Cegah 4 Isu yang Kerap Muncul di Perusahaan Anda Dengan Aplikasi HRIS

Cegah 4 Isu yang Kerap Muncul di Perusahaan Anda Dengan Aplikasi HRIS

Di berbagai perusahaan, tentu ada saja tantangan dan masalah yang muncul. Isu tidak hanya berkaitan dengan persaingan bisnis, tetapi kadang juga masalah internal di antara karyawan.

Inilah tugas berat tim HR untuk mampu menangani dan mendengarkan setiap permasalahan dengan telinga lebar tanpa menghakimi satu pihak tertentu. HR yang dapat mengatasi setiap masalah dengan baik tidak perlu terlalu banyak cakap, tetapi kadang justru hanya perlu lebih banyak mendengarkan. Dari beragam masalah yang ada, berikut adalah 4 isu yang kerap muncul di antara karyawan yang menjadi tantangan bagi HR:

1. Kurang solid atau persaingan tinggi

Masalah kerja sama merupakan isu yang paling umum terjadi. Hampir di setiap perusahaan pasti ada saja masalah semacam ini. Meskipun tergolong lumrah, jika dibiarkan persaingan yang terlalu tajam di antara karyawan bisa berdampak pada produktivitas perusahaan.

Ingat, karyawan yang bahagia adalah perusahaan yang bahagia, bukan? Tim HR harus segera turun tangan mengatasi permasalah yang ada. Jika hal ini berkaitan dengan ketimpangan upah atau gaji yang kurang adil. Ambil langkah untuk melakukan training atau pelatihan motivasi agar karyawan Anda kembali solid dan kompak saat bekerja.

2. Kurang komunikasi antara karyawan dan manajemen perusahaan

Di era digital seperti sekarang, tampaknya memang sangat aneh jika masih ada saja masalah kurang komunikasi antara karyawan dan atasannya. Bukankah saat ini sudah ada banyak aplikasi perpesanan instan gratis? Bahkan, Anda bisa memanfaatkan HR software untuk mengirimkan pesan – pesan atau informasi khusus secara broadcast kepada karyawan untuk diterima melalui HP atau email.

Seringlah mengajak karyawan untuk berkumpul, meeting, atau berdiskusi bersama sehingga semua orang mendapatkan kesempatan untuk saling berbicara dan berkomunikasi.

3. Sulit mengajukan cuti

Masalah lain yang kadang menimbulkan perdebatan dan pertengkaran adalah pengajuan cuti. Padahal, cuti merupakan hak setiap karyawan dengan syarat dan ketentuan khusus, misalnya sudah bekerja lebih dari 12 bulan.

Tidak perlu mempersulit pengajuan cuti karyawan karena sebenarnya, perusahaan juga mendapat keuntungan jika karyawan mengajukan cuti. Di antaranya dapat mengurangi tingkat stres pada karyawan dan pengajuan cuti bisa dilakukan secara online dengan Aplikasi HRIS.

4. Sistem absensi karyawan

Kehadiran karyawan berkaitan dengan masalah gaji. Untuk itu, setiap perusahaan menerapkan sistem absensi yang berbeda – beda. Ada jenis perusahaan yang sangat ketat terhadap keterlambatan pegawai hingga memberikan denda pemotongan 50% upah. Serta, ada juga perusahaan yang memberlakukan jam kerja fleksibel bagi karyawan.

Kebijakan perusahaan ini dapat dilakukan secara praktis dan fleksibel dengan sistem absensi yang modern seperti Aplikasi HRIS. Setiap karyawan dapat mencatat kehadirannya secara online dan menutup risiko “titip absen” atau kecurangan saat mencatat absensi.

Mengingat begitu banyak tugas HR yang rumit, kenapa Anda tidak menyederhanakan dengan Aplikasi HRIS saja? Tugas tim HR dalam mengelola sistem payroll, pengajuan cuti, sistem absensi hingga rekrutmen dan pelatihan dapat dilakukan secara otomatis. Biarkan tim HR Anda fokus pada tugas inti untuk menyejahterakan karyawan dan meretensi karyawan perusahaan Anda. Cobalah HR Software yang terpercaya, LinovHR untuk membuktikan fitur dan fungsinya. Trial sekarang juga LinovHR, gratis lho!

Belum ada komentar. Ayo beri komentar pertama untuk artikel ini.

Belum ada komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel