3 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Mengambil screenshot adalah salah satu fitur terpenting yang wajib hadir pada platform apa pun termasuk Windows. Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Windows 10 melalui beberapa pintasan sederhana, dengan 3 cara mudah ini memungkinkan Anda dapat mengambil tangkapan layar dan menyimpannya ke dalam komputer.

Anda dapat mengambil screenshot dari seluruh layar atau hanya satu jendela di layar, atau menyimpan tangkapan layar ke clipboard dan menempelkannya di aplikasi apa pun seperti Microsoft Paint.

3 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows 10

3 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows 10

Cara mengambil screenshot atau tangkapan layar adalah hal cukup sederhana. Di macOS, misalnya, Anda dapat menekan cmd + shift + 3 untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar dan cmd + shift + 4 memilih bagian layar untuk screenshot. Pada postingan kali ini saya akan bagikan bagaimana cara mengambil screenshot di Windows 10 dengan cara yang paling mudah.

Cara Screenshot di Windows 10 dengan 2 Langkah Mudah

Untuk cara pertama, ini adalah cara screenshot di Windows 10 yang paling gampang untuk Anda lakukan. Hanya 2 langkah mudah Anda bisa melakukan screenshot dan menyimpannya ke dalam folder.
  1. Tekan tombol Windows + Print Screen.
  2. Buka File Explorer (Windows + E) dan masuk ke folder Picture.
  3. Di dalam folder Picture terdapat folder Screenshots yang dibuat secara otomatis ketika Anda melakukan aksi Windows + Print Screen, hasil screenshot Anda disimpan di sini dengan nama file: Screenshot (NUMBER).

Anda juga dapat menekan tombol Print Screen dan membuka MS Paint lalu menekan tombol CTRL + V untuk menempelkan tangkapan layar di Paint dan kemudian menyimpannya di mana pun Anda suka.

Screenshot dengan Alt + Print Screen (PrtSc SysRq)

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari aplikasi atau jendela yang telah Anda buka (sedang aktif), berikut langkah-langkahnya:
  1. Pastikan jendela atau layar aplikasi yang ingin Anda screenshot dalam keadaan aktif atau terbuka.
  2. Tekan Alt + Print Screen.
  3. Buka MS Paint.
  4. Tekan CTRL + V.
  5. Simpan.

Cara ini merupakan proses copy paste dengan teknik manual yaitu melakukan tangkapan layar dan menempelkannya di layar MS Paint, dengan cara ini anda dapat menyimpan hasil screenshot di mana pun Anda suka.

Menggunakan Snipping Tool

Untuk mengambil screenshot menggunakan Snipping Tool di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Snipping Tool. Itu di bawah menu Start > All programs > Accessories. Anda juga dapat membuka menu Start dan cukup menggunakan kotak pencarian untuk menemukannya.
  2. Sekarang klik panah bawah di sebelah New.
  3. Pilih Rectangular Snip atau Free-form Snip.
  4. Atur ukuran layar atau area yang ingin diambil.
  5. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat menggunakan alat Snipping untuk membuat anotasi tangkapan layar jika diperlukan dan menyimpannya ke PC Anda.

Kurang lebih begitulah 3 cara mengambil tangkapan layar (screenshot) di Windows 10. Ini adalah cara yang sederhana untuk mengambil screenshot, semoga ini bisa bermanfaat dan membantu Anda.
Komentar