Apakah Akun Facebook Anda Salah Satu dari 30 Juta yang Diretas? Periksa Sekarang!

Mengetahui Akun Facebook dihack atau tidak
Beberapa minggu lalu Facebook mengumumkan telah terjadi kebocoran data akun dari hampir 50 juta pengguna facebook. Dari jutaan akun pengguna yang diretas, lebih dari 15 juta memiliki detail nama, alamat email, dan nomor telepon. Sedangkan sisanya memiliki data profil termasuk lokasi, info perangkat, lokasi yang ditandai, halaman yang disukai, jenis kelamin dan agama.

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui apakah Akun Facebook Anda telah dihack atau tidak dan menjadi salah satu dari 30 juta data akun facebook yang bocor.

Apakah Akun Facebook Anda Diretas?

Untuk mengetahui apakah akun facebook Anda adalah salah yang diretas atau tidak, Anda harus membuka Pusat Bantuan Facebook. Pastikan bahwa Anda login ke facebook, di bagian bawah halaman tersebut Anda akan melihat pemberitahuan yang menjelaskan jika akun Anda telah dihack atau tidak. Jika akun diretas, pesan itu juga akan memberitahu Anda secara detail informasi apa yang diambil/dihack. Screenshot di bawah adalah menunjukan informasi bahwa akun saya dalam keadaan aman dan bukan bagian dari 30 juta data akun yang bocor.

Jika akun Anda diretas, Anda akan melihat informasi beberapa data dari akun facebook yang telah bocor atau dicuri. Pesan bahwa akun facebook Anda telah diretas seperti berikut:

Mengetahui Akun FB Diretas atau Tidak
MikeIsaac

Bagaimaan cara mengatasi akun facebook yang diretas? Tidak ada yang perlu Anda lakukan, bahkan tidak perlu mengganti password. Kata sandi (password) akun facebook Anda tidak dicuri, melainkan para peretas telah mengambil akses akun "token" yang memungkinkan mereka bisa masuk. Facebook telah mereset kode dan token-token tersebut pada bulan lalu, mungkin Anda mengalami kenapa akun facebook keluar / logout sendiri (di bulan September).
Komentar