Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Kamu Ketahui

Kumpulan Istilah Dalam Bisnis Online - Jual beli online adalah sebuah transaksi yang dilakukan melalui internet. Perkembangan aktivitas transaksi online seperti jual beli online di internet menunjukan pertumbuhan yang sangat cepat.

Di era digital ini, siapa pun bisa melakukan transaksi di internet seperti jual beli online. Kita bisa dengan mudah melakukan transaksi ( jual beli ) online melalui gadget atau smartphone dan koneksi internet, dimanapun dan kapanpun.

Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online


Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak website ecommerce ( situs online shop ) yang menawarkan transaksi jual bali online aman dan nyaman. Namun, atau sosial media dan forum-forum yang bisa kita jadikan sebagai tempat menjual dan membeli sebuah barang di internet.

Apakah Anda tertarik untuk masuk dalam bisnis online? atau hanya sekedar ingin membeli barang di internet saja? Apa pun jawaban Anda dari kedua pertanya tadi, kumpulan istilah-istilah dalam jual beli online ini wajib kamu ketahui.

Istilah-istilah berikut ini bisanya sering juga dibuat sebagai hastag (#) dalam group jual beli dengan maksud bertanya. Berikut ini beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam transaksi jual beli online, diantaranya:

1. WTB ( Want To Buy )

WTB adalah istilah yang sering digunakan seseorang yang akan membeli suatu barang secara online. Istilah ini juga bersifat pertanyaan yang biasanya digunakan sebagai hastag (#) dalam group jual beli online. Calon pembeli harus melengkapi judul dan keterangan barang yang akan dibeli.

2. WTS ( Want To Sell )

WTS adalah istilah kebalikan dari WTB (Want To Buy). WTS digunakan sebagai istilah jika Anda ingin menjual suatu barang di internet. Penjual harus melengkapi keterangan barang yang akan dijual tersebut.

3. Mahar ( Harga Awal / Patokan Harga )

Mahar adalah istilah yang digunakan oleh para penjual barang di internet untuk memasang harga awal dari barang yang akan dijualnya.

4. ORI ( Original )

ORI adalah istilah yang digunakan oleh para penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya adalah original atau asli.

5. BNIB ( Brand New In Box )

BNIB adalah istilah yang digunakan saat barang baru dibuka dari kotak atau kemasan aslinya. Tujuannya adalah agar calon pembeli percaya bahwa barang yang dijual adalah barang baru.

6. SS ( Screenshot / Surat-surat )

SS adalah istilah yang sering digunakan pada transaksi jual beli online di sosial media. Istilah SS ( screenshoot / surat-surat ) biasanya disertakan penjual sebagai lampiran bukti kelengkapan barang.

7. BT ( Barter )

BT adalah istilah yang digunakan saat pemilik barang ingin menukarkan barangnya. Berbeda dengan tukar tambah, BT ( Barter ) tidak ada tambahan biaya dari pihak manapun.

8. TT ( Tukar Tambah )

TT adalah istilah yang digunakan seseorang yang ingin melakukan tukar tambah, biasanya ini terjadi pada forum-forum atau grup jual beli online. Para pelaku tukar tambah harus menyertakan detail lengkap dari barang beserta kelebihan dan kekuranga barang yang akan ditukar tambah.

9. NET ( No Nego )

Harga NET adalah istilah yang berarti harga barang yang dijual tidak bisa di tawar lagi. Yang CLBK biasanya diem kalo sudah dijawab seperti ini.

10. PM ( Private Message )

PM adalah istilah yang mungkin sudah cukup banyak diketahui. "PM, gan". Artinya para calon pembeli dapat mengirim pesa pribadi secara langsung ke penjual untuk bertanya mengenai barang yang dijualnya.

11. Rekber ( Rekening Bersama )

Rekber adalah istilah dari Rekening Bersama. Rekber sering digunakan jika calon pembeli takut tertipu saat membeli barang di internet. Rekber adalah pihak ketiga yang menjadi perantara antara penjual dan pembali. Kriteria rekber (pihak ketiga) adalah orang yang dapat dipercaya agar merasanya nyaman dan aman dalam proses transaksi.

12. COD ( Cash Of Delivery )

COD adalah istilah yang digunakan untuk melakukan pertemuan antara penjual dan calon pembeli di tempat yang telah disepakati. Hal ini biasanya dilakukan ketika calon pembeli kurang mempercayai penjual barang atau lokasi penjual dan pembeli dalam satu daerah / kota yang sama.

13. PO ( Pre-Oder )

PO adalah istilah yang dikenal juga sebagai dipesan dahulu, biasanya stok barang yang dijual sedang kosong atau status re-stock. PO artinya pembeli membayar beberapa persen dari harga jual barang di awal transaksi.

14. DP ( Down Payment )

DP adalah istilah yang dikenal juga sebagai uang muka, hal ini bertujuan untuk memastikan barang tersebut akan benar-benar dibeli. Jumlah nominal DP cukup beragam, tapi besaran nominal DP biasanya sekitar 25% sampai 50% dari harga barang yang dijual.

15. CLBK ( Chat Lama Beli Kaga )

CLBK adalah istilah yang digunakan oleh para penjual untuk menyindir orang-orang yang banyak bertanya (chat) tapi tidak jadi membeli barang yang ditawarkannya.

16. TS ( Thread Starter )

TS adalah istilah yang digunakan untuk menyebut / memanggil penjual barang ( pembuat postingan ).

17. Admin

Admin adalah singkatan dari administrator, yaitu sebutan kepada pengelola situs atau akun sosial media bisnis online. Panggilan akrabnya disapa "mimin".

18. CS ( Costumer Service )

CS adalah istilah dari singkatan Customer Service, pihak yang memberi layanan pada pelanggan toko online.

19. Costumer

Customer adalah istilah sebutan untuk pelanggan.

20. Fullset

Fullset adalah istilah untuk barang yang dijual lengkap. Misalkan Anda menjual smartphone dilengkapi charger, dusbox, headset, nota dan lainnya. Itulah yang disebut fullset atau keadaan masih lengkap.

21. Blacklist

Blacklist adalah istilah dari daftar hitam. Biasanya terdiri dari daftar nama orang-orang yang bermasalah di dunia bisnis online, seperti penipu, atau orang yang memesan barang tapi tidak membayar.

22. Deal

Deal adalah istilah dari pembeli dan penjual sudah menemui titik sepakat.

23. Trusted

Trusted adalah istilah status penjual / pembeli terpercaya karena memiliki reputasi baik.

24. Sold out

Shold out adalah istilah dari barang sudah terjual habis.

25. Hit and Run

Hit and run adalah istilah untuk pembeli yang pesan banyak barang, janji mau bayar tanggal sekian namun kemudian tidak ada kabarnya sama sekali. Istilah ini sama artinya dengan bid and run.

Kurang lebih itulah beberapa kumpulan istilah dalam jual beli online ( bisnis online ) yang sering digunakan dalam diskusi dan transaksi. Bagi Anda yang sedang melakukan usaha bisnis online, istilah-istilah dalam bisnis online di atas wajib kamu ketahui. Istilah dalam bisnis online ini mungkin belum lengkap dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya kemajuan dalam industri bisnis online. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kumpulan Istilah Dalam Jual Beli Online yang Wajib Kamu Ketahui