Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala

Apa itu Lenyai Leunyai Reno Rena atau Lena? Hewan dengan tubuh panjang tipis seperti cacing dan berdarah hijau menyala. Bagaimana lenyai bisa hidup dan berkembang biak. Apakah lenyai berbahaya bagi manusia? Bagaimana cara mencegah dan mengusir lenyai?

Apa itu Lenyai? - Pernahkah Anda melihat hewan lenyai? Di beberapa daerah hewan ini juga disebut sebagai Reno, Rena, atau Lena, sedangkan Lenyai atau Leunyai adalah sebutan dari daerah Sunda.

Hewan ini mirip dengan lipan atau kelabang tetapi dengan ukuran yang sangat kecil dan panjang seperti cacing. Hewan ini sering muncul dan ditemukan di dalam rumah seperti menempel di dinding kamar. Lalu, binatang apa Lenyai itu?

Apa nama itu Hewan Berdarah Hijau Menyala

Lenyai hewan panjang tipis terlihat seperti cacing juga memiliki tanduk. Hewan ini sering saya temukan di kamar tidur, menempel di dinding, di lantai hingga di kasur. Saya tidak mengerti bagaimana mereka bisa berada disana. Jika kita pencet atau bunuh lenyai mengeluarkan darah dengan warna hijau menyala.

Apa itu Lenyai

Lenyai adalah salah satu jenis spesies yang banyak ditemukan di berbagai negara sub-tropis. Lenyai memiliki nama ilmiah yaitu Geophilus dari keluarga Centipedes (kelabang) atau lipan tanah.

Apa itu Lenyai, Hewan Berdarah Hijau Menyala

Lenyai akan mengeluarkan darah berwarna hijau menyala ketika mereka dalam kondisi terancam. Ini adalah cara Geophilus mempertahankan diri dari serangan predator.

Hewan ini daya lekatnya kuat sekali, walau terlihat seperti rapuh, namun ketika mencoba di bunuh hewan ini sangat elastis dan kuat.

Habitat

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana hewan Lenyai bisa berkembang biak di rumah Anda? Habitat Lenyai adalah menyukai pada tempat yang lembab. Selain di pegunungan, hewan ini juga muncul di daerah pesisir.

Lenyai berkembang biak dengan bertelur di kayu yang lapuk, pohon, tanah lembab, bahkan di pakaian yang sedikit basah.

Apakah Lenyai Bahaya?

Belum ada informasi bahwa Lenyai berbahaya bagi manusia. Pernah beberapa kali saya memegang lenyai yang merayapi di bagian tangan dan tidak terjadi apapun seperti gigitan atau lainnya. Bahwa lenyai bisa masuk ke dalam telinga adalah hal yang mungkin terjadi dan harus kita waspadai.

Misterius

Hewan ini benar-benar misteri, sering saya temukan hewan lenyai dengan situasi misteri. Sebelumnya saya lihat sekeliling dinding kamar terlihat bersih, tetapi saat mengalihkan pandangan ke yang lain dan melihat kembali dinding hewan tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa tahu dimana asalnya. Apakah anda pernah mengalaminya? Hihi

Mitos

Waktu saya kecil pernah mendengar sebuah cerita menakutkan tentang Lenyai, bahwa pernah ada kisah lenyai yang berjalan merayap masuk ke telinga dan berkembang biak hingga menggerogoti dan merusak otak. Apakah benar lenyai bisa masuk ke dalam telinga atau tempat vital? Cerita yang saya dengar tersebut hingga saat ini menjadi mitos yang berkembang di masyarakat.

Mengusir Lenyai

Untuk mengusir dan mengatasi lenyai yang hidup di dalam rumah, beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah:

  • Jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan lantai, tempat tidur hingga kamar mandi
  • Jangan menumpuk pakaian kotor sembarangan
  • Jika ada handuk yang basah, segera keringkan atau jauhkan dari tempat tidur
  • Usahakan cahaya matahari masuk ke dalam rumah untuk mengurangi kelembaban
  • Tambal dengan dempul kayu-kayu yang mulai berlubang agar tidak menjadi sarang untuk bertelur Lenyai

Mungkin itu saja informasi dan pengalaman tentang Lenyai yang bisa saya bagikan.

Content Creator, Video Creator and Writer.

Lihat lebih lengkap di profil blogger saya.

