Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
10 Profesi Ini Membuat Kamu Dikira Nganggur
/

10 Profesi Ini Membuat Kamu Dikira Nganggur

"10 profesi yang menghasilkan uang ini bisa kamu lakukan di rumah, namun siap-siap jika kamu dikira seorang pengangguran."
Randi Iskandar
Randi Iskandar
3 komentar
Di era digital semua hal sering kali dilakukan dengan teknologi digital, tidak terkeculi dengan pekerjaan.

Di masa Pandemi Covid-19 saat ini, pembatasan aktivitas dan sosial dibatasi, banyak perusaah mempekerjakan karyawannya di rumah (work from home). 

Dan tahukan kamu, jauh sebelumnya, banyak sekali profesi yang bisa menghasilkan uang melalui internet yang bisa kamu kerjakan hanya di rumah saja. Sayangnya, pekerjaan-pekerjaan ini masih tetap di pandang sebelah mata karena belum terlalu familiar bagi kebanyakan orang.

Nah, pada postingan ini saya telah merangkum 10 profesi yang membuat kamu dikira seorang pengangguran.

1.  Programmer

pexels.com

Programmer merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, pekerjaan seorang programer mulai dari membuat software, website serta mengembangkannya.

Perkembangan internet yang semakin pesat cukup membantu pekerjaan ini, seorang programmer bisa melakukan pekerjaannya di rumah melalui remote tanpa harus ke datang kantor.

Pemanfaatan internet untuk meremote pekerjaan dari rumah sepertinya sudah banyak dilakukan pada pekerjaan di bidang lain.

Namun, jika kamu punya tetangga yang tidak begitu tahu tentang dunia teknlogi, sisa saja kamu disangka nganggur dan cuma mainan komputer di rumah, padahal bisa saja waktu itu yang kamu kerjakan adalah project besar bernilai jutaan rupiah.

2. Internet Marketer

pexels.com

Ini adalah pekerjaan yang populer saat ini, internet marketer merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa pun. 

Yup, kamu bisa menjadi seorang internet marketer profesional bahkan hanya dengan menggunakan layanan media sosial gratis. 

Jika dahulu kita memanfaatkan blog sebagai media promosi, sekarang kamu bisa melakukannya di media sosial seperti facebook, instagram dan lainnya. 

Pekerjaan internet marketing adalah mempromosikan produk dari perusahaan atau perorangan dalam bentuk iklan banner atau artikel, dan atau menjualkan produk tersebut.

Dari pekerjaan kamu sebagai IM ini akan mendapat komisi atau bayaran dari setiap promosi atau penjualan produk tersebut. Dari profesi ini kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Jika kamu fokus dan sudah ahli dalam menjalankan bisnis ini, bisa saja kamu menghasilkan sampai puluhan juta perbulan. Dan lagi-lagi, kamu juga terlihat seperti orang ngaggur.

3. Blogger

pexels.com

Dari dulu sebenarnya profesi ini sudah banyak digeluti oleh orang-orang bahkan di Indonesia sudah populer, tapi hanya sebagian kecil saja yang bisa memanfaatkan blognya menjadi sumber penghasilan.

Selain bisa menjadi Internet Marketer lewat blog, kamu juga bisa mendatangkan penghasilan lainnya. Misalnya kamu suka traveling, kamu bisa saja membukukan tulisan tentang traveling ini dan menjualnya.

Semakin blog kamu menarik dan memiliki banyak pengunjung, ini akan mempermudah untuk promosi buku atau produk kamu jual.

Bisa saja dari hobi tersebut membuat kamu selalu di undang di acara yang berkaitan dengan apa yang kamu bahas sebagai seorang pembicara.

Dan lagi-lagi, karena menjadi blogger bekerja menulis di depan komputer, bisa saja kamu dikira nganggur dan hanya main komputer saja.

Jika kamu tertarik menjadi seorang blogger, jadilah blogger yang senantiasa menulis sebuah informasi apapun yang baik dan bermanfaat untuk anda dan pembaca.

4. Youtuber

pexels.com

Youtuber merupakan istilah untuk orang yang suka upload video hasil karya mereka di Youtube. 

Youtuber merupakan sebuah profesi. Ya, jika kamu serius dan fokus dalam membuat konten yang baik dan berkualitas di Youtube, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube. 

Bahkan, saat ini banyak artis Indonesia yang mulai beralih dari dunia televisi ke youtube channelnya.

Menjadi Youtube memang terlihat cukup mudah, kamu hanya upload video ke channel youtube kamu dan mendapatkan penghasilan dari setiap video yang ditonton. 

Namun, kamu juga harus tahu bahwa untuk menjadi partner youtube channel harus memenuhi semua persyaratan monetize.

Jika dilihat banyak orang, profesi ini masih terlihat seperti orang nganggur dan cuma rekam-rekam ga jelas.

Padahal  kamu seorang video kreator yang sedang membuat sebuah karya yang bisa saja membuatmu menjadi terkenal..

5. Develover Game

pexels.com

Develover game atau pengembang game masih ada kaitan dengan programmer, tapi menjadi seorang developer game bukan hanya memperhatikan aspek coding saja, juga multimedia nya.

