ksih informasinya ... akhirnya surat yang sama datang juga ... jadi ga degdegan setelah membaca infonya dari Blog Mas Randi ... terima kasih banyak
Aktifkan Beri tahu saya / Notify me untuk pemberitahuan balasan melalui email.