44 komentar

  1. Apakah gigitan lenyai bahaya
    1. Sangat berbahaya
  2. Apakah gigitan lenyai bahaya
  3. Kenapa darah lenyai bisa bercahaya
  4. Bisa masuk ke telinga dan berkembang di dalam bukan mitos, ada kisah nyata anak teman saya mengalami. Sangat berbahaya.
    1. Bahaya juga ya, selama ini cerita itu saya anggap mitos menakutkan saja karena belum ada kasusnya. Tetap jaga kebersihan rumah agar tdk ada tempat untuk lenyai.
    2. Bisa ketahuan telinga kemasukan lena gimana gan ?
  5. Makasih mas ya info nya,soalnya rumahku terkadang juga ada si rena binatang menggelikan itu.
    1. sama-sama, semoga rumahnya dijauhkan dari binatang ini.
  6. Cahaya hijau yg dikeluarkan rena tuh bahaya gak sih?
    1. Belum ada informasi untuk itu, tetapi tetap waspada.
  7. Cara membasmi reno coba basmi pakai pembasmi semut campurkan dengan gula nanti akan banyak semut yang mati , bangkai semut akan dimakan reno , INI pengalaman saya , serelah says basmi semut ternya saya temukan banyak bangkai reno juga.semoga bermanfaat ya guys.
    1. Wah, makasih infonya. perlu dicoba nih.
    2. Rumah sy bnyk Lena..ya sangat misterius..Krn tdk tau dr mana munculnya...tiba2 muncul...sy sangat benci dan takut..sangat terganggu...
  8. Lagi enak tidur tiba-tiba ada yang geli di tangan.. Sampe kebangun.. Pas di lihat ternyata ada si leunyay lagi jalan-jalan di tangan.. Jadi gak bisa tidur lagi.. Ngeriii..
    1. Leunyai hewan misterius, datang dan hilangnya gak ketauan.
  9. Di rumah kami sering Kemayar ini merayap a, maklum rumah papan...geli gak geli kepaksa mbunuh dia, kesal iya ndk tega iya tp mau gimana lagi lah. Saran sy tdur pakai kelambu yg bsa diselipkan ke bawah kasur, tilam/ spring bednya...biar Kemayar gak nyelinap masuk.
    1. Makasih sarannya, dan tetap jaga kebersihan rumah.
  10. Anjir barusan gua tidur tiba tiba ada yang ngerayap di bantal pas di liat liat ternyata lenyai serem anjir sampe ga bisa tidur untung kaga masuk ke telinga
  11. Semalem juga pas saya tidur tiba2 jatohke bantal dari atas itu si Lena untng aja saya blm tidur langsung saya matiin ngerii..
  12. Saya kira karena udara panas jadi saya mikir nya lena keluar karna panas hahaha, ternyata karna lembab, soalnya kamar saya gada jendela nya cepet gerah kalo di kamar, lembab juga si tembok nya soalnya rumah lama.. makasi kak info nya harus lebih bersih nih kamar terutama pakaian kotor gabole numpuk atau ngegantung di tembok
  13. Menghilangnya jg cepat, baru mau tak ambil ngilang.. Tau tau muncul dr arah yg gk aku tau
  14. Baru aja Nemu Lena, yang ntah dari mana datangnya. Syok karena ada yg menyala ditangan. Mungkin karena nga sengaja kepencet lenanya.
    1. Kek alien ya. hehe..
  15. Di tempat saya namanya Reno,keren bat dah namanya..

    Kalau hewan misterius itu benar benar nyata,saya pernah dalam sehari saja dan tidak sampai 30 menit menemukan 5 Reno dikamar ,saat saya menemukan yang pertama kemudian saya bunuh beberapa menit kemudian saya lihat sekeliling kamar ada lagi,dan terus adalagi sampai akhirnya ke 5 nya saya bunuh,pernah juga saya sedang tidur pas kebangun tiba tiba Reno merambat di selimut,yang menakutkan jika dia jatuh dari atap ke baju yang kita pakai,memang sempat saya bertanya tanya dari manakah Reno itu berasal setelah saya melihat postingan ini bahwasannya Reno muncul dan bertelur dari kayu yang lapuk,oh memang ternyata kayu atap dirumah saya sudah lapuk,pantas saja banyak Reno berlalu lalang ,oh ya apakah belum ada ya pengusir Reno seperti wewangian atau obat tabur atau semacamnya agar Reno bisa pergi ,karena sangat takut dengan mitos jika masuk ke telinga
    1. Namanya keren, tapi tetep menakutkan ya... hihi... Hewan ini memang misterius keberadaannya, tiba-tiba saja ada. Belum ada informasi cara mengusir lenyai atau leno , tapi kita bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan rumah.
  16. Barusan saja nemu lenyai atau klo disini (sumbar) org2 menyebutnya kulit mayia.
    Saya kira kelabang tapi koq panjang seperti cacing, akhirnya dimasukkan ke kolam ikan biar dimakan ikan.
    Setelah itu lsg brosing nemu link ini, makasih yaa.

