Mozilla Hapus 23 Add-on Firefox Berbahaya

"Mozilla menghapus 23 add-on Firefox yang mengirimkan riwayat peramban ke server yang tidak aman."

Mozilla telah menghapus sebanyak 23 add-on Firefox karena telah menyembunyikan riwayat pengguna browser secara tersembunyi. Pada awalnya, add-on yang disebut Web Security telah dihapus karena melacak riwayat web dan mengirim data ke server di Jerman. Namun, setelah pemeriksaan lebih lanjut, beberapa add-on dengan fitur yang berbeda ditemukan untuk menjalankan kode yang sama, dan tindakan terhadap add-on ini juga telah diambil.

Mozilla Hapus 23 Add-on Firefox Berbahaya

Jorge Villalobos, seorang insinyur Mozilla menjelaskan dalam pembaruan Bugzilla, bahwa tindakan terhadap pengaya ini diambil bukan karena mereka memeriksa halaman web yang dikunjungi, tetapi mengirimkan lebih banyak data daripada yang tampaknya perlu untuk dioperasikan, dan bahwa beberapa data dikirim dengan tidak aman.

23 add-ons tersebut dihapus dari daftar Firefox bersama dengan Web Security, yang termasuk dalam daftar add-on yang direkomendasikan diposting di blog resmi Firefox minggu lalu. Pengaya ini tercatat sebagai add-on populer dan sudah diunduh sebanyak 220.000 unduhan.

Peneliti keamanan Jerman Mike Kuketz pertama kali mengetahui bahwa We Security mem-clocks history browser pengguna dan mengirimkannya melalui saluran HTTP yang tidak terenkripsi.

Add-on yang dihapus Mozila diantaranya termasuk Quick AMZ, SmartTube, Popup Blocker Ultimate, DirtyLittleHelpers, YTTools, Browser Security, dan banyak lagi. Daftar lengkapnya bisa ada lihat di sini.

Dalam pembaruan Mozilla Bugzilla, Villalobos menyebutkan bahwa pengaya ini dihapus karena mereka mengirim beberapa data dengan tidak aman tanpa memberi tahu pengguna, dan pengaya ini memiliki fitur yang berbeda, juga dengan penulis yang berbeda, tetapi semuanya memiliki kode yang sama. Dari hasil pemeriksaan lanjutan mengungkapkan bahwa pengaya ini semuanya berasal dari orang / grup yang sama, dan dapat menjadi ancaman.

Periksa peramban Mozilla Firefox Anda dan lihat apakah terdapat daftar add-on di atas, nonaktifkan jika add-on tersebut terpasang di peramban Anda. Firefox mengatakan bahwa ekstensi ini sudah tidak dapat diunduh lagi dan telah dinonaktifkan dari jarak jauh untuk pengguna yang telah menginstalnya.

Mozilla Hapus 23 Add-on Firefox Berbahaya