Cara Screenshot Situs Web atau Blog Satu Halaman Penuh (Full Page)

Pada saat-saat tertentu, kadang kita memerlukan screenshot situs website atau blog full page atau satu halaman penuh untuk sebuah keperluan. Mengambil screenshot situs atau blog penting dilakukan ketika kita melakukan pendaftaran (registrasi) pendidikan, proses transaksi pembayaran, dan atau lainnya sebagai sebuah bukti dokumen.

Cara screenshot halaman website secara full page berikut adalah cara yang benar untuk mengambil sebuah tampilan halaman situs blog satu halaman penuh (full page) yang bisa dijadikan sebagai dokumen gambar.

Cara Screenshot Situs Web atau Blog Satu Halaman Penuh

Mungkin sebelumnya anda pernah mencoba screenshot halaman web satu halaman penuh dengan cara menggunakan fitur screenshot Print Screen System Req pada keyboard tetapi hasilnya malah kacau.

Nah, berikut ini adalah cara mudah yang bisa dicoba untuk menangkap layar blog secara penuh dan menyimpannya dalam bentuk gambar.

Cara Screenshot Website Full Page

Untuk mengambil screenshot situs web atau blog satu halaman penuh, pada tutorial ini kita menggunakan extension browser Awesome Screenshot Minus yang tersedia pada Chrome dan Mozilla Firefox untuk komputer PC atau laptop. Berikut langkah-langkahnya:

Screenshot Website Satu Halaman Penuh (Full Page)
screenshot full page

Tambahkan dan install addons atau extension browser Awesome Screenshot sesuai dengan browser yang digunakan: Awesome Screenshot untuk Google Chrome atau Awesome Screenshot untuk Mozila Firefox

Screenshot Website Satu Halaman Penuh (Full Page)

Jika addons Awesome Screenshot sudah ditambahkan dibrowser, maka akan muncul icon Awesome Screenshot dibagian atas kanan bar browser.

Contoh:
Saya akan mengambil screenshot satu halaman penuh atau full page pada blog randi.id. 

Klik icon Awesome Screenshot yang berwarna hitam di atas kanan bar browser. Pilih "Capture entiri page" untuk mengambil screenshoot full page.

Selanjutnya muncul hasil proses dari screenshot dengan tampilan blog satu halaman penuh, anda bisa mengedit hasil tersebut sebelum menyimpannya.  Klik Done untuk menyelesaikannya dan selesai.

Screenshot Website Satu Halaman Penuh (Full Page)

Klik Save untuk menyimpan screenshot dalam bentuk image .PNG, file akan di download dan tersimpan di folder Downloads

Screenshot Website Satu Halaman Penuh (Full Page)

Kurang lebih itulah salah satu cara mudah screenshot website full page atau satu halaman penuh yang bisa dicoba.

Gambar yang dihasilkan dari screenshot sangat baik dan berkualitas, baik untuk dijadikan dokumen dan maksimal zoom yang jelas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar