Hati-hati Phising YT Support, Pencurian Akun YouTube

Hati-hati Phising YT Support, Pencurian Akun YouTube

Phising YT Support
Apa reaksi kamu jika mendapatkan email dari YT Support bahwa channel YouTube di report atau telah melakukan spam video? Panik, dan melakukan perintah darurat. Ya, itulah reaksi yang diharapkan oleh para pelaku Phising YT Support untuk mencuri akun YouTube.

Saya pun mendapatkan email phising tersebut, bahkan sudah dua kali.

Email ini dikirim seakan-akan dari tim YT Support dan menginformasikan bahwa channel telah direport atau karena telah melakukan spam pada video, padahal ini adalah jebakan phising.

Konten:
  1. Apa itu Phising
  2. Phising YT Support
  3. Kesimpulan

Apa itu Phising?

Buat yang belum tahu apa itu phising? Phising adalah suatu metode penipuan dengan cara mengelabui target dengan tujuan untuk mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu.


Phising YT Support

Praktik phising yang mengatasnamakan YT Support sudah mulai marak, banyak pengguna menerima email phising YouTube dan resah bertanya-tanya, apakah benar akun YouTube-nya dalam status bahaya karena telah direport atau melakukan spam video seperti yang di informasikan dalam email sebagai berikut:

Email Phising dari YT Support
email phising yt support

Point dari isi email tersebut adalah bahwa: akun channel youtube ada yang mereport atau ditemukan spam pada video. Kamu diharapkan tenang karena tim investigasi akan membantu dan melakukan feedback melalui email dengan menjawab kuesioner (pertanyaan), jika tidak dijawab maka channel akan ditutup (dihapus).


Penting:

Dari (dua) email tersebut, penting untuk tetap tenang dan membaca dengan teliti isi email tersebut. Jika kita cermati, ada kecurigaan yang kuat bahwa email itu memang benar-benar phising. Kamu bisa identifikasi ini dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Kuesioner
Korban diminta untuk menjawab kuesioner dengan ancaman "jika tidak dijawab dengan lengkap, akun youtube akan ditutup (dihapus)". Jangan sampai kamu lakukan itu (menjawab kuesioner), kenapa? Karena pertanyaan kuesionernya merupakan hal rahasia kamu, seperti: URL Channel, Copyright, dan Password akun.

Jangan sampai kamu menjawab atau memberikan informasi terkait akun channel youtube dan membalas email tersebut.

Pengirim email
Bahwa ini adalah phising adalah benar, indikasinya diperkuat dengan alamat pengirim email. Email ini (YT Support) dikirim oleh yt-controller@mail.ru dan yt-controller1@mail.ru. Artinya, email tersebut bukan merupakan email resmi YouTube dan bersumber dari negara Rusia.


Kesimpulan:

Phising YT Support bertujuan untuk mencuri akun YouTube, dilampirkan dalam email akan cukup membuat panik para pengguna karena berisi informasi tentang status akun channel YouTube.


Email ini mengatasnamakan YT Support, padahal bukan. Ini adalah phising untuk memancing kepanikan korban dan mengikuti perintahnya dan akun bisa diambil alih.

Harap tetap berhati-hati dalam merespon segala bentuk email dengan tetap membaca dan teliti. Meski begitu, email resmi (daru YouTube) tentang akun dan channel, dikirim melalui email resmi youtub (perusahaan). Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Hati-hati Phising YT Support, Pencurian Akun YouTube