    Tapi jadi ingat ternyata hewan ini yg dari kemarin2 ibu saya wanti2. Kami tdk boleh tarok selimut atau kain2 di lantai krn nanti ada lenyai dan bahaya krn lenyai bisa masuk ke telinga. Binatang itu bs nyala di malam hari,,wow glow in the dark. Saya ketawa2 saya pikir itu mungkin cerita org jaman dulu.

    Pas baca komen2 diatas trnyta benar yah 😭 jadi geli

    Makasih yaa atas info2nya
    1. Tetap jaga kebersihan rumah dan lingkungan, ya. Hewan ini sangat misterius.
  17. Di pegang tangan saya ko malah langsung gatal2 ya?
  18. Tetap jaga kebersihan rumah dan lingkungan, ya. Hewan ini sangat misterius.
  19. Tadi saya ketemu LG jalan2 di selambu saya Trus tiba2 ilang padahal saya liatin terus sampe gk kedip waktu kehalang garis slambu yg tipis udah gk ad ....aneh banget
    1. Jangan lenyai/reno jadi-jadian. hehe.. Kadang suka waswas juga kalo hewan trsebut sampe hilang.
  20. Ooh ternyata bukan di rumah q aja ya.
    Padahal rumah tembok, atas jg plafon, makanya q heran kok bnyk hewan sprt itu d rmh. Menggelikan bngt
  21. Namanya Sama dgn suami syahrini ya reno 🤣. Smlm Saya berkebun pas di bawah pohon cemara.. Saya Gali Tanah di bawah pohon cemara itu dan ternyata banyk sekali reno d akar pohon cemara itu. Saya sembur pakai racun serangga aerosol. Saya geli melihat reno yg begitu bnyk. Tetapi syukur Saya tak prnh lihat Ada d rmh saya.. tetapi tetap takut juga.
    1. Cara baca 'e'nya beda sama suami Syahrini, Reno itu dibaca dg 'e' seperti pada kata cemara
  22. tdi saya digigit rasanya kaya digigit semut bahaya ga ya
    1. Semoga aja gak apa-apa mas.
  23. Saya barusan juga menemukan di dinding dan baca artikel ini
    1. Semoga informasinya bermanfaat.
  24. Misterius banget sih asli.
    Aku yg sllu bersihin kasur tiap bangun dan tiap mau tidur, sampe aku keprak2 pake sapu lidi dari bantal, guling, selimut sampe kasur setiap ujung2 nya aku bersihin. Eh tau2 nya lagi enak rebahan tu leunyai udh ada di bawah lengan aku dong. Terkaget2 geli di lengan jadi was2 gabisa tdur 🥺🥺
    1. Jangan lupa baca doa sebelum tidur.
  25. Knp di kmr saya tiap hari ada Lena. Padahal saya takut bngt. Mhn Info nya donk obat pembasmi Lena. Datang nya misterius. Tiap hari d matiin tp muncul lg aja.hewan tu tau x Ya klo kita takut mknya ky yg sengaja gitu nampakin diri .
  26. reno itu kaya jelangkung...
    tiba2 datang tiba2 hilang... entah itu binatang apa yg pasti aku takut geli... apalagi kalau sampai masuk telinga ... haduh jauh jauh lah..
  27. Info brrmanfaat, karena saya masih penasaran dgm cara munculnya yv tiba2. Semoga suatu saat terbongkar
    Dugaan sementara sih, jejangan dia bisa lompat
Aktifkan Beri tahu saya / Notify me untuk pemberitahuan balasan melalui email.