Google Terapkan Better Ads Standards Global Mulai 9 Juli Sebagai Standar Iklan

Google Terapkan Better Ads Standards Global Mulai 9 Juli Sebagai Standar Iklan

Google Chrome Better Ads Standards Global
Pernahkah Anda disaat membaca sebuah artikel pada situs kemudian dikejutkan oleh iklan mengganggu yang tiba-tiba memutar suara atau lagu dengan keras, atau pop-up pada konten yang kita baca.

Dari pengalaman pribadi yang menyebalkan tersebut, bisa menyebabkan pengguna menginstall plugin pemblokir iklan pada browser. Dan saat iklan diblokir, tentu saja dampaknya kepada penayang atau publisher tidak bisa menghasilkan uang dari iklan, khususnya para blogger.

Sebenarnya tidak semua iklan yang terdapat pada situs atau blog tidak disukai pengguna, tetapi hanya pada iklan yang mengganggu saja.

Dan baru-baru ini para publisher Google Adsense juga mendapatkan notifikasi yang berisi:

Notif
Better Ads Standards Global. Google Chrome akan menerapkan Better Ads Standards di seluruh dunia mulai 9 Juli. Iklan dapat difilter di browser Chrome jika Anda tidak mematuhi standar tersebut.

Better Ads Standards Global Sebagai Standar Iklan

Aturan ini akan diberlakukan di seluruh dunia ini termasuk di Indonesia dan mulai 9 Juli nanti Google Chrome akan menerapkan Better Ads Standards Global sebagai standar iklan di situs.


Dari survey yang dilakukan Coalition for Better Ads, didapati bahwa pengguna selular merasa terganggu dengan website yang memiliki pop-up dan pengguna desktop terganggu oleh jenis iklan video autoplay dengan suara.

Untuk itu, Laporan Pengalaman Iklan hadir untuk mengatasi hal ini, fitur yang akan hadir ini mempermudah pencarian iklan yang bersifat menganggu pada situs dan menggantinya dengan iklan yang ramah pengguna.

Fitur ini akan hadir mulai 9 Juli 2019 dan merupakan bagian dari Google Search Console. Tentunya Anda harus telah menjadi pengguna Webmaster dengan telah memverifikasi kepemilikan situs.

Lalu apa saja aturan Better Ads Standards Global untuk jenis iklan yang dilarang dan diperbolehkan untuk ditayangkan?

Aturan Better Ads Standards Global
thinkwithgoogle.com

Apa yang dimaksud dengan pelanggaran iklan negatif?

Pelanggaran iklan negatif bisa berupa seperti masalah pada desain situs/blog, adanya iklan pop-up atau iklan melekat dengan ukuran yang besar dan yang berhubungan dengan cara iklan tersebut ditampilkan.


Perbaikan masalah pelanggaran iklan tersedia pada Webmaster. Setelah memperbaiki masalah pelanggaran iklan negatif, Anda bisa mengirimkan laporan untuk peninjauan ulang. Hasil peninjauan akan dikirimkan melalui email.

Oya, Coalition for Better Ads merupakan grup industri yang berusaha membuat pengalaman browsing lebih nyaman dengan iklan ramah pengguna untuk pengguna internet. Caranya adalah dengan hanya menampilkan iklan web sesuai standar.

Koalisi ini mengumumkan "Better Ads Experience Program", program ini memberikan pedoman bagi perusahaan pengiklan seperti Google "Adsense" tentang bagaimana mereka dapat menggunakan standar iklan yang lebih baik untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan iklan di web.

Lalu, apa yang harus dilakukan para blogger publisher Adsense? Menanggapi aturan baru ini, yang bisa kita lakukan adalah mulai membenahi tampilan blog atau situs dan penampatan unit iklan yang tertata rapi, tidak mengganggu pengguna seperti yang telah disebutkan di atas.

Saya rasa aturan baru yang diterapkan Google Chrome ini sangat positif karena selain melindungi kenyamanan pengguna juga menyehatkan dunia publisher.
Lihat KomentarTutup Komentar

3 Komentar

  • Nuhan Nahidl 23/07/19 14.09
    lalu bagaimana solusi untuk blog yang terkena dampak Better Ads Standards, karena blog saya iklan adsense nya menghilang setelah muncul notifikasi "Better Ads Standards Global. Google Chrome akan menerapkan Better Ads Standards di seluruh dunia mulai 9 Juli. Iklan dapat difilter di browser Chrome jika Anda tidak mematuhi standar tersebut."
    • Nuhan Nahidl 23/07/19 14.10 ✖
      mohon bantuannya mas
    • Randi Iskandar 23/07/19 15.27 ✖
      Untuk melihat pelanggaran better ads, silahkan lihat di webmaster: https://www.google.com/webmasters/tools.
      Namun sepertinya aturan ini belum berlaku sepenuhnya, dan kemungkinan iklan tidak muncul karena faktor lain. Cek webmaster tool/email dan adsensenya mas, mungkin ada informasi terkait iklan tsb.
Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel