Cara Mengaktifkan Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Ponsel Xiaomi

Fitur baru dari Xiaomi ini sangat berguna sebagai peringatan dini gempa bumi mengingat di Indonesia sering terjadi gempa bumi.

Pengguna hp Xiaomi wajib tahu nih, sekarang hp Xiaomi sudah ada fitur baru yaitu peringatan dini gempa yang mampu mendeteksi dan memberikan peringatan dini gempa langsung ke perangkat ponsel Xiaomi Anda.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi akan mendapat notifikasi melalui ponsel saat terjadi gempa bumi yang terjadi di sekitarnya.

Aplikasi deteksi dini gempa bumi

Saat terjadi gempa, ponsel akan membunyikan nada peringatan seperti alarm dan menampilkan notifikasi detail informasi tentang gempa yang terjadi.

Fitur peringatan dini gempa bumi pada smartphone memiliki peran penting bagi pengguna ponsel Xiaomi untuk menyelamatkan diri dari bencana gempa.

Mengaktifkan Peringatan Dini Gempa Bumi

Sistem peringatan dini gempa bumi ini akan menampilkan pemberitahuan informasi magnitudo dari gempa bumi terkait, estimasi gempa bumi datang ke wilayah Anda, dan intensitasnya. Informasi dan notifikasi tersebut akan muncul secara otomatis pada layar smartphone berupa hitung mundur.

Untuk mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi pada smartphone Xiaomi, Anda bisa memulainya dengan membuka aplikasi Keamanan kemudian scroll ke bagian bawah dan pilih menu Peringatan Gempa.

Fitur peringatan dini gempa bumi Xiaomi
mengaktifkan peringatan dini gempa bumi

Pada halaman depan aplikasi, silahkan tap toggle ON pada Terima peringatan gempa untuk memulai mengaktifkan fitur dan memilih Setuju untu menyetujui semua syarat dan ketentuannya.

Selanjutnya mulai menguji suara peringatan hitungan mundur dan suara peringatan gempa dengan Mainkan suara peringatan, akhiri dengan memilih Hidupkan.

Kembali pada halaman awal aplikasi peringatan dini gempa bumi, ada beberapa fitur lain yang perlu Anda ketahui dan terapkan, diantaranya:

Tetapkan ambang peringatan gempa:
Fitur ini untuk mengatur notifikasi peringatan dini gempa bumi aktif, dengan Setelan ambang peringatan: Perkiaraan intensitas: 4 (Guncangan ringan), atau Perkiraan intensitas: 5 (Guncangan sedang).

Kontak darurat
Menambahkan satu kontak darurat untuk akses cepat menghubungi seseorang ketika fitur ini aktif.

Kartu medis
Kita bisa mengisi formulir Kartu medis untuk membantu perawatan atau pengobatan apabila terjadi sesuatu saat gempa bumi terjadi.


Peringatan dini gempa bumi yang diterima pengguna di Indonesia terjadi apabila intensitas gempa mencapai IV atau lebih, berdasarkan skala MMI yang dipakai oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Fitur peringatan dini gempa bumi ini sudah tersedia pada smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 12, MIUI 12.5 dan MIUI 13. Agar fitur ini bisa aktif, dibutuhkan koneksi internet dan mengaktifkan layanan lokasi pada smartphone.

Fitur peringatan dini gempa bumi ini memerlukan otorisasi dari pengguna untuk diaktifkan, dengan pertimbangan privasi pengguna.

Akhir Kata

Fitur peringatan dini gempa bumi pada smartphone Xiaomi cukup berguna mengingat sering terjadinya gempa bumi di wilayah Indonesia. Dengan mengaktifkan fitur peringatan gempa di ponsel Xiaomi, kita bisa mendeteksi sedini mungkin terjadinya gempa.

Ketika badan pemantau mendeteksi adanya aktivitas gempa bumi, secara otomatis sistem mereka akan menyinkronkan ke server Xiaomi melalui saluran khusus sehingga pengguna akan menerima informasi peringatan gempa bumi sedini mungkin melalui smartphone.

Demikian, apabila menurut Anda informasi ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke media sosial Anda.

Content Creator, Video Creator and Writer.

Lihat lebih lengkap di profil blogger saya.

Posting Komentar

Aktifkan Beri tahu saya / Notify me untuk pemberitahuan balasan melalui email.