Cara Mengatasi Masalah Ads.txt Google Adsense Blogger

Dapat pesan peringatan Ads.txt Google AdSense bermasalah? Segera perbaiki agar penghasilan dan akun AdSense aman, lakukan langkah-langkah berikut.

Masalah ads.txt Google Adsense saya temukan di dashboard Adsense, terdapat warning yang memberikan informasi seperti berikut:

Penghasilan Anda berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.
Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense Blogger

Terdapat dua pilihan, PERBAIKI SEKARANG dan PELAJARI LEBIH LANJUT. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah Ads TXT Google AdSense pada Blogger?

Penyebab Masalah Ads.txt

Penyebanya dan detailnya dari masalah Ads.txt kurang begitu jelas, peringatan ini muncul begitu saja di halaman dashboard Google AdSense.

Jika kita pelajari lebih lanjut, Google mendeteksi bahwa pada file ads.txt milik saya tidak berisi ID penayang Adsense.

Artinya, blog yang dipasang iklan atau menampilkan iklan ternyata tidak memiliki ID penayang Adsense.

Loh, kok bisa begitu? Kan udah lolos review site.

Dampak Masalah Ads.txt

Jika dibiarkan, masalah ads.txt bisa berisiko pada pendapatan Google Adsense. Mulai dari iklan tidak tayang pada domain situs yang terkait hingga penutupan akun.

Dari awal membuat akun Adsense, saya tidak pernah melakukan pengaturan sampai ke ads.txt. Namun melihat peringatan masalah ads.txt Adsense cukup menakutkan, kita perlu perbaiki sekarang.

Mengatasi Masalah Ads.txt

Meski resiko masalah ini cukup berat, namun tetap tenang dalam menghadapinya, karena pada postingan ini saya akan berikan solusi mengatasi masalah ads.txt Google Adsense untuk platform Blogger.

Pertama, saat mendapatkan pesan warning masalah Ads.txt dengan latar merah di halaman dashboard Adsense, silahkan klik PERBAIKI SEKARANG.

Selanjutnya, terdapat informasi membuat file ads.txt untuk situs atau blog yang bermasalah. Silahkan klik DOWNLOAD untuk mendapatkan file ads.txt nya.

Kemudian buka file ads.txt yang sudah didownload, file ini hanya berisi satu baris teks dengan kode khusus untuk situs atau blog yang bermasalah.

Selanjutnya buka dashboard blogger, masuk ke menu Setelan > Monetisasi. Lalu aktifkan Aktifkan ads.txt kustom, klik Ads.txt custom.

Masukkan teks atau kode dari file ads.txt yang telah di download ke dalam kotak Ads.txt custom tersebut.

Terakhir, klik Simpan.

Setelah berhasil melakukan langkah perbaikan Ads.txt pada Blogger, selanjutnya Google akan meng-crawl ulang file ads.txt pada situs domain tersebut untuk mengurai setiap konten dan menentukan ID penjual yang diizinkan untuk memonetisasi inventaris.

Proses perbaikan mungkin perlu waktu beberapa hari agar perubahan ads.txt ditampilkan di AdSense dan pesan notifikasi peringatan Ads.txt hilang.

Demikian, semoga postingan ini bisa menjadi solusi mengatasi masalah ads.txt Google Adsense pada platofrm Blogger. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Content Creator, Video Creator and Writer.

Lihat lebih lengkap di profil blogger saya.

Posting Komentar

Aktifkan Beri tahu saya / Notify me untuk pemberitahuan balasan melalui email.