Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala

Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala

Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala
Apa itu Lenyai? - Pernahkah Anda melihat hewan lenyai? Di beberapa daerah hewan ini juga disebut sebagai Reno, Rena, atau Lena, sedangkan Lenyai atau Leunyai adalah sebutan dari daerah Sunda. Hewan ini mirip dengan lipan atau kelabang tetapi dengan ukuran yang sangat kecil dan panjang seperti cacing. Hewan ini sering muncul dan ditemukan di dalam rumah seperti menempel di dinding kamar. Lalu, apakah Lenyai itu?

Lenyai hewan panjang tipis terlihat seperti cacing juga memiliki tanduk pada. Hewan ini sering saya temukan di kamar tidur, menempel di dinding, di lantai hingga di kasur. Saya tidak mengerti bagaimana mereka bisa berada disana. Jika kita pencet atau bunuh lenyai mengeluarkan darah dengan warna hijau menyala.

Apa itu Lenyai

Lenyai adalah salah satu jenis spesies yang banyak ditemukan di berbagai negara sub-tropis. Lenyai memiliki nama ilmiah yaitu Geophilus dari keluarga Centipedes (kelabang) atau lipan tanah.

Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala
lenyai/leunyai/reno/rena/lena

Lenyai akan mengeluarkan darah berwarna hijau menyala ketika mereka dalam kondisi terancam. Ini adalah cara Geophilus mempertahankan diri dari serangan predator. Hewan ini daya lekatnya kuat sekali, walau terlihat seperti rapuh, namun ketika mencoba di bunuh hewan ini sangat elastis dan kuat.

Habitat

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana hewan Lenyai bisa berkembang biak di rumah Anda? Habitat Lenyai adalah menyukai pada tempat yang lembab. Selain di pegunungan, hewan ini juga muncul di daerah pesisir. Lenyai berkembang biak dengan bertelur di kayu yang lapuk, pohon, tanah lembab, bahkan di pakaian yang sedikit basah.

Apakah Lenyai Bahaya?

Belum ada informasi bahwa Lenyai berbahaya bagi manusia. Pernah beberapa kali saya memegang lenyai yang merayapi di bagian tangan dan tidak terjadi apapun seperti gigitan atau lainnya. Bahwa lenyai bisa masuk ke dalam telinga adalah hal yang mungkin terjadi dan harus kita waspadai.

Misterius

Hewan ini benar-benar misteri, sering saya temukan hewan lenyai dengan situasi misteri. Sebelumnya saya lihat sekeliling dinding kamar terlihat bersih, tetapi saat mengalihkan pandangan ke yang lain dan melihat kembali dinding hewan tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa tahu dimana asalnya. Apakah anda pernah mengalaminya? Hihi

Mitos

Waktu saya kecil pernah mendengar sebuah cerita menakutkan tentang Lenyai, bahwa pernah ada kisah lenyai yang berjalan merayap masuk ke telinga dan berkembang biak hingga menggerogoti dan merusak otak. Apakah benar lenyai bisa masuk ke dalam telinga atau tempat vital? Cerita yang saya dengar tersebut hingga saat ini menjadi mitos yang berkembang di masyarakat.


Mengusir Lenyai

Untuk mengusir dan mengatasi lenyai yang hidup di dalam rumah, beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah:
  • Jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan lantai, tempat tidur hingga kamar mandi
  • Jangan menumpuk pakaian kotor sembarangan
  • Jika ada handuk yang basah, segera keringkan atau jauhkan dari tempat tidur
  • Usahakan cahaya matahari masuk ke dalam rumah untuk mengurangi kelembaban
  • Tambal dengan dempul kayu-kayu yang mulai berlubang agar tidak menjadi sarang untuk bertelur Lenyai

Mungkin itu saja informasi dan pengalaman tentang Lenyai yang bisa saya bagikan.

Apa itu Lenyai (Leunyai, Reno, Rena, Lena), Hewan Berdarah Hijau Menyala