Cara Cek Masa Garansi HP Xiaomi Lewat IMEI

Cara cek masa aktif garansi hp Xiaomi baru atau bekas dengan mudah dan cepat tanpa aplikasi melalui IMEI.

Buat kamu pengguna hp Xiaomi, ada cara mudah cek masa garansi Xiaomi lewat IMEI hp. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui masa garansi hp Xiaomi baru atau pun bekas yang sudah kamu beli.

Selain untuk mengetahui masa aktif garansi, dengan metode ini kita bisa tahu bahwa hp Xiaomi yang kita gunakan beneran resmi atau distributor (tidak resmi).

Cara Cek Masa Garansi HP Xiaomi Lewat IMEI

Sebelum kita kepembahasan utama, saya mau kasih tahu kalo di Indonesia ada dua jenis hp Xiaomi yang beredar, yaitu: hp Xiaomi garansi resmi.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu hp Xiaomi resmi dan distributor, sedikit saya coba jelaskan apa itu hp resmi dan apa itu hp distributor.

Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan produk atau hp Xiaomi yang telah lulus sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin.

Produk resmi Xiaomi tersebut untuk pasar Indonesia dan dilabeli "DIBUAT DI INDONESIA" pada dus produk.

Produk resmi memiliki masa garansi hingga satu tahun dan bisa diklaim di outlet Xiaomi atau Mi Store di daerah yang tersedia. Layanan garansi ini gratis dengan ketentuan perangkat yang digaransikan karena kerusakan sistem dan bukan kesalahan pengguna.

Garansi Distributior

Sedangkan hp Xiaomi garansi distributor merupakan hp yang tidak resmi untuk dipasarkan di Indonesia, namun beberapa pelaku usaha ponsel mengimpor perangkat tersebut dari luar dan dijual Indonesia.

Produk garansi distributor biasanya hanya memiliki garansi toko 1 sampai 3 bulan saja. Garansi tersebut bisa saja beragam karena itu merupakan kebijakan penjual.

Cek Garansi HP Xiaomi Lewat IMEI

Jika kamu baru saja membeli produk hp dari Xiaomi, baik hp baru atau bekas pemakaian dan ingin mengetahui masa aktif garansi hp Xiaomi bisa menggunakan IMEI. Untuk mengetahui masa garansi Xiaomi lewat IMEI, silahkan simak berikut ini.

Pastikan produk Xiaomi yang kamu beli merupakan produk dengan garansi resmi. Kamu harus memiliki Akun MI dan sudah dikaitkan atau login pada hp terebut. 

Untuk memulai cek garansi Xiaomi bisa melalui ponsel atau PC/komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka https://m.buy.mi.com/id/registration
  2. Masukkan nomor IMEI hp yang akan dicek garansi pada kotak yang disediakan
  3. Klik tombol Langkah selanjutnya
  4. Selajutnya akan dialihkan ke laman pemberitahuan yang berisi informasi apakah ponsel kamu mendapatkan garansi tambahan atau tidak

Dari hasil pengecekan melalui IMEI di halaman tersebut, kita mendapatkan informasi nama perangkat atau kode perangkat dengan spesifikasinya, negara pembelian, waktu produksi dan waktu aktivasi.

Info perangkat - Informasi perangkat biasanya berisi nama perangkat atau kode perangkat, kadang ada juga yang menggunakan bahasa China. Informasi ini dirinci dari kecepatan prosesor, kapasitas RAM, kapasitas storage, dan warna.

Negara pembelian - Informasi tentang negara pembelian atau pasar, status ini sekaligus menginformasikan bahwa produk yang kita beli merupakan barang resmi atau bukan. Jika informasi negara pembelian Indonesia, berarti produk tersebut resmi dijual di Indonesia, tapi jika bukan, berarti produk distributor.

Waktu produksi - Merupakan waktu produksi produk tersebut, waktu produk dipasarkan untuk dijual.

Waktu aktivasi - Merupakan waktu produk diaktivasi. Waktu aktivasi akan aktif atau terisi setelah produk dihidupkan menggunakan kartu sim dan tersambung ke internet.

Secara umum, produk Smartphone Xiaomi memiliki garansi selama 15 Bulan. Untuk mengetahui berapa masa garansi hp Xiaomi yang kamu gunakan saat ini caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat Waktu Aktivasi ditambah dengan waktu saat ini.

Jika Waktu Aktiviasi ditambah waktu saat ini belum sampai 15 bulan, maka garansi smartphone Xiaomi yang kamu miliki masih aktif dan bisa digunakan untuk klaim garansi.

Kesimpulan

Secara umum, produk Smartphone Xiaomi memiliki garansi selama 15 Bulan. Untuk mengetahui berapa masa aktif garansi hp Xiaomi caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat Waktu Aktivasi ditambah dengan waktu saat ini.

Jika waktu aktivasi ditambah waktu saat ini sama dengan kurang dari 15 bulan, maka masa garansi produk masih berlaku. Tetapi, jika lebih dari 15 bulan kamu tidak bisa mengklaim garansi.

Demikian untuk tips kali ini, semua cara cek masa garansi hp Xiaomi lewat IMEI ini bisa bermanfaat.