Jika kamu berprofesi sebagai salah satu atau bagian dari develover game yang kerjaanya membuat dan mengembangkan game entah apapun platform-nya, bersiaplah mendapat predikat pengangguran atau disebut orang yang jarang bergaul alias kuper karena saking sibuknya kamu menyelesaikan dan membuat project game.

Apalagi kalau kamu adalah seorang Developer Indie Game yang proses pengerjaan project game dilakukan hanya di rumah.

Tetapi, jika game kamu menjadi populer dan terkenal, siap-siap saja karena kamu akan mendapatkan banyak kucuran dana yang lumayan besar, baik pendapatan dari banyaknya unduhan dan iklan atau orang yang membeli game.

6. Gamer Professional

pexels.com

Kalau ini sih dilihat orang cuma dikira main game buat menghilanghkan stress atau sekedar mengisi waktu luang, tapi di jaman sekarang menjadi seorang gamer bisa dibayar mahal lho.

Kok bisa? Bagaimana caranya main game dibayar? Jika kamu aktif di media sosial facebook, mungkin pernah melihat ada seseorang memainkan game secara siaran langsung. Kegiatan seperti itulah yang bisa mendapatkan uang dari main game.

Profesi yang satu ini banyak orang inginkan, bagaimana tidak, kerjaan kita hanya bermain game dan kita dibayar. Enak kan?

7. Freelancer

pexels.com

Saat ini para Freelancer di Indonesia sudah mulai banyak dan terdapat juga group dan komunitas bermunculan. 

Mereka yang sudah berpengalaman dan sukses dengan dunia freelance ini mendapatkan penghasilan yang tidak main-main, jutaan hingga puluhan juta.

Freelancer adalah pekerjaan bebas. Maksudnya, kita bisa mencari atau menerima pekerjaan secara online, seperti: menulis artikel untuk sebuah website, mempromosikan produk atau layanan, menjual produk orang lain, dan banyak lagi.

Pekerjaan ini berhubungan dengan dunia digital, internet dan komputer atau ponsel. Dan seperti baisanya, jika kerabat dekat atau tetangga kamu kurang begitu paham tentang profesi ini, pastinya kamu dikira pengangguran.

8.Designer

pexels.com

Menjadi seorang designer itu perlu skill dan feel yang bagus, karena untuk bisa mendesain sesuai dengan keinginan klien, kita bisa mendapatkan bayaran yang tidak sedikit lho. 

Waktu lalu pernah ada kompetisi untuk desain web yang memiliki nilai project sebesar $2000, wow.  

Kalau kamu punya bakat di desain, coba ikuti project-project seperti itu, bisa jadi kamu yang terpilih.

Karena pekerjaan ini juga berhadapan dengan komputer dan menggunakan sedikit tambahan alat untuk memudahkan pekerjaan ini, tidak sedikit para designer juga masih dianggap pengangguran, apalagi yang projectnya cuma dikerjaan di rumah.

Designer itu mencakup cukup luas, tidak selalu soal style, fashion maupun art, bisa juga teknik.

9. Dropshipper , Reseller

pexels.com

Menjadi Reseller/Dropshipper membuat kamu berpotensi mendapatkan predikat pengangguran, kenapa? karena pekerjaan ini bisa kamu kerjakan hanya dengan smartphone saja.

Cuma promosikan produk di media sosial, chat sama konsumen yang tertarik dengan produk, proses transaksi, melayani konsumen lewat chatting, telephone, atau sms.

Jadi terlihat hanya bermain-main ponsel aja. Malah bisa jadi dikira anda sedang chat sama pacar.

10. Tukang Translate

pexels.com

Kalau ini tugasnya sudah terlihat dengan jelas, menerjemahkan dengan benar suatu bahasa yang sesuai keinginan klien. Dan tugasnya tidak terlalu terlihat, cuma nulis-nulis doang apa ngetik-ngetik di komputer.

Untuk menekuni profesi ini, kamu harus memiliki kemampuan baik dalam menterjemahkan suatu bahasa. 

Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, kamu bisa mempromosikan diri di blog, website, atau media sosial.

Dan sama seperti profesi yang lainnya, hal ini membuat kamu dikira pengangguran karena hanya mengetik di komputer.

Padahal, bisa saja kamu sedang menyelesaikan jobnya yang secara privasi diberikan kliennya untuk menerjemahkan dokumen penting yang di kirimkan oleh klien.

Kurang lebih itulah 10 profesi yang membuat kamu dikira nganggur. Tetap semangat dalam menjalani pekerjaan yang kamu lakukan, seiring waktu mereka akan tau apa yang kamu kerjan dan apa yang kamu hasilkan.

Jika kamu fokus dalam suatu hal, kamu akan sukses dalam hal itu. Sukses selalu dan semoga menjadi pengangguran premium.
Randi Iskandar
Randi Iskandar Nge-blog, suka aja. Info kerja sama bisa kirim email ke: admin@randi.id.

3 komentar untuk "10 Profesi Ini Membuat Kamu Dikira Nganggur"

  1. Makasih infonya, saya mau coba fokus jadi reseller aja deh, yg mudah.

    BalasHapus
  2. Bloger emang gtu, sering dikira nganggur, padahal otaknya yang kerja bukan ototnya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, kadang untuk membuat satu artikel pun harus berpikir keras dan butuh berhari hari. Hehe... Terima kasih udah mampir.

      Hapus

Berlangganan via Email